Sukses


5 Young Guns Premier League Termuda , Yuk Lihat Lagi Sepak Terjang Mereka : Bertahan atau Terpental dari Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Kancah Liga Inggris terkadang memberi nuansa kejam terhadap mereka yang tak kuasa menahan mental. Momen ini tak semata tekanan terhadap persaingan, melainkan juga bagi mereka yang mendadak terkenal.

Premier League merupakan kompetisi terketat dengan jumlah penonton yang tak sedikit di seluruh dunia. Menyuguhkan duel-duel menarik dengan sederet bintang top, Premier League selalu dinanti. Musim lalu, Manchester City kembali menjadi yang terbaik di musim 2021/2022.

 

Simak Video Menarik Nih

2 dari 10 halaman

Publik Terpukau

Gemerlap Premier League acap pula diramaikan kisah heroik para pemain muda. Publik tak jarang terpukau dengan performa talenta-talenta muda tersebut.

Lantas, siapa saja pemain Premier League termuda sepanjang sejarah? Yuk, segera simak informasi di bawah ini.

 

3 dari 10 halaman

Harvey Elliott (16 tahun, 30 hari)

Harvey Elliott menjadi pemain Premier League termuda yang tampil pada 4 Mei 2019. Ketika ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-88, saat Fulham kalah 0-1 dari Wolves di Stadion Molineux.

Ketika mendapat kepercayaan dari bos Fulham, Scott Parker, Elliott belum genap berusia 17 tahun, alias kala itu atau 16 tahun 30 hari. Meski begitu, Parker menilai jika Elliott dapat mendapat kesempatan walau Fulham tak bisa lagi terhindar dari jurang degradasi.

 

4 dari 10 halaman

Diboyong The Reds

Tiga bulan setelah penampilan itu, Liverpool memboyongnya ke Anfield denga nilai kontrak yang tidak diungkapkan. Bersama The Reds, dia malokoni debutnya pada Januari 2020 dalam kemenangan 2-0 atas Sheffield United.

Dia menjadi pemain termuda kedua yang bermain untuk Liverpool di Premier League, tepatnya 16 tahun dan 273 hari, setelah Jack Robinson.

 

5 dari 10 halaman

Matthew Briggs (16 tahun, 68 hari)

Momen istimewa terjadi ketika Fulham menelan kekalahan tandang 1-3 di Premier League dari Middlesbrough pada hari terakhir musim 2006/2007. Pada 13 Mei 2007, Matthew Briggs menjadi pemain termuda yang tampil di kompetisi tersebut pada usia 16 tahun dan 68 hari.

Rekor itu telah dipecahkan oleh Harvey Elliott, juga bersama Fulham, 12 tahun kemudian. Briggs harus menunggu lebih dari tiga tahun untuk mengawali penampilannya di Premier League.

Penampilan bek kiri itu berikutnya saat melawan Chelsea di Stamford Bridge yang berakhir dengan kekalahan 0-1. Sejak 2021, pemain yang kini berusia 31 tahun itu bermain untuk Gosport Borough FC yang merupakn klub semi-profesional yang berbasis di Gosport, Hampshire, Inggris.

 

6 dari 10 halaman

Isaiah Brown (16 tahun, 117 hari)

Hal-hal besar diharapkan dari Isaiah Brown, lebih dikenal sebagai Izzy, menyusul debutnya di Premier League pada usia 16 tahun dan 117 hari, pada 4 Mei 2013. Pertandingan untuk West Bromwich Albion dalam kekalahan kandang 2-3 dari Wigan adalah satu-satunya penampilannya Baggies sebelum pindah ke Chelsea hanya beberapa bulan kemudian.

Dia hanya melakoni satu penampilan Premier League dalam delapan tahun di Chelsea sejak direkrut pada 2013. Kalah bersaing, penyerang yang kini berusia 25 tahun itu selanjutnya berjibaku bersama Vitesse serta Rotherham United sebagai pemain pinjaman.

 

7 dari 10 halaman

Aaron Lennon (16 tahun, 129 hari)

Dari 14 pemain termuda yang membuat debut Premier League tahun 2003, Lennon satu-satunya yang kerap tampil. Momen 23 Agustus 2003 merupakan debutnya bersama klub masa kecilnya, Leeds United.

Leeds bentrok versus Tottenham Hotspur yang belakangan hari merekrutnya. Dia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-11.

Lennon tetap menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga Inggris yang membuat assist dalam penampilan kedelapannya kontra Arsenal pada November tahun yang sama. Usianya 16 tahun, 199 hari.

 

8 dari 10 halaman

Lanjut Terus

Bersama Spurs, pemain sayap kelahiran 1987 tersebut tetap menjadi satu dari 12 pemain yang mencetak gol di liga saat masih remaja dan dewasa.

Sukses di klub, Lennon kemudian bermain untuk Inggris di Piala Dunia 2006 dan 2010, sebagai pemain termuda ketiga yang pernah mewakili Three Lions di turnamen bergengsi.

 

9 dari 10 halaman

Jose Baxter (16 tahun, 191 hari)

Jika Anda diminta untuk menebak debutan termuda Everton di Premier League, mungkin Wayne Rooney yang pertama kali muncul di benak Anda. Jika tidak maka Anda mungkin memilih James Vaughan.

Nama terakhir adalah eks penyerang Everton yang mengukuhkan diri sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Premier League. Saat melakukannya, ia berusia 16 tahun dan 270 hari.

Nah, ada satu lagi yang menarik, yakni munculnya sosok bernama Jose Baxter. Ia baru berusia 16 tahun dan 191 hari ketika melakukan debut melawan Blackburn Rovers, pada 16 Agustus 2008.

 

10 dari 10 halaman

Pindah Klub

Kondisi itu 79 hari lebih muda dari Vaughan dan 106 hari lebih muda dari Rooney. Lagi-lagi, Baxter mendapat kesempatan dalam tiga penampilan pada musim 2008/2009.

Dia sempat berpindah-pindah klub sebelum kembali ke Everton pada 2017. Hanya semusim, sang gelandang selanjutnya hijrah ke Oldham Athletic, Plymouth Argyle, dan Memphis 901.

Sumber: theanalyst

Video Populer

Foto Populer