Piala Menpora: Aji Santoso Tetap Memuji Pemain Muda Persebaya Setelah Kalah dari PSS

oleh Aditya Wany diperbarui 07 Apr 2021, 20:58 WIB
Bek PS Sleman, Samsul Arifin (kanan) berebut bola dengan striker Persebaya Surabaya, Moch Supriadi dalam laga Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (7/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Bandung - Persebaya Surabaya gagal mengakhiri kiprah di Grup C Piala Menpora 2021 dengan kemenangan. Tim Bajul Ijo kalah 0-1 dari PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (7/4/2021) malam.

Gol tunggal dalam pertandingan ini dicetak oleh Irfan Bachdim setelah tampil sebagai algojo penalti di menit ke-47.

Advertisement

Hasil ini tetap membuat Persebaya lolos ke perempat final, meski berstatus runner-up dengan tujuh poin. PSS Sleman keluar sebagai juara Grup C, yang juga mengoleksi tujuh poin, namun unggul head-to-head berkat kemenangan atas Persebaya ini.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, tidak merasa kecewa. Sebab, dia menurunkan pemain muda yang bahkan baru mendapat kesempatan tampil di Piala Menpora, seperti Ernando Sutaryadi, Marselino Ferdinan, dan Dicky Kurniawan.

“Pertandingan ini berjalan menarik. Mulai dari awal, saya memberi kesempatan kepada pemain muda seperti Marsel, Nando, dan Dicky. Ada beberapa pemain lain juga yang menurut saya mereka sudah maksimal. Saya puas dengan cara main mereka, meski hasilnya kalah 0-1,” kata Aji Santoso setelah pertandingan.

“Penampilan pemain muda cukup menggembirakan saya. Mereka tidak gugup meski baru main di lapangan menghadapi lawan yang punya pemain asing. Saya puas melihat mereka, punya prospek bagus buat ke depan,” imbuhnya.

Status runner-up membuat Persebaya Surabaya bakal berjumpa dengan Persib Bandung di perempat final. Laga ini dijadwalkan bakal digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 11 April 2021.

Video

2 dari 2 halaman

Rotasi Besar-besaran

Striker PS Sleman, Velez Nicolas Leandro (tengah) menguasai bola saat melawan Persebaya Surabaya dalam laga Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (7/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Aji Santoso memang memutuskan rotasi besar-besaran demi memberi kesempatan kepada pemain yang belum sempat merasakan pertandingan di tiga laga sebelumnya. Keputusan ini diambil mengingat timnya sudah memastikan lolos sejak setelah laga ketiga.

Secara permainan, Persebaya Surabaya sebenarnya tidak menunjukkan performa seperti biasanya. Maklum, motor permainan macam Hambali Tholib, Rachmat Irianto, atau Satria Tama diistirahatkan untuk pertandingan perempat final.

Marselino yang mendapat kesempatan tampil sejak menit pertama merasa timnya sudah maksimal untuk memenangkan pertandingan ini.

“Anak-anak sudah tampil terbaik, menurut saya, sudah maksimal dan layaknya main ngeyel dari Persebaya. Kami mungkin kurang faktor keberuntungan saja,” ucap mantan bintang Timnas Indonesia U-16 itu.

Berita Terkait