Sukses


Pengertian Vokal Grup, Ciri-Ciri, Bentuk, Peran, dan Contohnya di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Vokal grup adalah kelompok penyanyi yang menyanyikan lagu secara bersama-sama, baik dengan satu suara, dua suara atau lebih.

Penampilan vokal grup memerlukan kerja sama baik sehingga penampilan dapat dilakukan secara maksimal. Dalam vokal grup tersebut bisa terdiri dari laki-laki dan perempuan, semua perempuan atau semua laki-laki.

Para penyanyi tersebut akan menyanyikan lagu dengan ketinggian suara yang berbeda. Ada yang sopran, alto, bass, maupun tenor.

Pembagian suara merupakan hal yang penting dalam vokal grup. Hal itu berkaitan dengan dengan komposisi penyanyi yang ada dalam sebuah grup yang akan dibentuk.

Menyanyikan lagu dengan cara vokal grup tak hanya dituntut kompak, tetapi juga kreatif dalam memberikan variasi vokal. Hal itu agar lebih menambah indah lagu yang dinyanyikannya.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu vokal grup. Untuk lebih jelasnya, perlu mengetahui ciri-ciri vokal grup, bentuk, hingga contohnya di Indonesia.

Berikut ini ciri-ciri vokal grup, bentuk, dan contohnya di Indonesia, dilansir dari Modul Seni Budaya Musik Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX terbitan Kemdikbud, Selasa (9/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ciri–Ciri Vokal Grup

Ada beberapa ciri vokal grup. Ciri-ciri tersebut antara lain sebagai berikut:

a. Jumlah anggotanya lebih sedikit dari paduan suara, yaitu 3-8 orang. Sedangkan paduan suara jauh lebih banyak daripada vokal grup (biasanya lebih dari 20 orang).

b. Pembagian suara vokalnya dibagi menjadi suara alto, mezzo-sopran, sopran, tenor, baritone, dan bass sesuai kemampuan dan kecocokan suara masing–masing.

c. Tidak ada dirigen, hal ini berarti tidak ada seorang pemimpin.

d. Memiliki aransemen lagu yang lebih bebas dan tidak terikat oleh aturan.

e. Dapat diiringi musik atau tidak.

f. Menggunakan improvisasi yang dominan.

g. Menampilkan gerakan-gerakan yang menunjang makna lagu.

3 dari 6 halaman

Bentuk-Bentuk Vokal Grup

1. Duet

Duet adalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh dua orang penyanyi dengan menggunakan melodi suara yang berbeda dengan diiringi alat musik.

Kelompok vocal duet bisa terdiri dari laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan atau laki-laki dengan perempuan. Pasangan tersebut tentu tergantung kecocokan antara keduanya.

2. Trio

Trio adalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh tiga orang penyanyi, dengan menggunakan melodi suara yang berbeda antara satu dengan yang lainnya dan diiringi alat musik.

Sama halnya kelompok vocal duet, anggota grup trio bisa terdiri dari wanita semua, pria semua, atau campuran antara pria dan wanita.

3. Kwartet

Kwartet adalah jenis penyajian musik vokal yang dibawakan oleh empat orang penyanyi dengan menggunakan melodi suara yang berbeda dengan diiringi alat musik.

4. Vokal Grup

Vokal grup dalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh minimal tiga orang dengan menggunakan lebih dari satu suara dengan diiringi oleh alat musik, tetapi tanpa menggunakan dirigen.

5. Paduan Suara

Paduan suara merupakan penyajian musik vokal yang dibawakan oleh 15 orang penyanyi atau lebih dengan menggunakan suara dengan wilayah nada yang berbeda (Ambitus suara).

6. Akapella

Akapella adalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan tanpa menggunakan iringan alat musik. Personelnya bisa terdiri dari wanita semua, pria semua, atau campuran antara wanita dengan pria.

4 dari 6 halaman

Perbedaan Vokal Grup dan Paduan Suara

Sering kita tidak mengetahui perbedaan vocal grup dan paduan suara, perbedaannya adalah:

1. Jumlah anggota

Vokal grup mempunyai anggota yang lebih sedikit dari paduan suara, yaitu kurang lebih 5-10 orang dengan 1-2 pemusik, sedangkan paduan suara jauh lebih banyak (bisa lebih dari 20 orang).

