Sukses


Prediksi PSM Vs Persipura: Darije Kalezic dalam Tekanan Suporter Juku Eja

Bola.com, Makassar - Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, sedang berada dalam tekanan suporter Juku Eja. Hasil minor pada laga tandang membuat tingkat kepercayaan pendukung Juku Eja terhadap mantan juru taktik Roda JC Kerkrade ini menurun drastis.

Apalagi setelah PSM Makassar menelan dua kekalahan beruntun. Masing-masing ditekuk Kalteng Putera 1-3 (10/11/2019) dan Persebaya Surabaya 2-3 (14/11/2019). Alhasil, di media sosial, kalangan suporter ramai-ramai meminta Darije mundur.

Tekanan dari suporter buat Darije ini bakal mewarnai duel PSM kontra Persipura Jayapura pada laga tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Senin (18/11/2019). Kalau seri apalagi kalah, posisi Darije bakal makin digoyang.

Darije memahami situasi sulit yang dialaminya. Tetapi, ia bergeming. Baginya, tekanan seperti itu adalah hal normal dalam sepak bola.

"Sebagai pelatih, saya tentu lebih fokus mempersiapkan tim untuk meraih kemenangan," ujar Darije.

Menghadapi Persipura, PSM dipastikan tak diperkuat sang kapten, Wiljam Plum, yang dipersilakan pulang ke Belanda untuk menyembuhkan cedera pada pergelangan kakinya.

Sebagai pengganti Pluim, Darije akan memaksimalkan Rasyid Bakri, eks gelandang Timnas Indonesia U-23. Sebagai penopang Rasyid, seperti biasa Darije memilih Rizky Pellu dan Marc Klok.

Darije meminta lini belakangnya agar lebih fokus dalam meredam serangan lawan karena di mata Darije, Persipura memilki lini depan yang berkualitas. Meski tanpa Boaz Salossa yang absen karena menjalani hukuman akumulasi kartu kuning, Persipura tetap mengigit.

Beruntung pada pertandingan nanti, Darije bisa memainkan Hasim Kipuw yang absen pada laga kontra Persebaya karena akumulasi kartu. Hasim Kipuw, yang selama ini mengganti peran Abdul Rahman (cedera) akan berduet dengan Aaron Evans di posisi stoper.

Sementara untuk memburu gol kemenangan, Darije sedang memikirkan opsi tetap memakai satu atau dua striker pada pertandingan nanti. Selama ini, Amido Balde dan Ferdinand Sinaga bergantian menjadi striker utama.

Opsi memakai dua striker sekaligus menyeruak setelah dijamu Persebaya. Pada akhir babak kedua, Balde dan Ferdinand, tampil bersama. Hasilnya, PSM Makassar hampir menahan Persebaya, andai penalti Marc Klok pada menit akhir masuk.

2 dari 3 halaman

Persipura Percaya Diri

Di sisi lain, Persipura datang ke Makassar dengan target meraih minimal satu poin di markas PSM Makassar.

Pelatih Persipura, Jacksen Tiago, mengungkapkan secara umum skuatnya dalam kondisi baik jelang meladeni Juku Eja. Hanya kapten Boas Salossa yang absen karena terkena akumulasi kartu kuning.

Komitmen dan kebersamaan tim yang solid jadi modal Persipura. Mereka sudah membuktikannya. Tanpa Boas, Persipura mereka bisa mengimbangi Bali United 2-2 (11/11/2019).

Status sebagai tim tamu juga bukan persoalan buat Persipura karena sejak empat bulan lalu, tim Mutiara Hitam sudah bermain di luar Jayapura. Hasil yang mereka capai terbilang bagus dengan bertengger di posisi kedua klasemen sementara.

"Kami fokus di setiap laga. Tak mudah mengalahkan PSM di Makassar. Tapi, saya punya keyakinan pemain bakal tampil maksimal pada laga nanti," ujar Jacksen, yang pernah jadi idola di Makassar ketika masih berstatus pemain PSM ini.

Optimisme serupa dilontarkan Ian Louis Kabes. Menurut gelandang senior Persipura ini, hasil positif yang digapai Persipura merupakan buah dari kebersamaan dan semangat pantang menyerah seluruh elemen tim.

"Kami datang ke Makassar untuk membawa minimal satu poin. Seluruh pemain akan berjuang keras untuk mewujudkannya," tegas Kabes.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Beny Wahyudi, Hasim Kipuw, Aaaron Evans, Taufik Hidayat (belakang); Rizky Pellu, Marc Klok, Rasyid Bakri (tengah); Rizky Eka Pratama, Amido Balde, Aji Kurniawan (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper); Anis Tjoe, Antonio Ribeiro, Ricardo Salampessy, Israel Wamiau; M. Tahir, Oh In-kyun, Todd Ferre (tengah); Louis Kabes, Tinus Pae, Lukas Mandowen (depan)

Pelatih: Jacksen Tiago

Napoli Lolos, Carlo Ancelotti Dipecat

Video Populer

Foto Populer