Sukses


8 Cara Melatih Keseimbangan Tubuh, Penting untuk Aktivitas Harian

Bola.com, Jakarta - Alasan orang berolahraga kemungkinan seputar membentuk tubuh atau mengurangi berat badan. Namun, pernahkan Anda berpikir bahwa olahraga juga bisa melatih keseimbangan tubuh?

Meski kerap disepelekan, keseimbangan tubuh sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas harian. Satu di antara manfaat menjaga keseimbangan adalah dapat meningkatkan kemampuan gerak secara keseluruhan.

Itulah mengapa, latihan keseimbangan akan sangat baik untuk menunjang kebugaran.

Menjaga keseimbangan tubuh juga bertujuan untuk mencegah tubuh dari gangguan internal, misalnya jatuh. Sekitar 20 persen wanita dewasa yang mengalami fraktur pinggul mengalami cacat fisik permanen, dan 20 persen lainnya meninggal setiap tahun.

Memiliki keseimbangan tubuh yang baik bermanfaat untuk mendukung mobilitas, mengurangi cedera, dan memperkuat fisik selama berolahraga.

Berikut cara melatih keseimbangan tubuh, dinukil dari Klikdokter, Rabu (8/12/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Melatih Keseimbangan Tubuh

1. Berdiri dengan Satu Kaki

Gerakan menjaga keseimbangan yang bisa Anda coba adalah berdiri dengan satu kaki. Pada prosesnya, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Jadikan satu di antara kaki sebagai tumpuan berat badan Anda.
  2. Angkat kaki lainnya ke samping atau ke belakang.
  3. Lakukan pada kedua kaki secara bergantian, dengan rentang waktu 30 detik.

2. Berjalan Menggunakan Tumit dan Jari Kaki

Berjalan termasuk gerakan melatih keseimbangan tubuh yang cukup mudah dilakukan. Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa aktivitas berjalan di sini menggunakan tumit dan jari kaki.

Berjalanlah sebanyak 20 langkah ke depan dengan tumit dan lakukan bergantian dengan jari kaki. Lakukan juga dengan gerakan berjalan mundur.

3 dari 5 halaman

Cara Melatih Keseimbangan Tubuh

3. Berlatih Squat

Kaki yang kuat akan menurunkan risiko Anda terjatuh. Oleh sebab itu, squat bisa menjadi gerakan melatih keseimbangan tubuh karena gerakannya bisa melatih kekuatan otot kaki sebagai tumpuan utama tubuh dan mengencangkan otot paha bagian depan.

Cara melakukan squat, sebagai berikut:

  • Rentangkan kaki.
  • Tekuk kedua lutut.
  • Turunkan pinggul seakan Anda ingin berjongkok secara perlahan.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 8-10 kali.

4. Memutar Kaki dan Tangan Searah Jarum Jam

Gerakan untuk menjaga keseimbangan tubuh yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan memutar kaki dan tangan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

Gerakan tangan:

  • Berdirilah dengan satu kaki.
  • Posisikan tubuh lurus dengan tangan diletakkan di pinggang.
  • Gerakkan sebelah tangan Anda dengan mengikuti posisi jam 12, 3, dan 9 sebaik mungkin tanpa kehilangan keseimbangan tubuh.
  • Lakukan secara berulang dan bergantian dengan tangan lainnya.

Gerakan kaki:

  • Masih dengan posisi berdiri satu kaki, luruskan satu kaki ke depan, lalu bayangkan diri Anda adalah pusat jam.
  • Lalu, arahkan kaki memutar setengah lingkaran seperti arah jarum jam 12, 9, dan 3, dengan tangan terus memegangi pinggang.
  • Lakukan gerakan yang sama pada kaki satunya.
4 dari 5 halaman

Cara Melatih Keseimbangan Tubuh

5. Berjalan Sambil Mengangkat Lutut secara Bergantian

Cara menjaga keseimbangan tubuh lainnya adalah dengan berjalan sambil mengangkat lutut secara bergantian di setiap langkah. Bila Anda masih kesulitan untuk menjaga keseimbangan di awal latihan, lakukan gerakan ini sambil berpegangan pada dinding.

6. Berjalan dengan Gerakan Heel-to-Toe

Lakukan gerakan heel-to-toe dengan mengikuti gerakan-gerakan berikut ini:

  • Posisikan tubuh berdiri tegak.
  • Letakkan satu tumit kanan di lantai persis di depan jari kaki kiri.
  • Lakukan gerakan berjalan dengan posisi kaki tersebut secara bergantian, kanan dan kiri.
  • Pastikan pandangan tetap ke depan.
5 dari 5 halaman

Cara Melatih Keseimbangan Tubuh

7. Tidur Malam Cukup

Selain dengan melakukan beberapa gerakan, cara melatih keseimbangan tubuh juga bisa dilakukan dengan tidur yang cukup. Istirahat cukup, yakni 7-8 jam setiap malamnya, bisa menurunkan risiko Anda terjatuh.

Hal ini dikemukakan oleh penelitian dari California Pacific Medical Center, Amerika Serikat, yang menunjukkan adanya keterkaitan antara kurangnya waktu tidur dengan kemungkinan jatuh.

8. Menguji Keseimbangan Tubuh

Setelah mengetahui cara-cara untuk menjaga keseimbangan tubuh, kini saatnya Anda mengujinya dengan melakukan tiga gerakan di bawah ini:

  • Berdiri dengan Dua Kaki

Berdirilah menggunakan kedua kaki, lalu pejamkan mata. Jika Anda memiliki keseimbangan tubuh yang baik, Anda akan mampu menjaga posisi ini selama 60 detik tanpa adanya pergeseran kaki.

  • Berdiri dengan Satu Kaki

Tumpukan beban tubuh pada satu kaki. Biasanya, orang berusia di bawah 60 tahun mampu melakukannya selama rata-rata 29 detik dengan mata terbuka, dan rata-rata 21 detik dengan mata tertutup.

  • Berdiri dengan Telapak Kaki Bagian Depan

Berjinjitlah menggunakan satu kaki. Jika Anda memiliki keseimbangan tubuh yang baik, Anda dapat melakukannya selama setidaknya 25 detik.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 21/7/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer