Sukses


Kelanjutan Shopee Liga 1 2020, PSM Mengikuti Pemerintah dan PSSI

Bola.com, Makassar - PSM Makassar tetap menyerahkan keputusan terkait kelanjutan Shopee Liga 1 2020 kepada Pemerintah dan PSSI. Hal ini ditegaskan oleh Munafri Arifuddin, CEO PSM Makassar, setelah mengikuti virtual meeting dengan PSSI, Rabu (27/5/2020).

Menurut Munafri, dalam virtual meeting itu, PSSI mempersilakan para perwakilan klub melontarkan pendapatnya. Hasil akhirnya tetap sama seperti ketika Shopee Liga 1 2020 terhenti pada Maret lalu.

"PSSI dan klub sepakat tetap menunggu keputusan pemerintah terkait pandemi COVID-19 pada 29 Mei mendatang," ujar Munafri.

Itulah mengapa Munafri enggan berspekulasi soal kelanjutan kompetisi. "Tunggu saja sampai 29 Mei. Kan memang Liga 1 diistirahatkan sampai tanggal itu. Soal lanjut atau tidak semuanya tergantung rekomendasi pemerintah," tegas Munafri.

PSM bertanding terakhir kalinya saat menjamu Barito Putera di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin pada 15 Maret 2020. Pada pertandingan itu, Juku Eja hanya bermain imbang 1-1 atas tamunya. Partai ini sekaligus penanda terhentinya kompetisi akibat pandemi COVID-19.

Setelah pertandingan itu, PSM memutuskan meliburkan pemainnya sampai ada keputusan dari PSSI berdasarkan rekomendasi dari pemerintah. Keputusan PSM ini berdampak langsung pada kondisi Stadion Andi Mattalatta Mattoangin yang selama ini jadi tempat PSM berlatih dan bertanding di Shopee Liga 1 2020.

Belum lama ini, stadion kebanggaan Makassar itu sempat menjadi viral di media sosial. Area tribune terbuka sebelah utara dari stadion kandang PSM Makassar ini ada kebun sayur yang sengaja ditanam oleh petugas stadion. Apalagi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan selaku pemilik memang berencana akan memulai renovasi stadion pada Juni ini.

 

2 dari 3 halaman

Virtual Meeting dengan APSSI dan APPI

Satu hari sebelumnya, PSSI juga menggelar virtual meeting dengan Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia (APSSI) dan Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI). Kedua asosiasi ini juga sepakat menunggu keputusan pemerintah terkait nasib Shopee Liga 1 2020.

Pada kesempatan itu juga, General Manager APPI, Ponaryo Astaman, menyatakan para pemain berharap kompetisi dapat dilanjutkan. Tentu juga harus memperhatikan protokoler kesehatan tidak hanya saat pertandingan, tapi juga saat latihan.

"Selain itu kami juga menyampaikan terkait ada klub yang tidak memberikan hak kepada pemain yang tidak sesuai dengan surat keputusan PSSI," kata Ponaryo.

Sementara itu, Ketua APSSI, Yeyen Tumena, menjelaskan pihaknya sudah memberikan saran format kompetisi bila memungkinkan untuk dilanjutkan kembali. Apalagi pada akhir tahun Timnas Indonesia akan berlaga menjalani sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan juga tampil di Piala AFF 2020.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer