Sukses


7 Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Ada banyak nutrisi penting yang harus didapatkan oleh tubuh agar kesehatan terjaga dengan baik, satu di antaranya vitamin A.

Vitamin A tidak diporduksi secara mandiri oleh tubuh, maka itu tubuh membutuhkan asupan vitamin A dari berbagai makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Vitamin A menjadi vitamin yang paling pertama ditemukan, itulah mengapa vitamin ini diberi nama sesuai huruf abjad paling awal. Vitamin A menjadi penting bagi tubuh karena berbagai manfaatnya. 

Senyawa penting vitamin A ditemukan dalam produk hewani dan nabati, serta terbagi menjadi dua jenis, yaitu vitamin A preformed dan provitamin A.

Vitamin A preformed dikenal sebagai bentuk aktif vitamin, yang bisa dimanfaatkan tubuh secara langsung dan ditemukan pada produk hewani, seperti daging ayam, ikan, dan sapi.

Sedangkan Provitamin A adalah bentuk tidak aktif dari vitamin yang ditemukan pada tanaman, yang bisa ditemukan pada wortel dan berbagai jenis buah serta sayuran lainnya.

Lantas, apa saja manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya, beberapa manfaat vitamin A untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dari Healthline, Jumat (24/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Memperkaya vitamin A dalam tubuh dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker dengan cukup signifikan. 

Beberapa penelitian mengungkap, mengonsumsi vitamin A dengan porsi tinggi dalam bentuk sayuran, dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam jenis kanker, seperti serviks, paru-paru, dan kandung kemih.

Konsumsilah berbagai macam jenis sayuran dan buah-buahan, seperti wortel, anggur, kiwi, paprika merah, brokoli, dan berbagai macam lainnya untuk mendapatkan asupan vitamin A yang sangat penting bagi tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh mata, untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal berupa listrik yang dikirimkan ke otak.

Beberapa ciri kekurangan vitamin A, yakni terjadinya rabun malam, kondisi di mana mata tidak dapat melihat dengan jelas atau yang biasa disebut nyctalopia.

Rabun malam sering terjadi pada kebanyakan orang yang kekurangan asupan vitamin A, karena vitamin A merupakan komponen utama dari pigmen rhodopsin. Rhodopsin ditemukan di retina mata dan sangat sensitif terhadap cahaya.

Selain mengurangi risiko rabun malam, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A membantu Anda mencegah risiko pengurangan daya penglihatan, yang biasanya dialami oleh lansia.

Konsumsi berbagai macam makanan dan suplemen yang mengandung vitamin A secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengurangi Jerawat

Jerawat yang muncul pada kulit merupakan satu di antara penyakit inflamasi kronis. Orang yang memiliki jerawat akan timbul bintik-bintik merah, biasanya di bagian wajah, punggung, dan dada.

Meski bintik-bintik atau jerawat tersebut secara fisik tidak berbahaya bagi tubuh, jerawat memiliki efek serius pada kondisi psikologis seseorang seperti menyebabkan tidak percaya diri.

Saat tubuh kekurangan vitamin A, meningkatkan risiko munculnya jerawat karena kekurangan vitamin ini menyebabkan kelebihan protein keratin dalam folikel rambut.

Hal tersebut meningkatkan risiko munculnya jerawat karena membuat lebih sulit bagi sel-sel kulit mati untuk dihilangkan dari folikel rambut, yang menyebabkan penyumbatan.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A yang secara rutin masuk ke tubuh memiliki peran penting untuk menjaga keadaan tubuh secara alami. Hal tersebut termasuk menjauhkan bakteri dari paru-paru, usus, dan selaput mata.

Vitamin A juga membantu dalam proses produksi dan fungsi sel darah putih untuk menangkap dan membersihkan bakteri pada aliran darah.

Kekurangan asupan vitamin A menambah risiko terkena berbagai macam infeksi dan memperlambat penyebuhan dari luka yang mungkin sedang dialami.

Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena infeksi dan penyakit lainnya, konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin A.

4 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi penting untuk menjaga kekuatan tulang. Namun, vitamin A juga tidak kalah penting dalam usaha Anda untuk menjaga kesehatan tulang.

Faktanya, banyak orang yang kekurangan vitamin A lebih berisiko mengalami patah tulang daripada orang yang mengonsumsi makanan mengandung vitamin A secara rutin. 

6. Menjaga Sistem Reproduksi

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi pada pria dan wanita. Bagi pria, kekurangan vitamin A akan menghambat perkembangan sel sperma sehingga bisa mengakibatkan kemandulan. Sedangkan bagi wanita, kurangnya vitamin A dapat menurunkan kualitas sel telur.

7. Mencegah Campak

Vitamin A memiliki fungsi menurunkan kondisi keparahan pada penyakit campak. Dengan mengonsumsi suplemen vitamin A dosis tinggi, efek demam dan diare pada anak-anak yang terkena campak akan berkurang.

Suplemen vitamin A juga berpengaruh menurunkan risiko kematian akibat campak pada anak-anak di negara berkembang, yang biasanya kekurangan vitamin A pada asupan makanannya.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer