Sukses


Daftar Bagian Tubuh yang Rentan Cedera akibat Olahraga

Bola.com, Jakarta - Cedera merupakan satu di antara masalah kesehatan yang kerap muncul saat kita melakukan suatu kegiatan fisik atau berolahraga.

Meski sudah dengan maksimal kita mencegahnya, terkadang cedera muncul secara tiba-tiba tanpa kita prediksi sebelumnya. Bahkan hal ini terjadi pada atlet profesional sekalipun.

Olahraga adalah kegiatan yang bisa meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. Akan tetapi, agar manfaatnya bisa didapat secara maksimal kita harus tetap berhati-hati dan waspada.

Untuk meminimalkan terjadinya cedera, ada baiknya sebelum berolahraga Anda melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu.

Selebihnya, agar bisa lebih waspada, mungkin Anda perlu mengenali beberapa bagian tubuh yang rentan terkena cedera saat berolahraga.

Berikut daftar bagian tubuh yang rentan cedera akibat olahraga, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (19/5/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Bagian Tubuh yang Rentan Cedera akibat Olahraga

1. Pergelangan Kaki 

Kasus pergelangan kaki yang terkilir atau keseleo sering terjadi saat sedang olahraga atau permainan.

Biasanya, cedera ini melibatkan lompatan, berlari, atau gerakan lainnya yang membuat seseorang bisa terinjak. Misalnya dalam olahraga basket, sepak bola, atau voli.

Meski olahraga paling sering memicu cedera, keseleo bisa dengan mudah terjadi saat Anda sedang berjalan. Anda akan lebih mudah mengalami keseleo jika:

  • Sudah pernah atau sering keseleo sebelumnya.
  • Memiliki otot yang lemah di sekitar pergelangan kaki.
  • Memiliki riwayat keluarga akan kelainan di pergelangan kaki.

2. Pangkal Paha

Bagian tubuh yang sering cedera berikutnya adalah pangkal paha yang tertarik. Hal ini bisa terjadi akibat beban berlebih pada otot di area pangkal paha.

Ketika otot-otot tersebut menegang terlalu cepat maupun dipaksa, otot bisa meregang secara berlebihan maupun robek.

Tarikan pada pangkal paha sering terjadi pada jenis olahraga yang memerlukan banyak lompatan dan lari, spesifiknya adalah gerakan meloncat atau perubahan posisi mendadak. Contohnya, sepak bola dan hoki.

3. Betis

Apakah betis terasa nyeri saat berlari mengejar kereta atau sedang tak melakukan apa-apa? Mungkin jaringan betis mengalami peradangan (akibat robekan otot mikro) sehingga menyebabkan nyeri.

Penyebabnya bisa karena kondisi telapak kaki datar, sepatu yang tidak pas dengan tipe kaki, olahraga tanpa peregangan terlebih dulu, atau kelemahan di otot perut, panggul, atau pergelangan kaki.

3 dari 4 halaman

Daftar Bagian Tubuh yang Rentan Cedera akibat Olahraga

4. Pergelangan Tangan

Meski jarang menjadi sorotan, pergelangan tangan termasuk bagian tubuh yang sering cedera. Terlebih jika Anda melakukan olahraga dengan kerja pergelangan tangan yang cukup berat.

Maka itu, sangat penting untuk melakukan peregangan otot terlebih dahulu. Ketika Anda mulai mengalami keluhan berupa kebas dan kesemutan pada tangan, sebaiknya lakukan pemeriksaan diri ke dokter.

5. Paha Belakang 

Jenis cedera yang dimaksud adalah cedera hamstring, yaitu cedera pada sekumpulan otot yang terletak di belakang paha (otot hamstring).

Cedera bisa terjadi jika tarikan otot melebihi kemampuannya untuk meregang. Bisa akibat gerakan yang tiba-tiba maupun bertahap, atau bisa juga akibat gerakan yang perlahan, tetapi terjadi tarikan atau beban berlebih.

Contoh gerakan yang sering menyebabkan cedera hamstring adalah melompat, sprint, atau lunge.

6. Tulang Belakang

Untuk Anda yang sering berolahraga mengangkat beban, perhatikan kesiapan diri sebelum mengangkat beban tersebut. Perhatikan juga posisi dalam mengangkatnya agar terhindar dari cedera.

Menggunakan posisi yang kurang tepat dapat meningkatkan risiko cedera tulang belakang yang bisa menyebabkan saraf terjepit. Keluhan yang ditimbulkan dapat berbeda, tergantung pada lokasi cedera.

Keluhan yang paling sering muncul adalah kebas, kesemutan, dan dapat juga menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan.

4 dari 4 halaman

Daftar Bagian Tubuh yang Rentan Cedera akibat Olahraga

7. Lutut 

Ligamen merupakan suatu pita jaringan yang kuat, menghubungkan antartulang pada tubuh. Pada lutut, satu di antara ligamen yang rentan mengalami cedera adalah ligamen lutut bagian depan, atau bisa disebut sebagai cedera ligamen lutut anterior.

Biasanya, cedera ligamen lutut bagian depan ini disebabkan akibat olahraga yang membutuhkan penghentian tiba-tiba atau perubahan arah, melompat, dan mendarat seperti pada olahraga basket, sepak bola, ski, atau saat menuruni lereng gunung.

8. Siku

Bagian tubuh yang sering cedera selanjutnya adalah siku. Cedera siku saat berolahraga, yaitu tennis elbow atau epikondilitis lateral, menyebabkan nyeri pada tendon di siku yang terbebani akibat gerakan berulang oleh pergelangan tangan dan lengan.

Tidak hanya saat berolahraga, cedera ini bisa dialami oleh orang-orang dengan profesi tertentu yang berisiko, seperti pelukis dan tukang kayu.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/9/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer