Sukses


    Aji Santoso Bangga Persebaya Sumbang Terbanyak ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

    Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya menjadi klub terbanyak yang menyumbang pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020. Total, ada empat nama yang masuk dalam skuat arahan Shin Tae-yong.

    Mereka adalah kiper Ernando Ari Sutaryadi, bek Rizky Ridho, gelandang Rachmat Irianto, dan gelandang Ricky Kambuaya. Nama-nama ini juga sudah menjadi langganan masuk Timnas Indonesia di beberapa laga internasional terakhir.

    Pelatih Persebaya, Aji Santoso, merelakan kepergian para pemain tersebut. Dia memberi dukungan penuh agar Tim Merah Putih bisa mencapai target juara Piala AFF 2020.

    “Suratnya sudah masuk ke tim Persebaya. Pak manajer sudah melakukan diskusi dengan saya bagaimana dengan pemain yang dipanggil. Tidak ada masalah, kami mendukung timnas,” ucap Aji Santoso.

    Absennya empat pemain ini tentu akan berdampak pada Persebaya. Sebab, tim berjulukan Bajul Ijo itu bakal tetap melakoni seri ketiga kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 sampai sekitar pertengahan Desember mendatang.

    Di sisi lain, Piala AFF 2020 akan dimulai pada Minggu, 5 Desember 2021, di Singapura. Timnas Indonesia, yang tergabung di Grup B bakal mengawalinya dengan berjumpa Kamboja pada Kamis (9/12/2021).

     

    2 dari 3 halaman

    Bangga

    Aji Santoso sebenarnya termasuk pelatih yang getol menyuarakan perlunya mengatur jadwal antara Timnas Indonesia dan kompetisi domestik. Sebab, klub-klub Liga 1 kerap merasakan dampak absennya pemain penting.

    Lantas, bagaimana sikapnya dengan empat pemain yang harus absen membela klub selama Desember ini?

    “Tentunya, kami bangga. Saya, teman-teman pemain, pelatih, pengurus, manajemen Persebaya tentunya bangga. Persebaya bisa menyumbangkan lebih banyak dari tim-tim lain. Mudah-mudahan saja dengan pemanggilan pemain lagi ini tidak mempengaruhi Persebaya,” ucapnya.

    “Seperti yang saya sampaikan, harus saling menguntungkan baik timnas maupun tim Persebaya. Ini sudah solusi terbaik menurut saya. Saya mendukung dengan pemanggilan pemain ini,” imbuh pelatih berusia 51 tahun itu.

    Di Grup B, Timnas Indonesia akan bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Sesuai instruksi PSSI, Shin Tae-yong diwajibkan membawa pulang trofi kejuaraan sepak bola ASEAN itu setelah sebelumnya hanya meraih prestasi terbaik sebagai runner-up di lima edisi.

    3 dari 3 halaman

    Posisi Persebaya di BRI Liga 1

    Video Populer

    Foto Populer