Sukses


PSSI Memaklumi Absennya Pratama Arhan di Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, memaklumi keputusan Pratama Arhan yang tak ikut membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Menurut Iriawan, keputusan itu sudah menjadi yang terbaik untuk mendukung karier Arhan di Jepang.

Pratama Arhan dipastikan absen membela Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2021. Pemain berusia 20 tahun itu tak mendapatkan izin dari Tokyo Verdy.

Klub Jepang itu beralasan Arhan lebih baik fokus dan bersaing untuk mendapatkan debut di J2 League 2022. Apalagi, Pratama Arhan sampai saat ini belum mendapatkan kesempatan bermain di Tokyo Verdy.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Pratama Arhan dan memang dirinya harus fokus ke klub Tokyo Verdy karena dia baru saja bergabung dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi," kata Iriawan.

"Arhan sebenarnya dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong demi target mendapatkan emas di SEA Games 2021. PSSI tetap mendukung kariernya di klub Tokyo Verdy. Semoga event timnas selanjutnya Arhan bisa bergabung," ucap Iriawan.

Timnas Indonesia U-23 akan diperkuat 20 pemain pada SEA Games 2021. Dalam daftar pemain yang dipanggil, terdapat nama Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana, Elkan Baggott, dan Witan Sulaeman.

2 dari 3 halaman

Arhan Galau

Perasaan Pratama Arhan campur aduk setelah gagal membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Namun, Arhan memaklumi ini adalah keputusan terbaik untuknya.

"Kemarin saya juga sudah koordinasi dengan Coach Nova dan Coach Shin suruh ditanyain bagaimana bisa diizinkan atau tidak. Terus saya bertanya katanya disuruh fokus ke klub dulu. Ini kan juga sedang bersaing," kata Pratama Arhan.

Sikap Tokyo Verdy melarang Pratama Arhan ke Timnas Indonesia U-23 sudah tepat. Selain SEA Games 2021 bukan kalender resmi FIFA, Pratama Arhan juga sedang berusaha untuk melakoni debut bersama klub Jepang tersebut.

"Kalau saya sendiri ingin bermain untuk Timnas Indonesia juga. Akan tetapi, saya di sini juga punya tanggung jawab di klub," ucap Pratama Arhan.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

  1. Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners FC)
  2. Egy Maulana (FK Senica)
  3. Witan Sulaeman (FK Senica)
  4. Elkan Baggott (Ipswich Town)
  5. Fachruddin Aryanto (Madura United)
  6. Ronaldo Joybera (Madura United)
  7. Muhammad Adi (Persik Kediri)
  8. Ernando Ari (Persebaya Surabaya)
  9. Rizky Ridho (Persebaya Surabaya)
  10. Rachmat Irianto (Persib Bandung)
  11. Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya)
  12. Ricky Kambuaya (Persib Bandung)
  13. Marc Klok (Persib Bandung)
  14. Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta)
  15. Ilham Rio (Persija Jakarta)
  16. Irfan Jauhari (Persis Solo)
  17. Muhamad Ridwan (Persik Kediri)
  18. Firza Andika (Persija Jakarta)
  19. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)
  20. Saddil Ramdani (Sabah FC)

Video Populer

Foto Populer