2. Pembagian suaranya

Di vokal grup suara dibagi menjadi suara alto, mezzo-sopran, sopran, tenor, baritone, dan bass sesuai kemampuan dan kecocokan suara masing-masing.

Sementara, di paduan suara, suaranya dibagi menjadi empat suara berdasarkan frekuensi suara penyanyi yaitu sopran, alto, tenor, dan bass atau dengan satu suara saja (unisono).

3. Pada paduan suara dipimpin oleh seorang dirigen yang sekaligus sebagai pelatih, sedangkan pada vokal grup tidak ada dirigen.

4. Dari segi aransemen lagu

Vokal grup aransemennya lebih bebas. Dari segi alat musik pengiring vocal grup tidak hanya memakai alat musik akustik saja, tetapi juga boleh menggunakan alat musik elektrik.

Kalau paduan suara biasanya menggunakan iringan piano. Namun, seiring perkembangan zaman, alat musik pengiring paduan suara sudah mulai bebas.

Pada paduan suara terkadang tidak diiringi dengan alat musik, yang disebut sebagai accappela, ada yang diiringi satu atau beberapa alat musik, dan ada pula yang diiringi satu orkestra penuh.

5 dari 6 halaman

Peran-Peran dalam Vokal Group

1. Lead Vocalist

Lead vokal adalah bagian yang mengharuskan penyanyi menyanyikan lagu dengan nada yang paling tinggi dan powerful dari yang lainnya pada nada-nada tertentu.

2. Main Vocalist

Main vokal adalah bagian vokal dengan nada suara yang sedang, hal ini berarti tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah (biasanya main vocal grup sering mendapat jatah menyanyikan lagu paling banyak).

3. Sub Vocalist

Sub vokal adalah bagian vokal yang setingkat lebih rendah dari main vokal (sub vokal biasanya mendapat bagian lagu yang paling sedikit), sub vocal terkadang juga menjadi sub rapper.

4. Vokalist

Vokalis adalah bagian vokal yang hampir sama dengan sub vokal, hanya saja biasanya sub vokal merangkap menjadi sub rapper, tapi kalau vocalist biasanya menjadi back sound ketika lead vokal bernyanyi.

5. Lead Rapper

Lead rapper adalah bagian rapper yang sering menyanyikan lagu rapper dalam vokal group, biasanya lead rapper menyanyikan lagu dengan suara yang hampir sama, yaitu suara yang terdengar lebih lembut dari main rapper atau sub rapper.

6 dari 6 halaman

Contoh Vokal Grup Indonesia

1. JKT 48

JKT48 adalah vokal grup perempuan idola anak muda asal Indonesia. JKT 48 Dibentuk pada 2011. JKT48 terdiri dari 48 orang anggota tim semuanya perempuan.

2. Trio Libels

Trio Libels adalah kelompok vokal yang dahulu digawangi oleh Ronny Sianturi, Edwin Manansang, dan Yanni Airlangga. Armand Maulana juga pernah bergabung dengan Trio Libels, ketika Edwin berhalangan.

Kelompok vokal ini mulai dikenal luas pada dekade tahun 1980an. Nama Libels berasal dari nama sekolah dari anggota Trio Libels, yaitu SMA Negeri 15 Jakarta yang disingkat menjadi Libels.

3. CJR (Coboy Junior)

CJR (sebelumnya ditulis atau bernama Coboy Junior) adalah sebuah grup musik asal Indonesia yang dibentuk pada 23 Juli 2011 oleh Patrick Effendy.

Grup musik ini beranggotakan tiga orang yaitu Aldi, Kiki dan Iqbaal (dahulunya empat orang, Bastian Bintang Simbolon keluar pada 2014).

4. Trio Macan

Trio Macan adalah grup vokal dangdut asal Jombang Jawa Timur yang terdiri dari Lia Ladysta, Iva Novanda, Nita Viola, Dian Aditya, Lia Amelia, Chacha Sherly, dan Dara Rafika.

5. Warna

Warna adalah kelompok vocal yang beranggotakan lima orang yaitu terdiri dari dua orang pria dan tiga orang wanita. Grup vokal ini sempat meledak berkat lagunya yang berjudul '50 tahun lagi' yang diciptakan oleh Dewiq.

Dengan formasi personil sebanyak lima orang penyanyi, grup vokal Warna menjadi pusat perhatian. Vokal grup ini dibentuk oleh Tamam Husein, alias ayah dari Nina Tamam.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer