Sukses


10 Manfaat Renang bagi Kesehatan, Aman bagi Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Renang merupakan olahraga yang menyenangkan dan bagus untuk semua kalangan. Renang bisa dilakukan oleh semua orang dari segala usia.

Renang juga bisa termasuk olahraga rekreasi. Renang mampu memperbaiki mood seseorang dan serta melepaskan endorfin yang berguna untuk menimbulkan perasaan bahagia.

Renang menjadi olahraga yang mengharuskan seseorang menggerakkan semua badannya. Itulah mengapa, respons dan kinerja otot akan lebih bagus.

Renang termasuk latihan aerobik yang dilakukan di dalam air.

Ada beberapa jenis gaya dalam olahraga renang, seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, daya bebas, dan gaya punggung.

Renang juga menjadi pilihan penyembuhan cedera yang efektif karena renang aman bagi penderita disabilitas dan membantu pemulihan pasca stroke.

Berikut penjelasan beberapa manfaat renang bagi kesehatan, dikutip dari Healthline, Senin (8/2/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Renang bagi Kesehatan

1. Menggerakkan seluruh tubuh

Satu di antara manfaat terbesar dari berenang adalah melatih tubuh secara menyeluruh, mulai kepala hingga ujung kaki. Ketika seluruh anggota tubuh bergerak, hal itu dapat meningkatkan detak jantung tanpa membuat tubuh stres.

Selain itu, renang berguna untuk membangun kekuatan dan ketahanan

2. Cocok untuk orang yang mengalami cedera, artritis, dan kondisi lainnya

Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman bagi penderita radang sendi, cedera, dan disabilitas. Berenang dapat membantu mengurangi sebagian rasa sakit Anda atau meningkatkan pemulihan dari cedera.

Satu studi menunjukkan bahwa orang dengan osteoartritis melaporkan pengurangan yang signifikan pada nyeri dan kekakuan sendi, dan mengalami lebih sedikit batasan fisik setelah melakukan aktivitas seperti berenang dan bersepeda.

3 dari 6 halaman

Manfaat Renang bagi Kesehatan

3. Pilihan yang baik untuk penderita asma

Lingkungan yang lembab dari kolam renang dalam ruangan membuat berenang menjadi aktivitas yang bagus untuk penderita asma. Tidak hanya itu, latihan pernapasan berhubungan dengan olahraga, seperti menahan napas, membantu memperluas kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan.

4. Bermanfaat bagi penderita MS

Orang dengan multiple sclerosis (MS) mungkin juga merasakan manfaat berenang. Air membuat anggota tubuh terapung, membantu menopang mereka selama latihan. Air juga memberikan ketahanan yang lembut.

4 dari 6 halaman

Manfaat Renang bagi Kesehatan

5. Membakar Kalori

Berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Orang seberat 160 pon membakar sekitar 423 kalori per jam saat berenang dengan kecepatan rendah atau sedang. Orang yang sama dapat membakar hingga 715 kalori per jam dengan berenang dengan kecepatan yang lebih kuat.

Orang seberat 200 pon, yang melakukan aktivitas yang sama, akan membakar antara 528 dan 892 kalori per jam. Orang seberat 240 pon, kalorinya mungkin terbakar antara 632 dan 1.068.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Berenang mungkin memiliki kekuatan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia, peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dan tidur setelah melakukan renang secara teratur.

5 dari 6 halaman

Manfaat Renang bagi Kesehatan

7. Meningkatkan Mood

Peneliti mengevaluasi sekelompok kecil orang dengan demensia dan melihat peningkatan suasana hati setelah berpartisipasi dalam program akuatik selama 12 minggu.

Berenang dan olahraga air tidak hanya bermanfaat secara psikologis bagi pengidap demensia. Olahraga juga terbukti dapat meningkatkan mood.

8. Membantu mengelola stres

Peneliti menyurvei sekelompok perenang sebelum dan sesudah berenang di YMCA di New Taipei City, Taiwan. Dari 101 orang yang disurvei, 44 melaporkan mengalami depresi ringan dan merasa stres terkait kehidupan yang serbacepat.

Setelah berenang, jumlah orang yang masih merasa stres menurun menjadi hanya delapan orang.

6 dari 6 halaman

Manfaat Renang bagi Kesehatan

9. Aman untuk ibu hamil

Wanita hamil dan bayinya juga bisa memetik manfaat yang luar biasa dari berenang. Selain bermanfaat bagi anak, berenang merupakan aktivitas yang dapat dilakukan ibu hamil pada ketiga trimester.

10. Bagus untuk Anak-anak

Anak-anak membutuhkan minimal 60 menit latihan aerobik setiap hari. Berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan dan tidak terasa seperti olahraga formal.

Anak Anda dapat mengikuti pelajaran renang terstruktur atau menjadi bagian dari tim renang. Waktu berenang tidak terstruktur adalah pilihan tepat lainnya untuk membuat anak-anak aktif bergerak.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Lomba Lari Xiamen Marathon di China Diikuti 12.000 Peserta

Video Populer

Foto Populer