Sukses


Macam-Macam Bentuk Latihan Basket secara Mandiri di Rumah

Bola.com, Jakarta - Basket merupakan satu di antara olahraga paling populer di dunia. Penggemar olaharaga basket berasal dari berbagai kalangan dan tingkatan usia.

Tak sedikit orang yang menganggap basket sebagai olahraga yang menyenangkan, kompetitif, mendidik, menghibur, dan menyehatkan.

Praktiknya, basket dimainkan secara beregu oleh dua tim, dengan masing-masing regu bertanding terdiri lima pemain. Basket bisa dimainkan di lapangan terbuka (outdoor) atau ruang tertutup (indoor).

Agar makin mahir dalam bermain bola basket, memerlukan latihan-latihan tertentu. Latihan-latihan yang dilakukan harus dapat meningkatkan stamina serta mengasah teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket.

Meski umumnya latihan basket lebih efektif apabila dilakukan bersama pelatih dan teman, kamu juga bisa berlatih basket secara mandiri di rumah. Latihan mandiri juga berguna agar kita mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Ada beberapa bentuk latihan basket yang bisa diterapkan secara mandiri di rumah. Bagaimana bentuk latihannya?

Berikut ini beberapa bentuk latihan basket secara mandiri di rumah, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Selasa (20/12/2022)

2 dari 4 halaman

Bentuk Latihan Basket secara Mandiri di Rumah

Latihan Daya Tahan

Daya tahan atau endurance adalah satu di antara hal yang harus diperhatikan dalam permainan olahraga bola basket.

Agar daya tahan tubuh bisa bagus, kamu dapat mencoba beberapa latihan, misalnya seperti joging di sekitar rumah, bersepeda, ataupun berenang.

Latihan Kekuatan

Kekuatan atau strength juga perlu diasah secara mandiri karena permainan bola basket memerlukan kontak badan.

Latihannya bisa dibagi menjadi dua, yakni latihan upper body (tubuh bagian atas) dan lower body (tubuh bagian bawah).

Untuk upper body, jenis latihan yang bisa dilakukan adalah push up, dipping, plank, dan juga back up. Tubuh bagian bawah dapat dilatih dengan gerakan squat, calf raises, wall sit, serta lunges.

Latihan Kecepatan

Kecepatan penting dalam olahraga bola basket karena permainan ini membutuhkan kecepatan dan mengubah arah dengan cepat.

Kamu bisa mengasah kecepatan dengan melakukan speed run, lari cepat dalam beberapa meter (10-20 meter).

Latihan lainnya seperti slide speed, bisa dilakukan dengan cara ke samping beberapa meter atau slide mundur kanan dua kali, kiri dua kali.

3 dari 4 halaman

Bentuk Latihan Basket secara Mandiri di Rumah

Latihan Power

Selain kecepatan, power atau daya ledak otot juga penting karena rebound, speed dribble, dan jump shoot membutuhkan power.

Latihan yang dapat dilakukan misalnya seperti jumping jack, skipping, jump, dan juga tuck jump.

Latihan Teknik Dasar

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah berlatih teknik dasar. Beberapa teknik dasar yang perlu dilatih adalah latihan dribble, passing, dan shooting.

Untuk dribble, kamu bisa berlatih lower dribble, high dribble, dan crossover dribble di tempat. Sedangkan untuk passing dan shooting, kamu dapat memanfaatkan tembok rumah untuk memantulkan tembakan bola.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bermain Basket

  • Sebagai wadah mengembangkan hobi dan bakat siswa dalam olahraga, khususnya bola basket.
  • Wadah hal positif karena dalam permainan bola basket dibutuhkan disiplin, kerja sama, kerja keras, pantang menyerah, berani ambil keputusan, dan respek terhadap semua komponen yang ada di lapangan.
  • Dengan mengikuti kegiatan bola basket seseorang dapat bersosialisasi dan memperluas pergaulan sehingga mendapatkan banyak teman.
  • Satu di antara usaha menjaga kekebalan/imun tubuh. Dengan berolahraga, khususnya bola basket, kita dapat menjaga kesehatan dan menjaga imun tubuh. Kita harus tetap rutin berolahraga agar badan sehat dan pikiran sehat. 

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar basket lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer