Sukses


Pelatih Timnas Indonesia U-16 Catat 37 Pemain Diaspora, tapi Hanya 9 Nama yang Berpaspor Tanah Air

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mencatat terdapat 37 pemain di bawah 16 tahun yang berdarah Indonesia dan berkarier di luar negeri.

Namun, dari jumlah itu, Nova mengungkapkan bahwa hanya sembilan pemain diaspora yang mempunyai paspor Indonesia.

Sebelumnya, Nova telah membuka pintu selebar-lebarnya untuk pemain keturunan yang ingin membela Timnas Indonesia U-16, tapi dengan syarat masih berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).

Nova telah mendapatkan database pemain yang menimba ilmu di luar negeri dari Tenaga Ahli Menpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan, pada Senin (26/2/2024).

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ungkapan Nova Arianto

"Yang pertama, memang saya meminta data siapa-siapa saja pemain diaspora yang mempunyai paspor Indonesia. Walaupun kami tetap harus berkomunikasi dengan PSSI," jelas Nova.

"Kebetulan, ada Pak Hamdan di situ. Jadi, saya berbicara dengan Pak Hamdan yang memberikan data pemain diaspora tersebut."

"Ada sekitar 37 pemain diaspora, tetapi yang memiliki paspor Indonesia hanya sekitar sembilan nama," ucap arsitek berusia 45 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Pimpin Seleksi

Saat ini, Nova tengah memimpin seleksi Timnas Indonesia U-16 yang telah berjalan tiga gelombang. Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, itu sudah memanggil 98 pemain.

Tim berjulukan Garuda Muda itu sedang mematangkan persiapan menuju Piala AFF U-16 2024 pada pertengahan tahun ini dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada pengujung 2024.

Nova berencana untuk memanggil pemain diaspora ke Timnas Indonesia U-16 pada April 2024. Namun, asisten Shin Tae-yong di timnas senior dan U-23 itu bakal lebih dulu berdiskusi dengan PSSI.

4 dari 4 halaman

Berdiskusi dengan PSSI

"Setelah itu, kami akan berkomunikasi dengan PSSI bagaimana situasinya dan mekanismenya. Sebelum itu, kami dari tim kepelatihan Timnas Indonesia U-16 akan melihat-melihat video-video mereka," tutur Nova.

"Jadi, nanti pemain yang dipanggil sesuai dengan yang diharapkan, termasuk masalah tinggi badan. Jadi setelah itu kita akan komunikasi dengan pssi bagaimana situasinya dan mekanismenya."

"Sebelum itu, kami dari coaching staff akan melihat video-video mereka, jadi nanti pemain yang dipanggil sesuai dengan apa yang kita harapkan, termasuk masalah tinggi badan. Kemungkinan akan dipanggil pada April 2024," ungkap Nova.

Video Populer

Foto Populer