Sukses


Penghematan, Arema Akan Kurangi Fasilitas Pemain dan Pelatih Asing

Bola.com, Malang - Manajemen Arema FC melakukan penghematan finansial. Selain gaji dan bonus kemenangan yang menyusut, beberapa pengeluaran selanjutnya juga akan dipangkas.

Satu di antaranya adalah fasilitas untuk pemain dan pelatih asing. Seperti diketahui, musim ini Arema mengontrak tujuh tenaga asing. Empat adalah pemain asing dan tiga nama lain di tim kepelatihan. Artinya, manajemen Arema menyiapkan tujuh rumah dan kendaraan untuk mereka.

Yang bisa dihemat tentu faslitas rumah karena untuk mobil sudah diberikan sebagai akomodasi.

“Nilai untuk fasilitas sewa rumah tentu tidak sebesar waktu normal,” kata General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Tapi, Arema tidak bisa memangkas semua fasilitas rumah untuk asing karena mereka sudah memberikan fasilitas tersebut kepada pelatih kiper, Felipe Americo, pelatih fisik Marcos Gonzales dan pemain asal Korea Selatan, Oh In-Kyun.

Tinggal pelatih kepala Mario Gomez bersama tiga pemain asing, Matias Malvino, Elias Alderete serta Jonathan Bauman. Sementara ini, mereka masih tinggal di hotel.

Diprediksi, pemangkasan fasilitas sewa empat rumah tersebut nominalnya masih ratusan juta. Nilai tersebut lumayan dalam kondisi pandemi virus corona karena pemasukan Arema nyaris tidak ada untuk saat ini.

“Sekarang kami masih berhitung dulu. Tentu tidak asal pangkas. Tetap diberikan rumah yang layak dari segi lokasi dan nilainya,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Kondisi Berbeda

Terlepas dari fasilitas tersebut, ini jadi kali kedua Arema memiliki tujuh tenaga asing dalam satu musim. Sebelumnya terjadi pada tahun 2018. Waktu itu ada tiga asing di komposisi pelatih, Milan Petrovic, Dusan Momcilovic, dan Branislav Radojcic.

Sementara, pemain asing yang dikontrak adalah Thiago Furtuoso, Ahmet Atayev, Arthur Cunha, dan Srdan Ostojic. Namun, Thiago tak dilanjutkan kontraknya sampai akhir musim. Begitu juga dengan pelatih fisik, Dusan.

Bedanya, musim 2018 finansial Arema bisa tertata karena dalam kondisi normal. Lini bisnis klub berjalan sehingga semua masih dapat fasilitas sesuai kontrak awal waktu itu.

Bahkan pada awal musim 2018, Arema sempat mengontrak pelatih kiper asing asal Brasil, Ricardo Navarro dan gelandang Montenegro, Balsa Bozovic. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Wawancara Elkan Baggott

Video Populer

Foto Populer