Sukses


Daftar Istilah di Olahraga Biliar yang Perlu Dipahami, Terutama bagi Pemula

Bola.com, Jakarta - Bola sodok atau lebih dikenal biliar merupakan olahraga yang tergolong "highclass", terutama di kalangan anak muda.

Istilah biliar diambil dari kata "billart", yang memiliki makna tongkat kayu, atau "bille" yang memiliki makna bola.

Secara umum, biliar dimainkan di atas meja menggunakan peralatan bantu khusus berupa stik biliar, kiu (cue), dan bola biliar, serta miliki peraturan tersendiri.

Sedangkan, cara bermain biliar dilakukan dengan mendorong (menyodok) bola-bola kecil yang telah diberi nomor supaya bisa masuk ke lubang-lubang yang ada di sisi meja.

Biliar termasuk olahraga yang memerlukan konsentrasi fokus. Maka itu, diperlukan ketahanan dan pemahaman mental yang benar, serta kemampuan fisik yang prima.

Dalam olahraga biliar terdapat beberapa istilah-istilah yang harus diketahui.

Berikut ini daftar istilah di olahraga biliar yang perlu dipahami terutama bagi kalangan pemula, dikutip dari laman Mingseli dan Beritabilliard, Kamis (21/7/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Istilah di Olahraga Biliar

1. Ball in hand: Istilah untuk pemain yang memperoleh kesempatan untuk melakukan sodokan bebas yaitu meletakkan cue ball dalam posisi tertentu. Ball in hand berlaku apabila pemain lawan melakukan kesalahan atau foul.

2. Back spin: Istilah untuk cue ball yang putarannya berbalik arah karena sodokan stik biliar mengenai daerah bagian bawah cue ball. Back spin akan membuat cue ball kembali ke area semula, setelah bersinggungan dengan pool ball.

3. Cue: Merupakan stik yang berfungsi untuk alat penyodok bola dalam permainan biliar. Stik terbuat dari kayu atau serat komposit dengan motif corak dan bentuk beragam.

4. Cue ball: Istilah untuk bola biliar yang digunakan sebagai bola utama atau bola yang berfungsi sebagai media penghubung antara stik biliar dengan object ball atau bola target.

5. Chalk: Pelengkapan yang digunakan untuk melapisi bagian atas dari stik biliar agar tidak terjadi slip pada persinggungan antara tip dengan cue ball.

6. Draw shot: Merupakan teknik sodokan stik biliar pada cue ball yang mengakibatkan efek back spin.

3 dari 5 halaman

Daftar Istilah di Olahraga Biliar

7. English shot: Merupakan teknik sodokan stik biliar pada cue ball yang mengakibatkan efek spin samping atau memutar pada cue ball dan bola target. Dilakukan dengan cara menyodok bagian sisi kiri atau kanan cue ball, istilah lain di Indonesia yaitu efek.

8. Follow through shot: Merupakan teknik sodokan dengan memakai ayunan dorong pada titik atas dari cue ball. Sodokan tersebut akan menghasilkan putaran atas atau forward spin, dan mengakibatkan efek cue ball akan terus bergulir maju sesudah mengenai pool ball.

9. Missed cue: Merupakan istilah untuk stik biliar yang terpeleset ketika melakukan sodokan terhadap cue ball.

10. Object ball atau pool ball: Istilah untuk bola biliar yang menjadi target singgungan dari cue ball untuk diarahkan ke posisi tertentu ataupun dimasukan ke pocket.

11. Pocket: Merupakan istilah untuk kantung pada meja biliar yang fungsinya sebagai tempat masuknya bola biliar. Pocket pada meja biliar terdiri dari enam buah (tiga buah pada tiap sisinya).

12. Scratch: Istilah untuk cue ball yang masuk ke pocket ataupun keluar dari meja. Scratch dapat dikatakan sebagai kesalahan atau foul dalam permainan biliar.

4 dari 5 halaman

Daftar Istilah di Olahraga Biliar

13. Safety shot: Merupakan trik yang bertujuan untuk bertahan, dilakukan dengan cara menempatkan pool ball pemain lawan pada posisi tertentu supaya pemain lawan tidak mempunyai celah atau kesempatan posisi bola yang terbuka.

14. Combination shot: Pukulan yang dilakukan apabila pemain berniat memasukkan bola dengan menggunakan bola lainnya sehingga pukulan tidak langsung ke arah bola yang dituju di masukkan ke lubang.

15. Lagging atau banking: Metode untuk menentukan siapa yang melakukan break di awal permainan, di mana kedua pemain melakukan satu pukulan lurus langsung ke bola tanpa sasaran, ke arah ban/cushion bagian atas meja dan bola yang dipukul harus kembali menyentuh atau mendekati cushion bawah meja. Pemain yang bolanya lebih dekat dengan cushion bawah saat sudah berhenti, berhak melakukan break terlebih dahulu.

16. Bank shot: Pukulan dilakukan tidak secara langsung, menggunakan ban atau cushion terlebih dahulu, baik untuk cue ball maupun bola sasaran.

17. Spin shoot atau spin stroke: Pukulan dalam teknik bermain biliar ini dilakukan dengan cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih. Efek yang ditimbulkan dari jenis pukulan ini adalah laju bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran atau pun memantul ke tepi meja.

18. Jump shot: Pukulan dalam biliar yang merupakan teknik untuk membuat bola putih melompat untuk menghindari bola yang menghalangi jalur cue ball dengan bola sasaran.

5 dari 5 halaman

Daftar Istilah di Olahraga Biliar

19. Inning: Giliran seorang pemain melakukan pukulan.

20. Call shot: Apabila pemain harus menyebutkan bola sasaran yang dituju dan lubang yang dituju untuk memasukkan bola.

21. Snook: Istilah ini populer dikalangan pebiliar indonesia apabila bola sasaran terhadang bola lain sehingga tidak bisa dipukul langsung.

22. Head string: Garis imajiner yang menghubungkan diamond atau titik-titik yang berseberangan pada bagian tepi meja biliar pool 7,8 atau 9 feet.

23. Time out: Waktu istirahat saat pertandingan berlangsung, biasanya pada skor tertentu, pemain diperkenankan untuk berhenti dan beristirahat selama beberapa menit sesuai ketentuan panitia atau tournament director.

24. Golden break: Istilah dalam permainan bola 9, apabila pada saat break, bola 9 langsung masuk ke lubang dan memberikan poin kemenangan kepada si pemain yang melakukan pukulan break, biasa juga disebut Ace break.

25. Grip: Genggaman tangan saat menyodok.

 

Sumber: Mingseli, Beritabilliard

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer