Sukses


Membedah Penyebab Kebangkitan Arsenal di bawah Mikel Arteta: Filosofi Kuat dan Para Pemain Berbakat

Bola.com, Jakarta - Arsenal menunjukkan performa mengesankan selama paruh musim Liga Inggris 2021/2022. Bagaimana tidak? The Gunners (julukan Arsenal) punya mental bertanding yang oke setelah sempat terseok-seok di awal musim.

Diketahui, Arsenal berada di urutan ke-20 di Liga Premier pada akhir Agustus 2021 setelah kalah dalam tiga pertandingan pertama musim ini. Banyak yang memprediksi sebelumnya bahwa Arsenal akan menjalani musim yang suram.

Sekarang, mereka berada di urutan keempat dalam tabel, unggul satu poin dari West Ham United di urutan kelima dan unggul dua poin dari rival London utara, Tottenham Hotspur yang berada di urutan keenam.

Prestasi yang unik dan menawan Arsenal kali ini tidak bisa dilepaskan dari sosok Mikel Arteta sebagai manajer tim mereka. Pria asal Spanyol yang sudah bekerja sebagai pelatih kepala Arsenal sejak tahun 2019.

Arteta sebelumnya bekerja di bawah Pep Guardiola sebagai bagian dari staf pelatih Manchester City, memenangkan dua gelar Liga Premier antara 2016 dan 2019. Dalam beberapa bulan pertamanya sebagai pelatih kepala Arsenal, Arteta memenangkan Piala FA.

Figur Mikel Arteta yang membuat perbedaan di Arsenal sejauh ini. Pendakian yang dilakukan The Gunners hingga ke empat besar sangat luar biasa. Sebagai perbandingan, Arsenal (76) hanya mendapat satu poin lebih sedikit dari Liverpool (77) di Liga Inggris tahun lalu.

Tanpa perlu banyak basa-basi, berikut ini lima faktor yang memainkan peran penting dalam kebangkitan Arsenal di bawah Mikel Arteta:

 

 

2 dari 7 halaman

1. Kejelasan Mikel Arteta tentang proyek Arsenal

Mikel Arteta seperti telah mempersiapkan masa depannya sebagai seorang pelatih, setelah terakhir kali membela Arsenal di tahun 2015. Ia mendapat tiga tawaran untuk terlibat dalam peran di Arsenal (Kepala Akademi), Tottenham Hotspur (Asisten) atau Manchester City (Asisten).

Lantas ia terhubung kembali dengan Pep Guardiola, yang dia kenal sejak mereka di La Masia Barcelona pada 1990-an. Arteta bergabung dengan tim pelatih City di bawah Guardiola pada 2016. Pekerjaanya di Man City membawa dampak besar bagi cara melatih, yakni bertangan dingin dan membenci ketidakdisiplinan.

Manajer Arsenal sangat jelas tentang tindakannya, menekankan perlunya mengembalikan DNA dan gaya permainan Arsenal yang telah lama hilang. Dijuluki 'Arteta-ball' oleh fans Arsenal, itu termasuk passing yang cepat, efisien dan menempati area kunci sambil membangun permainan dari belakang.

Dengan pengambilan keputusan yang menentukan, Arteta mampu memicu perubahan mentalitas skuadnya. Para pemain, staf, dewan Arsenal, dan para penggemar semuanya mendukung pemain Spanyol itu sekarang, mengingat pekerjaan yang telah dia lakukan di klub.

3 dari 7 halaman

2. Kesuksesan di Bursa Transfer Pemain

Mikel Arteta dan direktur teknis Arsenal Edu Gaspar ikut mengawasi aktivitas timnya pada jendela transfer musim panas yang paling penting dan penting dalam sejarah klub pada tahun 2021.

Arsenal menandatangani enam pemain untuk skuad tim utama mereka. Nuno Tavares (Benfica), Ben White (Brighton), Aaron Ramsdale (Sheffield United), Takehiro Tomiyasu (Bologna), Martin Odegaard (Real Madrid) dan Albert Sambi Lokonga (Anderlecht) tiba dan menjadi anggota integral dari grup awal. The Gunners juga merekrut striker muda Mika Biereth dari Fulham, yang langsung bergabung dengan tim U-23 untuk pengembangan.

