Sukses


Liga 1: Arema FC Menyarankan Laga Kontra Persebaya Tak Lagi Digelar di Tempat Netral

Bola.com, Malang - Arema FC telah mencermati jadwal lanjutan Liga 1 2020 yang dirilis PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Tim berjulukan Singo Edan ini fokus menghadapi laga terdekat menghadapi Bhayangkara FC pada 2 Oktober. Namun, setelah itu ada satu laga yang kini juga menjadi bahasan manajemen Arema FC.

Setelah menghadapi Bhayangkara FC di Stadion PTIK Jakarta pada 2 Oktober 2020, Arema FC akan menghadapi Persebaya Surabaya pada 9 Oktober. Dalam jadwal yang dirilis PT LIB memang belum disebutkan venue pertandingan sarat gengsi tersebut.

Namun, prediksinya pertandingan bakal digelar d Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang dipilih oleh Persebaya Surabaya sebagai homebase dalam lanjutan Liga 1 2020. Manajemen Arema FC tidak ingin ambil pusing dengan venue pertandingan tersebut, tapi ada masukan yang diberikan oleh General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

"Arema FC siap bermain di manapun. Namun, jika saya yang ditanya, akan lebih baik laga digelar bukan di tempat netral. Ada pelajaran yang didapatkan ketika semifinal Piala Gubernur Jatim pada tahun ini. Ketika pertandingan digelar di tempat netral, yaitu Blitar, dan tanpa penonton, justru kedua suporter bertemu di jalanan," ujar Ruddy Widodo.

Saat itu memang sempat terjadi kisruh di jalan-jalan Blitar. Aremania dan Bonek yang selama ini tidak harmonis terlibat bentrok. Beberapa kendaraan dibakar.

Sekarang, lanjutan Liga 1 2020 digelar tanpa penonton. Arema FC pun berharap laga bisa digelar di kandang masing-masing. Mengingat markas Persebaya, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya tengah direnovasi, Stadion Delta Sidoarjo yang dipilih Persebaya menjadi homebase dinilai menjadi arena paling tepat karena lokasinya pun dekat dengan Surabaya.

Video

2 dari 2 halaman

Tren Buruk Arema FC di Venue Netral

Dengan demikian, Aremania juga tidak akan datang untuk memberikan dukungan dari luar stadion kepada Arema FC. Jadi tidak ada lagi kekhawatiran adanya gesekan antarsuporter.

"Keamanan pun bisa fokus mengamankan pertandingan," ujar Ruddy Widodo.

"Dalam dua pertemuan terakhir, Arema FC dan Persebaya harus bersua di tempat netral. Musim lalu, Persebaya yang menjadi tuan rumah menggelar pertandingan di Stadion Batakan, Balikpapan. Arema FC punya catatan buruk ketika bermain di tempat netral, di mana pada saat di Balikpapan Singo Edan kalah 1-4.

Sementara ketika bermain di Blitar dalam semifinal Piala Gubernur Jatim, Arema FC takluk 2-4 dari Persebaya. Artinya, gawang Arema FC selalu kemasukan empat gol dalam masing-masing laga dari dua pertandingan di tempat netral.

Video Populer

Foto Populer