Sukses


Berharap Naturalisasi Pemain Segera Rampung, Shin Tae-yong Pastikan Timnas Indonesia Tetap Maksimal di Kualifikasi Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengutarakan harapan agar proses naturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattyama bisa segera rampung.

Namun, seandainya belum selesai ketika Tim Garuda harus berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023, pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan tim asuhannya tetap bakal memberikan hasil terbaik.

Shin Tae-yong telah memanggil 29 pemain Timnas Indonesia untuk melakukan persiapan dan beruji coba melawan Bangladesh yang bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, 1 Juni 2022.

Setelah itu, pelatih asal Korea Selatan itu bakal membawa timnya ke Kuwait untuk menjalani tiga laga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dimulai pada 8 Juni.

Meski saat ini prosesnya belum rampung, tiga pemain yang segera dinaturalisasi diharapkan bisa segera membela Timnas Indonesia. Bahkan Shin Tae-yong tidak menampik ada harapannya agar ketika pemain tersebut bisa sesegera mungkin bergabung bersama tim.

2 dari 5 halaman

Berharap PSSI dan Menpora Membantu agar Proses Lebih Cepat

Shin Tae-yong pun tidak menampik jika proses naturalisasi para pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia itu bisa selesai dalam hitungan hari, maka bukan tidak mungkin dirinya membuka peluang membawa pemain tersebut ikut ke Kuwait menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Jadi ketika pulang dari Vietnam, saya bersama Pak Menpora memang membicarakan soal naturalisasi dan ketika sudah di Indonesia, saya juga bicara dengan Ketua PSSI. Jadi kedua bapak ini mau membantu agar prosesnya lebih cepat," ujar Shin Tae-yong saat ditemui di hotel tempat Timnas Indonesia menginap, Kamis (26/5/2022) sore.

"Memang di plan A sudah ada pemain naturalisasi. Jadi dalam rencana itu saya akan mempersiapkan semaksimal mungkin. Jadi saya minta tolong kepada pemerintah untuk mempercepat proses pemain naturalisasi tersebut," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Ajak Pemain Naturalisasi Berlatih Bersama

Dua dari tiga pemain yang tengah menjalani proses naturalisasi, Sandy Walsh dan Jordi Amat, sudah berada di Indonesia karena memang urusannya sudah hampir rampung.

Sembari menunggu proses naturalisasi tersebut benar-benar rampung dan keduanya benar-benar berstatus Warga Negara Indonesia, Shin Tae-yong tidak menutup kemungkinan jika para pemain tersebut ikut dalam latihan Timnas Indonesia.

"Kalau bisa, saya sebenarnya mau mereka bergabung dengan kami dan berlatih bersama," ujar Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Naturalisasi Belum Rampung, Persiapan ke Kualifikasi Piala Asia Tetap Maksimal

Meski sudah membuat rencana seandainya proses naturalisasi ketiga pemain tersebut bisa rampung dalam waktu cepat, Shin Tae-yong juga sudah mengantisipasi kemungkinan proses tersebut belum selesai ketika Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong pun menegaskan bahwa seandainya situasi tersebut yang terjadi, pemain Timnas Indonesia yang sudah dipanggilnya saat ini akan melakukan persiapan yang matang untuk meraih hasil terbaik di Kuwait.

"Persiapannya harus maksimal meski tanpa adanya pemain naturalisasi nanti," tegasnya.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Uji Coba Internasional

Rabu, 1 Juni 2022

Stadion: Si Jalak Harupat

Kualifikasi Piala Asia 2023

Rabu, 8 Juni 2022

  • Kuwait vs Timnas Indonesia

Sabtu, 11 Juni 2022

  • Timnas Indonesia vs Yordania

Selasa, 14 Juni 2022

  • Timnas Indonesia vs Nepal

Video Populer

Foto Populer