Sukses


Bomber Persib Petik Hikmah di Balik Kegagalan Timnas Indonesia U-17 ke Putaran Final Piala Asia U-17 2023

Bola.com, Bandung - Penyerang Timnas Indonesia U-17, Muhamad Gaoshirowi, mengaku sedih dan kecewa karena timnya gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Meski begitu, pemain Persib Bandung itu berusaha memetik hikmah di balik kegagalan tersebut.

Timnas Indonesia U-17 gagal menembus putaran final Piala Asia U-17, karena kalah 1-5 dari Malaysia pada laga pamungkas Grup B. Hasil minor itu membuat Timnas U-17 finis di urutan kedua klasemen akhir Grup B.

Pada jalur runner-up terbaik pada perebutan tiket Piala Asia U-17 2023, Timnas U-17 menghuni posisi ketujuh dari enam kuota yang tersedia. Muhamad Gaoshirowi masih belum rela Timnas U-17 gagal melangkah ke Piala Asia tahun depan.

"Waktu kami kalah dari Malaysia kemarin, pastinya saya sedih. Gabung Timnas Indonesia U-17 ini pengalaman pertama saya. Selama di sini, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik," kata Muhamad Gaoshirowi.

2 dari 5 halaman

Petik Hikmah

Muhamad Gaoshirowi tak ingin larut dalam kesedihan terkait kegagalan Timnas Indonesia U-17. Pemain berusia 16 tahun itu berusaha positif dalam menyikapi torehan kurang oke tersebut.

Menurut Gaoshirowi ada hikmah yang bisa dipetik dari kegagalan Timnas U-17. Muhamad Gaoshirowi berharap, semoga ini bisa menjadi pembelajaran buat kelanjutan kariernya pada masa depan.

"Saya jadikan pembelajaran agar lebih termotivasi dalam berlatih bersama Akademi Persib. InsyaAllah, ke depannya saya akan kerja lebih keras agar bisa main untuk Timnas lagi," tegas Gaoshirowi.

3 dari 5 halaman

Minta Maaf

Pelatih Bima Sakti meminta maaf atas kekalalahan telak 1-5 yang dialami Timnas Indonesia U-17 dari Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Bima sadar, hasil negatif ini membuat kecewa banyak pihak, termasuk penggemar sepak bola nasional.

"Saya menyampaikan mohon maaf kepada semua pecinta sepak bola Indonesia atas hasil yang tidak memuaskan ini. Kecewa, sedih, pasti," kata Bima Sakti.

"Saya bilang ke pemain agar bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen in untuk mereka ke depan. Karier mereka masih panjang. Ini tanggung jawab saya sebagai pelatih," tegas Bima Sakti.

4 dari 5 halaman

Resmi Dibubarkan

Timnas Indonesia U-17 resmi dibubarkan setelah gagal tampil di Piala Asia U-17 2023. Para pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing.

Adapun pelatih Bima Sakti langsung fokus ke Asian Youth Games 2022 untuk membesut tim pelajar Indonesia. Bima berharap, para pemain terus berkembang dan tidak putus asa.

"Ada jadwal Asian Youth Games di China. Sementara ini, kami mungkin akan kembalikan pemain ke klub karena persiapan sudah sebulan lebih. Mereka harus bangkit, tidak boleh putus asa," tegas Bima Sakti.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-17 2023

  1. Jepang
  2. Malaysia
  3. Qatar
  4. Arab Saudi
  5. Yaman
  6. Vietnam
  7. Australia
  8. Tajikistan
  9. Iran
  10. Uzbekistan
  11. Korea Selatan
  12. China
  13. Afghanistan
  14. India
  15. Thailand
  16. Laos

Video Populer

Foto Populer