Sukses


Tepat di HUT ke-77 RI, Shin Tae-yong Kembali dari Korea Selatan untuk Melatih Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Masa cuti Shin Tae-yong segera habis. Arsitek asal Korea Selatan itu dijadwalkan tiba di Indonesia pada Rabu (17/8/2022).

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan memastikan Shin Tae-yong akan kembali ke Indonesia bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

Pada Juli 2022, Shin Tae-yong mudik ke Korea Selatan. Dia pulang kampung selama kurang lebih sebulan untuk melepas rindu dengan sanak keluarganya.

"Shin Tae-yong akan sampai di Indonesia pada 17 Agustus 2022. Di sana dia aktivitasnya apa saja? Tanya ke dia saja," ujar Iriawan.

2 dari 5 halaman

Cuti Sebulan

Sebelumnya, Iriawan memberikan waktu sebulan bagi Shin Tae-yong untuk kembali ke Korea Selatan, sebelum dihadapkan dengan rutinitas padat bersama Timnas Indonesia.

"Shin Tae-yong jangan lama-lama di Korea Selatan. Nanti dia lupa. Dia sebulan di sana untuk liburan," ujar Iriawan.

Jadwal Shin Tae-yong memang sangat sibuk pada tahun ini. Dia harus memimpin Timnas Indonesia level senior hingga kelompok usia dalam berbagai kegiatan.

3 dari 5 halaman

Jadwal Padat

Mulai dari FIFA Matchday September 2022, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 September 2022, hingga Piala AFF 2022 Desember 2022.

Dalam evaluasi yang digelar pada 20 Juli 2022 itu, Shin Tae-yong meminta PSSI untuk menaturalisasi pemain demi Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023.

"Shin Tae-yong itu liburan selama sepuluh hari kerja, di luar Sabtu dan Minggu. Dia programnya padat. Jadi tak ada libur lagi dia," kata Iriawan.

4 dari 5 halaman

Butuh Pemain Naturalisasi

Shin Tae-yong telah mencoba tiga pemain keturunan asal Belanda untuk Timnas Indonesia U-19. Ketiganya adalah Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel.

"Khusus untuk Timnas Indonesia U-19, membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi," ujar Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

Ketiganya sempat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 pada Juni 2022 sebelum berkiprah di Piala AFF U-19.

5 dari 5 halaman

Persaingan Piala Dunia U-20 2023

Namun, Shin Tae-yong justru memulangkan Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel ke Belanda. Pria berusia 53 tahun itu terang-terangan tidak puas dengan kualitas ketiganya.

"Naturalisasi harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan keras, ketat, dan berat," imbuh Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer