Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Kekurangan Gizi Bagi Tubuh yang Harus Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Gizi adalah hal yang berperan penting untuk menjaga fungsi tubuh. Tubuh membutuhkan beragam gizi, dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan lainnya agar mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Jika setiap gizi tidak terpenuhi dengan cukup, kemungkinan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan atau mengalami malnutrisi.

Terjadinya kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, dari pola makan yang tidak sehat, kurangnya akses untuk mendapatkan pasokan pangan, diet ekstrim, hingga gangguan atau penyakit pada saluran pencernaan.

Kekurangan gizi bukan hal yang dapat dianggap sepele. Pasalnya, kekurangan gizi bisa menyerang siapa pun itu, baik anak-anak, maupun orang dewasa.

Lantas apa saja dampak buruk dari kekurangan gizi yang ditimbulkan bagi tubuh?

Berikut ini macam-macam dampak buruk kekurangan gizi bagi tubuh yang harus diwaspadai, dilansir dari Medicalnewstoday dan Everydayhealth, Rabu (25/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kekurangan Gizi Bagi Tubuh

1. Marasmus

Marasmus merupakan jenis gizi buruk yang disebabkan oleh kekurangan energi atau kalori, protein, serta nutrisi lain, termasuk karbohidrat dan lemak.

Orang yang menderita marasmus umumnya akan tampak sangat kurus, nyaris tidak ada jaringan otot dan lemak, kulit kering dan rambut rapuh, diare kronis, serta sulit konsentrasi dan mudah emosi.

2. Sulit untuk Berkonsentrasi

Tidak hanya itu saja, seseorang yang kekurangan gizi akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Adapun kesulitan dalam konsentrasi tersebut biasanya juga disebabkan karena masalah kesehatan seperti mengalami anemia.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kekurangan Gizi Bagi Tubuh

3. Kulit Pucat

Kulit pucat ternyata terjadi bukan hanya ketika sakit, tetapi juga saat seseorang mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Biasanya bagian tubuh yang paling terlihat ketika seseorang mengalami malnutrisi adalah warna bibir yang menjadi pucat.

4. Penurunan Berat Badan

Tanda tubuh kekurangan gizi yang keempat adalah penurunan berat badan. Penurunan berat badan tersebut dapat terjadi karena menurunkan jumlah asupan makanan maupun nutrisi.

Perlu diingat juga apabila penurunan berat badan belum tentu karena malnutrisi, tetapi juga bisa disebabkan karena adanya penyakit tertentu.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kekurangan Gizi Bagi Tubuh

5. Mudah Lelah

Tubuh yang kekurangan gizi bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. Hal ini karena tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk dapat mencegahnya, ada baiknya mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan kaya akan gizi.

6. Anemia

Dampak kekurangan gizi berikutnya ialah dapat menimbulkan penyakit anemia. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Zat besi umumnya digunakan untuk memproduksi sel darah merah dan membawa oksigen dalam darah menuju seluruh tubuh.

Jika jumlah sel darah merah sedikit, organ dan jaringan pada tubuh mengalami kekurangan oksigen yang menyebabkan fungsinya dapat terganggu.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Kekurangan Gizi Bagi Tubuh

7. Rambut yang Kering dan Rontok

Ketika seseorang sedang mengalami kekurangan gizi, biasanya akan menyebabkan rambut menjadi lebih cokelat dibandingkan dengan biasanya. Selain itu, rambut juga akan lebih kering dan rontok.

8. Penyakit Kwashiorkor

Kwashiorkor merupakan satu di antara penyakit yang ditandai dengan beberapa gejala, seperti sering merasa kelelahan, hilangnya massa otot, pembengkakan di bawah kulit hingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh rusak. Hal bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan protein.

 

Sumber: Medicalnewstoday, Everydayhealth

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer