Sukses


Jenis-Jenis Olahraga Pagi beserta Penjelasannya, Ringan Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Melakukan olahraga secara teratur merupakan satu di antara cara yang dapat Anda lakukan demi menjaga kesehatan tubuh agar tetap baik.

Umumnya, olahraga dapat dilakukan kapan saja, tetapi melaksanakan olahraga pada pagi hari dapat membuat Anda lebih bersemangat beraktivitas. Selain itu, udara pagi yang masih bersih dapat membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih segar.

Pagi hari merupakan waktu yang sangat cocok untuk berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan pada pagi hari.

Untuk memudahkan Anda memilih jenis olahraga apa yang cocok dilakukan di waktu pagi, Anda bisa menyimak rekomendasinya di bawah ini.

Berikut ini jenis-jenis olahraga pagi beserta penjelasannya yang ringan dilakukan, dikutip dari laman Olahragapedia dan Goodminds, Rabu (29/6/2022).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga Pagi

1. Lari

Lari di pagi hari maupun joging merupakan satu di antara jenis olahraga pagi yang sangat digemari. Lari bisa dilakukan di mana saja, baik di lapangan terbuka, kompleks perumahan, atau jalan raya.

Lari pagi bukan hanya sekadar berolahraga saja, tetapi juga mampu menyehatkan pikiran karena kita akan disuguhi pemandangan dari tempat yang kita lewati saat pagi hari.

Menghirup udara pagi yang masih bersih dan penuh dengan oksigen akan membuat tubuh menjadi lebih semangat dalam memulai aktivitas nantinya.

Lari pagi juga tidak perlu dilakukan dengan tenaga penuh, Anda bisa melakukan lari pagi dengan santai agar tidak mudah lelah saat mulai beraktivitas.

2. Lompat Tali

Tidak hanya lari pagi saja yang baik untuk dilakukan, lompat tali juga sangat baik dilakukan di pagi hari. Lompat tali mampu meningkatkan kinerja jantung dan menguatkan otot kaki.

Lompat tali akan lebih cepat membakar lemak dibandingkan dengan lari pagi yang biasanya dilakukan sambil bersantai. Maka itu, bagi Anda yang menginginkan tubuh yang langsing, Anda bisa memasukkan olahraga lompat tali dalam kegiatan pagi setelah melakukan lari pagi.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga Pagi

3. Renang

Renang di pagi hari akan terasa sangat menyenangkan. Renang akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bergairah.

Renang membantu menguatkan otot, terutama otot dada. Ketika melakukan renang di pagi hari, suplai oksigen yang masuk ke paru-paru akan lebih banyak dan bersih sehingga sangat baik untuk tubuh.

4. Pilates

Pilates makin banyak digemari, terutama oleh kalangan wanita. Pilates membantu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Pilates mengandalkan latihan pernapasan yang baik jika dilakukan di pagi hari karena pasokan oksigen masih sangat bersih. Latihan pilates di pagi hari akan lebih optimal jika dilakukan di ruangan terbuka sehingga oksigen yang dihirup akan lebih banyak.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga Pagi

5. Sit Up

Sit up yang dilakukan di pagi hari akan jauh lebih efektif karena tenaga yang digunakan adalah lemak di dalam tubuh. Akan berbeda jika sit up dilakukan di sore hari di mana perut sudah mendapatkan tenaga dari makanan.

6. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga selanjutnya yang bisa Anda coba. Aktivitas ini sudah sangat umum dilakukan dan tidak sedikit juga yang menggemarinya.

Anda bisa melakukan hal ini selama beberapa menit saja. Selain baik untuk melatih pergerakan tubuh, bersepeda efektif untuk membakar kalori secara optimal.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga Pagi

7. Senam Aerobik

Anda bisa mencoba senam aerobik sebagai menu mengawali aktivitas setiap pagi. Senam aerobik merupakan satu di antara olahraga yang umumnya dilakukan bersama-sam. Namun, Anda juga bisa melakukannya secara individual di rumah.

8. Yoga

Yoga merupakan menu olahraga lain yang cukup ringan dan bermanfaat. Melakukan yoga di pagi hari akan membuat tubuh terasa ringan dan pikiran akan terasa lebih tenang. Anda bisa mencari tahu gerakan-gerakan yoga yang tidak terlalu sulit untuk pembelajaran di awal.

 

Sumber: Olahragapedia, Goodminds

Dapatkan artikel olahraga lainnya dengan mengeklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer