Anak Muda di Piala Dunia 2022 Qatar : Ada Wakil Juventus dan Liverpool, Nihil Pemain MU

oleh Choki Sihotang diperbarui 08 Agu 2022, 20:46 WIB
Lautaro Martinez. Pada putaran final Piala Dunia 2022, Grup C dihuni oleh oleh Argentina, Arab Saudi, Meksiko dan Polandia. Striker Argentina berusia 24 tahun, Lautaro Martinez menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi dari seluruh pemain di Grup C dengan nilai 75 juta Euro atau setara Rp1,1 triliun, mengalahkan rekannya Lionel Messi yang hanya memiliki nilai pasar senilai 50 juta euro. Bersama Timnas Argentina ia telah mengoleksi 38 caps dengan torehan 20 gol dan 6 assist sejak melakukan debut pada 27 Maret 2018. (AFP/Pool/Javier Torres)

Bola.com, Jakarta - Panggung Piala Dunia 2022 akan menjadi satu di antara sarana bagi para pemain muda unjuk kebolehan. Mereka akan bahu-membahu dengan 'abang-abang' di timnas masing-masing agar bisa berprestasi, minimal punya performa bagus secara individu.

Sahabat Bola.com harus menunggu setidaknya hingga 2026 untuk melihat Erling Haaland, Alexander Isak, dan Victor Osimhen di platform olahraga termegah dunia kali pertama. Namun, Anda akan segera menyaksikan beberapa penyerang elit lainnya melakukan debut di Piala Dunia 2022 Qatar. Siapa saja?

Advertisement

 

2 dari 8 halaman

Jonathan David

Jonathan David merupakan salah satu pemain muda paling menjanjikan yang ditandatangani oleh Lille pada tahun 2020. Kontribusinya di Les Dogues sangat penting, salah satunya saat mereka berhasil memenangkan gelar Ligue 1 2020/2021. Musim ini, David telah mencetak 17 gol dari 46 penampilannya di semua kompetisi. (AFP/Denis Charlet)

22 tahun

32 caps | 21 gol

Idola: Didier Drogba, Samuel Eto'o, Thierry Henry, Ronaldinho

Lawan Grup F Kanada: Belgia, Kroasia, Maroko

Dia mengaku sudah tak sabar beraksi di Qatar. "Saya tidak sabar menunggu Piala Dunia," katanya. “Aku sudah menginginkannya", imbuhnya

David tampil menawan saat Lille mencatatkan kemenangan Ligue 1 2020/21. Dia melanjutkannya dengan musim bagus lainnya untuk Les Dogues. Dia juga berperan besar dalam delapan pertandingan di Concacaf sehingga Kanada mencapai Piala Dunia pertama dalam 36 tahun.

 

3 dari 8 halaman

Tahukah Kamu

David lahir di Brooklyn, New York City, AS, tetapi pindah ke Port-au-Prince, Haiti saat berusia tiga bulan dan kemudian ke Ottawa, Kanada, saat berusia enam tahun.

 

 

4 dari 8 halaman

Lautaro Martinez

Inter Milan sukses melumat AC Milan pada laga bertajuk derbi della Madonnina pada Minggu (21/2/2021). (AFP/Marco Bertorello)

24 tahun

32 caps | 20 gol

Idola: Falcao

Lawan Grup C Argentina: Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Pemain yang dijuluki 'El Toro' ini masuk skuad awal Jorge Sampaoli di Piala Dunia 2018. Tapi, dia tidak berangkat ke Rusia karena Sergio Aguero, Paulo Dybala, dan Gonzalo Higuain dibawa untuk menemani Lionel Messi.

Di Qatar, dia akan jadi mitra Messi di lini depan. Sembilan gol dalam 13 pertandingan, Martinez telah membantu La Albiceleste memenangkan Copa America untuk kali pertama dalam 28 tahun, melaju ke kualifikasi Qatar 2022, dan menenggelamkan Italia 3-0 di Finalissima.

Tahukah kamu?

Ayah Lautaro, Mario, memiliki karir 21 tahun sebagai pesepakbola, sementara adiknya Jano Martinez adalah point guard untuk tim bola basket Villa Mitre.

 

 

5 dari 8 halaman

Christopher Nkunku

Bek Paris Saint Germain (PSG) Presnel Kimpembe (kiri) dan gelandang RB Leipzig Christopher Nkunku terjatuh saat berebut bola pada matchday keempat fase grup Liga Champions di Sheriff Stadium, Kamis dinihari WIB (4/11/2021). PSG harus puas dengan skor imbang 2-2. (FRANCK FIFE / AFP)

24 tahun

6 caps | 0 gol

Idola: Ronaldinho, Marco Verratti

Lawan Grup D Prancis: Australia, Denmark, Tunisia

Nkunku harus menunggu hingga awal tahun ini untuk panggilan internasional perdananya, tetapi sejak itu dia muncul di setiap pertandingan Prancis.

Mantan pemain Paris Saint-Germain mulai bermain di lini tengah atau melebar, tetapi sekarang dia beroperasi di lini serang untuk Leipzig dengan torehan 33 gol musim lalu. Seberapa kuatkah trisula Kylian Mbappe-Karim Benzema-Nkunku di Piala Dunia 2022?

Tahukah kamu?

Nkunku berada di kelompok usia Clairefontaine yang sama dengan Allan Saint-Maximin dan Marcus Thuram. Mbappe berada di tahun berikutnya.

 

6 dari 8 halaman

Darwin Nunez

Pada menit ke-51 Liverpool memasukkan Darwin Nunez menggantikan Roberto Firmino. Hasilnya, striker anyar asal uruguay itu mampu mencetak gol di laga debutnya bersama Liverpool di Liga Inggris untuk menyamakan skor 1-1 pada menit ke-64 melalui sontekan tumitnya usai menerima umpan datar Mohamed Salah. (AP/Ian Walton)

23 tahun

11 caps | 2 gol

Idola: Edinson Cavani

Lawan Grup H Uruguay: Republik Korea, Portugal, Ghana

Uruguay telah berulang kali berusaha mengulangi pencapaian terbaiknya di Piala Dunia seperti di edisi 1930 dan 1950. Tapi belum kesampaian juga. Mereka telah melahirkan penembak jitu elit seperti Diego Forlan, Luis Suarez, dan Edinson Cavani.

Penembak jitu terbaru adalah Nunez. Dia cepat, kuat, dan punya penyelesaian akhir yang sangat baik. Di Qatar nanti, pemain anyar Liverpool itu akan sangat dinantikan aksinya.

Tahukah kamu?

Nunez hampir berhenti dari sepak bola untuk menafkahi keluarganya yang miskin. Namun, dalam perjalanan selanjutnya, saudaranya, Junior memberi tahu Nunez kalau dia memiliki lebih banyak kesempatan untuk berhasil daripada dia. Dan itu akhirnya terbukti.

 

7 dari 8 halaman

Dusan Vlahovic

Juventus gagal menutup laga terakhir mereka di Liga Italia musim 2021/2022 dengan kemenangan. Dusan Vlahovic dan kolega kalah di kandang Fiorentina dengan skor 0-2 pada Minggu, 22 Mei 2022 dini hari WIB. (AFP/Filippo Monteforte)

22 tahun

14 caps | 7 gol

Idola: Stevan Jovetic, Zlatan Ibrahimovic

Lawan Grup G Serbia: Brasil, Kamerun, Swiss

Kebanyakan anak muda menjauhkan diri dari tekanan jika disandingkan dengan seorang legenda. Vlahovic, sebaliknya, menyambut baik disebut 'The Serbian Ibrahimovic'.

Mantan rekan setimnya Valeri Bojinov mengenang: “Dia adalah anak berusia 16 tahun dan dia memberi tahu saya, 'Saya Zlatan dari Beograd'. Saya akan bermain untuk klub terbesar dan menjadi salah satu striker terbaik dunia.”

Striker Juventus ini telah mencetak 45 gol dalam 73 penampilan selama tiga musim terakhir di Serie A.

 

8 dari 8 halaman

Tahukah Kamu

Ketika ia tumbuh dewasa, Vlahovic bermimpi menjadi pemain bola basket profesional dan dokter.

Vlahovic secara mengejutkan menyerahkan jersey Partizan No9 sebelum dia melakukan debut profesionalnya. Pada tahun 2016, hanya 22 hari setelah ulang tahunnya yang ke-16, dia kehabisan uang untuk klub.

Sumber: FIFA

 

Berita Terkait