Sukses


Membongkar Catatan Buruk Shin Tae-yong di Hadapan Vietnam: Sering Inferior di Level Junior hingga Senior

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki catatan buruknya ketika berjumpa Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sejak menangani Timnas Indonesia pada akhir 2019, Shin Tae-yong memang sudah beberapa kali menjalani pertemuan dengan Timnas Vietnam di berbagai kelompok usia. Hasilnya, pelatih asal Korea Selatan itu lebih banyak kalah.

Bahkan, di level senior, catatan kekalahan itu berlangsung cukup lama dan baru bisa dipatahkan pada Piala Asia 2023. Saat berjumpa pada fase penyisihan, anak asuhnya sukses menang tipis dengan skor 1-0 atas The Golden Star.

Saat itu, Tim Merah Putih berhasil unggul lewat gol penalti yang dieksekusi Asnawi Mangkualam. Bagaimana pun juga, satu-satunya gol ini memiliki arti yang begitu penting bagi Timnas Indonesia.

Sebab, ini menjadi kemenangan pertama Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Adapun untuk level yang lebih muda, catatan pertemuannya juga tak begitu membanggakan. Berikut ini Bola.com menyajikan ulasannya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Rekor di Level Junior

Rekor Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di kelompok usia muda memang tak bisa dikatakan membanggakan. Di level U-23, skuad Garuda Muda selalu menelan kekalahan dari The Golden Star.

Kekalahan pertama Shin Tae-yong terjadi di SEA Games 2021. Pada pertandingan pertama pada penyisihan, Tim Garuda Muda sempat digasak anak asuh Park Hang-seo tiga gol tanpa balas.

Pertemuan berikutnya tersaji di final Piala AFF U-23 2023. Ketika berjumpa di partai final, kedua tim sempat bermain imbang tanpa gol pada waktu normal, tetapi Vietnam bisa unggul 6-5 pada adu penalti.

Adapun di level Timnas U-19, pertemuan pertama berakhir tanpa gol di Piala AFF U-19 2022. Kemenangan baru bisa diraih saat Marselino Ferdinand dkk. menumbangkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 dengan skor 3-2.

 

3 dari 4 halaman

Masih Inferior di Jenjang Senior

Di level senior, catatan Shin Tae-yong juga termasuk dalam kategori inferior. Dari lima pertemuan, mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu juga lebih banyak menelan kekalahan.

Kekalahan pertama tersaji pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dalam duel yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19 itu, Tim Garuda dilibas Vietnam empat gol tanpa balas.

Pada tiga pertemuan berikutnya, tepatnya pada ajang Piala AFF, skuad Merah Putih juga belum bisa menang. Pada edisi 2020, misalnya, Asnawi Mangkualam dkk. hanya bisa bermain imbang tanpa gol pada fase grup.

Adapun pada edisi Piala AFF 2022, Indonesia tercatat bermain imbang tanpa gol pada leg pertama semifinal, tetapi kemudian digilas dua gol tanpa balas pada leg kedua. Hasil ini membuat Tim Garuda gagal lolos ke final.

4 dari 4 halaman

Catatan Shin Tae-yong Vs Timnas Vietnam

Catatan Bersama Timnas Indonesia U-19

  • Piala AFF U-19 2022: Vietnam vs Indonesia (0-0)
  • Kualifikasi Piala Asia U-20 2022: Indonesia vs Vietnam (3-2)

Catatan Bersama Timnas Indonesia U-23

  • SEA Games 2021: Vietnam vs Indonesia (3-0)
  • Piala AFF U-23 2024: Vietnam vs Indonesia (0-0, penalti: 6:5)

Catatan Bersama Timnas Indonesia

  • Kualifikasi Piala Dunia 2022: Vietnam vs Indonesia (4-0)
  • Piala AFF 2020: Indonesia vs Vietnam (0-0)
  • Piala AFF 2022: Indonesia vs Vietnam (0-0)
  • Piala AFF 2022: Vietnam vs Indonesia (2-0)
  • Piala Asia 2023: Vietnam vs Indonesia (0-1)

Video Populer

Foto Populer