Sukses


Cara Mengatasi Susah Tidur Lagi setelah Bangun di Tengah Malam

Bola.com, Jakarta - Tidur malam adalah aktivitas penting agar tubuh memiliki istirahat yang cukup. Tidur merupakan kebutuhan alamiah manusia karena baik untuk kesehatan tubuh, termasuk otak. Apabila seseorang mengalami insomnia, performa bisa menurun dan rentan terkena penyakit.

Itulah mengapa, tidur menjadi penting. Banyak pula orang mengonsumsi obat tidur berbahan kimia demi memiliki kualitas tidur yang baik. Akan tetapi, cara tersebut cukup berbahaya dan dapat memberikan efek samping atau berdampak buruk terhadap kesehatan.

Selain itu, tidak sedikit orang yang mengalami gangguan tidur, seperti terbangun di malam hari.

Untuk bisa tertidur lagi, bukan perkara mudah. Perlu cara khusus agar kamu bisa kembali tertidur dengan nyenyak.

Berikut cara mengatasi susah tidur lagi setelah terbangun di tengah malam, disadur dari Klikdokter, Kamis (1/12/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur Lagi setelah Bangun di Tengah Malam

Cari tahu penyebab Anda terbangun di malam hari

Mencari tahu penyebabnya adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Apabila sering terbangun akibat buang air kecil, hindari minum air putih satu sampai dua jam sebelum kamu hendak tidur.

Penyebab lain yang mungkin membuatmu jadi sering terbangun adalah masalah sleep apnea, kondisi yang ditandai dengan adanya penyumbatan pada saluran pernapasan bagian atas ketika tidur. Dalam waktu tertentu, penyumbatan ini dapat membangunkanmu dari tidur.

Jika sleep apnea adalah kondisi yang buat kamu jadi sering terbangun di tengah malam, solusinya adalah dengan pergi ke dokter untuk mendapatkan obat dan terapi yang tepat.

Atur suasana ruangan

Memiliki kamar dengan suasana yang nyaman merupakan kunci lain agar kamu bisa tidur dengan nyenyak. Bahkan, ketika kamu terbangun di malam hari, melihat dan merasakan suasana kamar yang nyaman bisa membuatmu kembali tertidur dengan sekejap.

Jadi, penting untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk (tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas). Lakukan hal ini setiap hari.

Selain itu, saat ingin tidur, sebaiknya pencahayaan di dalam kamar juga diatur menjadi lebih gelap atau remang. Jadi tidak ada pantulan cahaya yang dapat mengganggu tidurmu.

Jika kamu memiliki rasa takut pada gelap, kamu bisa memasang lampu meja atau lampu hias sebagai sumber pencahayaan. Jadi kamu akan mendapatkan pencahayaan yang remang.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur Lagi setelah Bangun di Tengah Malam

Atur Pola Tidur

Segala sesuatu yang dilakukan secara konsisten, pasti akan menjadi kebiasaan. Hal ini juga berlaku untuk waktu tidur. Misalnya, jika kamu sering terbangun di malam hari, coba usahakan jangan tidur pada siang hari atau tidur terlalu cepat pada malam hari. K

alau kamu melakukan kebiasaan ini terus-menerus, terbangun di malam hari pun bisa dihindari.

Hindari Kafein

Selain menghindari minum air putih sejam sampai dua jam sebelum tidur, kamu juga sebaiknya tidak minum minuman yang mengandung kafein tinggi sebelum tidur.

Selain membuatmu jadi bolak-balik ke kamar mandi, minum kafein di malam hari juga bisa meningkatkan sistem kerja jantung. Akibatnya jantung jadi berdetak dan bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Tak heran kamu jadi terbangun bahkan sampai tidak bisa tidur lagi sampai pagi.

Jauhi Ponsel Pintarmu

Ketika terbangun di tengah malam, ponsel pintar mungkin menjadi satu di antara barang yang kamu cari. Lalu, ketika memainkan ponsel, pikiran kamu jadi teralihkan dan membuat mata jadi makin terasa segar.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 29/10/2019)

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer