Sukses


Dampingi 3 Pelatih Spanyol, Bima Sakti Gunakan Ilmu dari Italia

Bola.com, Jakarta - Luis Milla secara resmi mengumumkan asisten yang akan mendampinginnya saat menjalankan tugas sebagai pelatih Timnas Indonesia level U-22 dan senior. Dua asisten pelatih berasal dari Spanyol, sementara seorang lagi asal Indonesia.

Bima Sakti, jadi satu-satunya pelatih lokal yang akan mendampingi Milla. Ia akan berkolaborasi dengan dengan Eduardo Perez (pelatih kiper) dan Miguel Gandia (pelatih fisik).

Tidak mudah bagi mereka untuk bisa bekerja sama dengan dua dari tiga pelatih asal Negeri Matador yang biasa berkomunikasi dengan bahasa negaranya. Apalagi, ketiga pelatih tersebut tidak terlalu lancar berbahasa Inggris.

PSSI telah menyiapkan penerjemah untuk membantu Bima serta para pemain nantinya. "Bahasa akan menjadi persoalan di awal kami menjalankan tugas bersama, tapi saya percaya hal itu akan bisa diatasi. Kami akan menggunakan banyak bahasa sepak bola yang bersifat universal," ujar Luis Milla pada Kamis (9/2/2017) di Kantor PSSI, Jakarta.

Bima Sakti bersiap menghadapi tantangan kendala bahasa di antara staf pelatih Tim Merah-Putih. "Bahasa Spanyol hampir mirip dengan Italia. Saat jadi pemain dan mengikuti program Timnas Primavera saya cukup fasih berbahasa Italia. Mungkin awal saya akan banyak berkomunikasi dengan Coach Eduardo, yang bisa berbahasa Inggris," ungkap Bima Sakti.

"Suatu kebanggaan bagi saya bisa bekerja sama dengan pelatih-pelatih yang sarat berpengalaman di Spanyol. Prinsip kami melakukan pembinaan pemain sama, semoga kerja sama bisa berjalan mulus," tambahnya.

Tim pelatih Timnas Indonesia mulai bekerja pada 11 Februari dengan melakukan pengamatan di Piala Presiden 2017. Setelah itu akan digelar seleksi untuk pemain Timnas U-22 pada 22-24 Februari.

Video Populer

Foto Populer