Untuk mengatakan para pemain ini cocok dengan baik akan menjadi pernyataan yang meremehkan. Empat bek Arsenal telah dirubah, dengan White dan Tomiyasu bergabung dengan Gabriel Magalhaes dan Kieran Tierney. Ramsdale langsung membuktikn diri, dan telah mencatat 15 clean sheet di Premier League pada tahun 2021, sebagian di antaranya bersama Arsenal.

Para pemain Arsenal kini menjadi satu kesatuan yang kompak yang siap membangun momentum dan tantangan untuk meraih trofi di tahun-tahun mendatang. Akan menarik untuk melihat bagaimana Arsenal semakin memperkuat posisi kunci dalam lineup mereka di jendela transfer Januari 2022.

4 dari 7 halaman

3. Permainan Sayap

Banyak yang percaya bahwa manajer Arsenal Mikel Arteta lebih dari sekadar tangan kanan Pep Guardiola selama waktunya di Manchester City. Arteta adalah komponen kunci kebangkitan Raheem Sterling antara 2016 dan 2019.

Sterling meningkatkan beberapa area permainannya secara signifikan selama Arteta berada di City. Waktu dan arah larinya, permainan posisional, dan penyelesaian akhir meningkat secara besar-besaran. Pengaruh itu dibawanya ke Arsenal.

Lini sayap Arsenal diisi nama-nama seperti; Emile Smith Rowe, Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli di bawah sayapnya. Ketiganya telah membuat 28 kontribusi gol musim ini dan menjadi kunci Arsenal untuk finis empat besar

5 dari 7 halaman

4. Situasi Positif di Kalangan Fans

Musim ini, Arsenal telah bermain seperti yang mereka lakukan di bawah Arsene Wenger, yaitu ketika sepak bola yang mengalir bebas dan menarik dengan banyak gol adalah hal yang biasa.

The Gunners telah mengadopsi gaya gerak cepat yang melibatkan perpindahan bola dengan cepat. Ini memungkinkan gelandang mereka menemukan ruang dengan cepat dan melepaskan pemain seperti Saka dan Martinelli. Kieran Tierney dan Takehiro Tomiyasu telah menawarkan lebar untuk Arsenal di sepertiga akhir, membuat gerakan tumpang tindih yang cerdas.

Bermain dengan gaya serba cepat dan menyegarkan ini, The Gunners telah mencetak beberapa gol indah tahun ini. Dikenal karena kehadiran online mereka, penggemar Arsenal di media sosial sangat gembira dan bersemangat untuk masa depan.

6 dari 7 halaman

5. Skuad Menawan

Beuntung sekali bagi Mikel Arteta memiliki tim Arsenal yang merupakan skuad termuda di Liga Premier musim ini, dengan usia rata-rata sekitar 24 tahun dari starting XI mereka.

The Gunners telah menurunkan tim starter termuda dalam 17 dari 20 pekan pertandingan sejauh ini, kecuali tiga pertandingan pertama mereka musim ini. Menariknya, tim London itu kalah dalam tiga pertandingan.

Gabriel dan Ben White telah membentuk kemitraan yang tangguh di jantung pertahanan Arsenal, dengan Ramsdale menjaga pos di belakang mereka. Bek kanan Tomiyasu datang dari Bologna musim panas lalu, dan telah tampil di Premier League dengan sangat baik. Berkat keserbagunaannya, pemain Jepang itu juga bisa memberikan perlindungan di posisi bek tengah.

Di lini tengah menyerang, The Gunners berhasil melakukan kudeta dengan mengontrak Martin Odegaard. Pemain Norwegia ini menambahkan kecemerlangan teknis dengan umpan tajamnya, dan menunjukkan tingkat kerja yang mengagumkan.

Di paruh musim Liga Premier, Arsenal berada di tempat keempat dengan 35 poin. Mikel Arteta akan berharap senjata mudanya terus menembak untuk membantu mendorong Arsenal kembali ke kompetisi Eropa.

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Yuk Intip Posisi Arsenal di Premier League

Video Populer

Foto Populer