Sukses


Barcelona dan Lionel Messi Jadi Tolok Ukur Sepak Bola Modern

Bola.com, Barcelona - Mantan gelandang Barcelona, Gheorghe Hagi menilai Lionel Messi adalah sosok yang beruntung karena bermain bersama El Barca. Menurut dia, Barcelona merupakan klub yang tepat bagi Lionel Messi mengembangkan kariernya hingga saat ini.

"Messi memiliki tim yang mendukung permainan di belakangnya. Saya rasa itu sebuah keuntungan (bagi Messi) berada dalam sebuah tim dengan para pemain yang memiliki skill diatas rata-rata," kata Hagi kepada Omnisport.

"Barcelona telah mengubah sepak bola menjadi pragmatis dan sederhana. Saya rasa mereka mampu menciptakan sesuatu yang sebenarnya sederhana menjadi hal yang rumit (dilakukan) karena menggabungkan banyak teknik di dalam," ia melanjutkan. 

Lionel Messi memperkuat skuat utama Blaugrana sejak musim 2004-2005. Sejak ditangani Frank Rijkaard, Barcelona tampil dengan skema 4-3-3 yang mengedepankan penguasaan bola dan sepak bola menyerang

Dengan strategi tersebut, karier Messi terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Meski telah beberapa kali berganti pelatih, pemain asal Argentina itu selalu menjadi pemain andalan bagi Los Cules.

La Pulga tampil sebanyak 553 kali dan total telah mencetak 479 gol. Messi mampu mengantarkan Barcelona meraih total 29 trofi. Di antara raihan trofi tersebut terdapat empat trofi Liga Champions dan delapan gelar La Liga Spanyol.

"Yang terpenting adalah gabungan antara pikiran, bakat dan keterampilan para pemain. Karena Anda harus memilih pemain berbakat," tambah pria yang pernah memperkuat Barcelona musim 1994 - 1996 tersebut.

Atas raihan yang dicapai Barcelona banyak klub yang mengadopsi gaya bermain Barcelona. Salah satunya, Manchester City yang saat ini dilatih mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola.

Sumber: Soccerway

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

Video Populer

Foto Populer