Sukses


    8 Pesepak Bola yang Pernah Memenangkan Piala Dunia, Liga Champions dan Ballon d'Or

    Bola.com, Jakarta - Bisa bermain di pentas Piala Dunia merupakan impian semua pesepak bola di penjuru dunia. Atmosfer yang luar biasa di kejuaraan sepak bola paling tinggi di dunia itu menjadi satu di antara sejumlah alasan mengapa banyak pesepak bola yang mendambakan tampil di turnamen bergengsi antarnegara tersebut.

    Selain Piala Dunia, ajang Liga Champions juga banyak diimpikan para pemain bola. Alasannya, hampir semua pesepak bola top dunia pernah merasakan tampil di Liga Champions.

    Bahkan, tak jarang pesepak bola bisa menyandingkan trofi Piala Dunia dan Liga Champions sepanjang berkarier menjadi pemain. Sementara itu, dua gelar tersebut akan makin spesial jika sang pemain bisa meraih penghargaan individu Ballon d'Or.

    Bisa mendapatkan ketiga gelar tersebut selama menjadi pemain tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Lantaran tidak banyak pesepak bola yang bisa memeroleh ketiga trofi tersebut semasa jadi pemain.

    Seperti halnya dua pemain terbaik dunia dalam satu dekade terakhir, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kedua pemain tersebut kompak belum pernah meraih gelar Piala Dunia.

    Padahal, baik Messi dan Ronaldo dianggap sukses saat bermain bersama klub yang dibelanya dengan meraih trofi Liga Champions. Kemudian untuk penghargaan Ballon d'Or, Messi dan Ronaldo masin-masing mendapatkan sebanyak enam dan lima kali.

    Lantas siapa pemain yang pernah meraih ketiga gelar tersebut? Berikut Bola.com merangkumnya dari Give Me Sports, Sabtu (21/3/2020), 8 pesepak bola yang pernah meraih gelar Piala Dunia, Liga Champions, dan Ballon d'Or.

    2 dari 9 halaman

    1. Sir Bobby Charlton

    Sir Bobby Charlton menjadi bagian penting dalam perjalanan Timnas Inggris di Piala Dunia 1966 hingga menjadi juara. Masih pada tahun yang sama, Charlton mampu memenangkan penghargaan Ballon d'Or.

    Dua tahun berselang, Charlton mampu memenangi Liga Champions bersama Manchester United. Dalam partai final, Sir Bobby Charlton mampu mencetak dua gol.

    Piala Dunia: 1966

    Ballon d'Or: 1966

    Liga Champions: 1968

    3 dari 9 halaman

    2. Gerd Muller

    Gerd Muller bisa dibilang merupakan satu di antara pencetak gol terhebat sepanjang masa. Sepanjang karier sebagai pemain, Muller mampu memenangkan Ballon d'Or pada 1970.

    Empat tahun berikutnya, Muller berhasil meraih dua gelar bergengsi, yakni Piala Dunia dan Liga Champions 1974. Raihan trofi Liga Champions Muller berlanjut hingga dua musim selanjutnya.

    Piala Dunia: 1974

    Ballon d'Or: 1970

    Liga Champions: 1974, 1975, 1976

    4 dari 9 halaman

    3. Franz Beckenbauer

    Sebelum juara Piala Dunia dan Liga Champions, Franz Beckenbauer lebih dulu merasakan penghargaan individu, Ballon d'Or pada 1972.

    Dua tahun kemudian, Beckenbauer memengi gelar Piala Dunia dan Liga Champions. Sepanjang berkarier sebagai pemain, Franz Beckenbauer meraih tiga trofi Liga Champions, dua penghargaan Ballon d'Or dan satu Piala Dunia.

    Piala Dunia: 1974

    Ballon d'Or: 1972, 1976

    Liga Champions: 1974, 1975, 1976

    5 dari 9 halaman

    4. Paolo Rossi

    Paolo Rossi mencapai puncak kejayaannya pada 1982. Kala itu, Rossi berhasil mengawinkan trofi Piala Dunia dan Ballon d'Or.

    Kemudian pada 1985, Rossi mampu meraih gelar Liga Champions untuk pertama kalinya.

    Piala Dunia: 1982

    Ballon d'Or: 1982

    Liga Champions: 1985

    6 dari 9 halaman

    5. Zinedine Zidane

    Mungkin banyak yang tak menyangka jika Zinedine Zidane hanya meraih satu trofi Ballon d'Or sepanjang kariernya. Kendati demikian, Zidane tetap dianggap sebagai pesepak bola hebat.

    Pada 1998, Zidane mampu menyandingkan trofi Piala Dunia dan Ballon d'Or. Sementara, gelar Liga Champions baru diraih Zidane pada 2002.

    Piala Dunia: 1998

    Ballon d'Or: 1998

    Liga Champions: 2002

    7 dari 9 halaman

    6. Rivaldo

    Mungkin tak banyak yang menyangka jika pemain asal Brasil, Rivaldo mampu memenangkan Piala Dunia, Liga Champions hingga Ballon d'Or. Seperti halnya Franz Beckenbuer, Rivaldo lebih dulu memenangkan trofi Ballon d'Or pada 1999.

    Tiga tahun kemudian, Rivaldo berhasil mengantarkan Timnas Brasil meraih gelar Piala Dunia 2002. Setelah itu, Rivaldo sukses merengkuh trofi Liga Champions pada 2003.

    Piala Dunia: 2002

    Ballon d'Or: 1999

    Liga Champions: 2003

    8 dari 9 halaman

    7. Ronaldinho

    Saat menjalani karier sebagai pemain, Ronaldinho dikenal sebagai pesepak bola yang piawai memainkan si kulit bundar. Eks pemain Barcelona itu kerap menunjukkan skill menawan saat melewati pemain lawan.

    Selain itu, Ronaldinho juga mengukir banyak prestasi bergengsi seperti Piala Dunia, Liga Champions dan Ballon d'Or. Ketiga trofi tersebut diraih Ronaldinho masing-masing pada 2002, 2005, dan 2006.

    Piala Dunia: 2002

    Ballon d'Or: 2005

    Liga Champions: 2006

    9 dari 9 halaman

    8. Kaka

    Kaka dianggap sebagai pemain paling beruntung saat Timnas Brasil meraih titel juara dunia pada 2002. Alasannya, sepanjang gelaran Piala Dunia di Korea dan Jepang itu Kaka hanya bermain sebanyak 25 menit.

    Lima tahun kemudian, Kaka berhasil meraih Liga Champions dan Ballon d'Or saat berkostum AC Milan.

    Piala Dunia: 2002

    Ballon d'Or: 2007

    Liga Champions: 2007

    Video Populer

    Foto Populer