Sukses


Timnas Indonesia Dihuni Banyak Pemain Klub Medioker, Ini Kata Pelatih Legendaris Arema

Bola.com, Malang - PSSI mengumumkan 29 pemain yang dipanggil pemusatan latihan Timnas Indonesia pada 23 Juli-8 Agustus di Jakarta.

Cukup banyak kejutan yang terjadi dalam tim yang disiapkan untuk lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini. Satu di antaranya, klub medioker justru menyumbangkan banyak pemain ketimbang tim papan atas.

Arema FC yang di klasemen Liga 1 tercecer di posisi 12, menyumbangkan lima pemain. Sedangkan Persebaya Surabaya yang ada di urutan ke-15 mengirimkan empat pemainnya. Sementara, Persib Bandung yang sementara jadi pemuncak klasemen hanya satu pemain yang dipanggil.

Mantan pelatih Arema FC, Gusnul Yakin memberikan pandangan mengenai hal ini. Pelatih yang membawa Arema juara Galatama musim 1992-1993 itu mengatakan, ini sebuah hal yang masih wajar.

“Saya masih mengikuti pemanggilan pemain untuk Timnas Indonesia kali ini. Masih wajar banyak pemain dari klub medioker atau papan bawah yang dipanggil timnas. Ini tergantung selera pelatih. Bisa jadi dia masih ingin melihat potensi pemain dari setiap klub,” kata pelatih yang kini tinggal di Malang itu.

2 dari 3 halaman

Ingat Tahun 2003

Dia teringat dengan sebuah momen tahun 2003. Waktu itu, Persik Kediri yang jadi juara kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Namun, tidak ada satu pemain dari Persik yang dipanggil Timnas Indonesia.

“Saya ingat waktu itu Persik yang juara tapi tidak ada yang ke timnas. Jadi sekali lagi wajar untuk pemanggilan pemain tergantung dari selera dan skema pelatih timnas,” lanjut pelatih yang pernah menangani Persibo Bojonegoro ini.

Tapi, jika melihat pemain yang kini dipanggil pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong, dia melihat karakternya hampir mirip dengan Alfred Riedl. Mayoritas pemain yang dipanggil masih muda dan bertenaga.

“Sepertinya pelatih ingin membuat tim yang fighting spiritnya bagus. Jadi, semua harus beri kesempatan dan kepercayaan kepada Shin. Karena dia pelatih yang bagus. Pernah merasakan Piala Dunia juga,” sambungnya. 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer