Sukses


5 Penyebab Tangan Gemetar setelah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga menjadi aktivitas yang terbukti efektif untuk menjaga kesehata tubuh bagian luar maupun dalam.

Meski demikian, olahraga bukannya tidak memiliki efek samping atau risiko yang bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan.

Faktanya ada beberapa gangguan yang bisa dialami oleh seseorang setelah melakukan olahraga, satu di antaranya adalah mengalami tangan gemetar.

Walau bukan menjadi sebuah kondisi yang membahayakan, hal ini bisa menganggu aktivitas yang sedang atau akan dilakukan.

Lantas, apa saja penyebab tangan gemetar setelah olahraga yang bisa Anda pahami untuk meminimalisasi terjadinya hal tersebut?

Berikut lima penyebab tangan gemetar setelah olahraga, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (20/5/2022).

2 dari 4 halaman

Penyebab Tangan Gemetar Setelah Olahraga

1. Kelelahan Otot

Tangan gemetar setelah olahraga dapat terjadi karena Anda mengalami kelelahan otot.

Selama melakukan aktivitas fisik, sistem saraf pusat (SSP) memberikan sinyal kepada unit motorik. Hal ini dilakukan untuk mengontraksikan otot.

Unit motorik terdiri dari neuron dan serat otot. Keduanya berfungsi mendukung kekuatan otot. 

Makin lama Anda berolahraga, sinyal SSP ke unit motorik akan melambat dan kurang intens. Perubahan ini membuat otot mengalami kontraksi maupun relaksasi secara cepat sehingga dapat menyebabkan kelelahan.

Selain itu, SSP kehilangan kendali untuk menggerakkan otot secara paksa. Akibatnya, tangan pun bisa gemetaran. Anda juga bisa merasakan rasa nyeri pada tangan. 

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Anda disarankan untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan olahraga yang dilakukan dengan kemampuan tubuh. 

Terakhir, lakukan pendinginan di akhir sesi. Pendinginan berfungsi mengurangi rasa sakit dan kelelahan otot. Tahapan ini juga berfungsi mendukung proses pemulihan otot.

3 dari 4 halaman

Penyebab Tangan Gemetar Setelah Olahraga

2. Tangan Menahan Beban dalam Waktu Lama

Tangan gemetar dapat terjadi ketika Anda melakukan olahraga yang mengharuskan tangan menahan beban dalam waktu lama. Pasalnya, ketika menahan beban dalam waktu lama, unit motorik dipaksa bekerja ekstra. Hal ini dapat menyebabkan tangan gemetar setelah olahraga.

3. Gula Darah Rendah

Glukosa (gula darah) dimanfaatkan otot sebagai sumber energi. Ketika berolahraga, glukosa dalam tubuh ikut terkuras, terutama jika Anda latihan dengan kecepatan intens dan berdurasi lama.

Makin lama glukosa terkuras, makin besar pula kemungkinan hipoglikemia alias kadar gula darah terlalu rendah.

Apabila gula darah kurang, tubuh juga akan kehilangan energi. Hal ini membuat otot, saraf, dan otak menjadi kehilangan bahan bakarnya sehingga satu di antara gejala yang dirasakan adalah (tangan) gemetaran.

Guna mencegah tangan gemetar akibat gula darah rendah, Anda disarankan untuk makan sekitar 2-3 jam sebelum berolahraga. Hal ini dilakukan agar tubuh memperoleh bahan bakar yang cukup untuk melakukan berbagai gerakan.

Jika perlu, Anda dapat menyantap makanan setelah sesi olahraga selesai. Hal ini bertujuan untuk membantu mempercepat pemulihan otot dan mengatasi tangan gemetar.

4 dari 4 halaman

Penyebab Tangan Gemetar Setelah Olahraga

4. Dehidrasi 

Elektrolit dalam jumlah seimbang dibutuhkan untuk mengontrol fungsi saraf dan otot. Ketika Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, kadar elektrolit bisa terganggu. 

Hal ini memicu gangguan pada saraf dan otot, termasuk menyebabkan tangan gemetar.

Dehidrasi bisa terjadi akibat cairan yang keluar melalui keringat saat berolahraga tidak digantikan dengan asupan minuman yang cukup.

Maka itu, pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan sebelum, selama, dan sesudah berolahraga. Cara paling baik untuk hal tersebut adalah dengan minum air putih.

5. Konsumsi Kafein Berlebih

Penyebab tangan gemetar selanjutnya adalah berlebihan mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh.

Kafein merupakan zat stimulan yang bisa merangsang sistem saraf pusat untuk bekerja lebih keras. Alhasil, bisa timbul (tangan) gemetar ketika minuman tersebut dikonsumsi berlebihan.

Untuk mengantisipasinya, Anda dapat membatasi atau menghindari konsumsi kafein sebelum olahraga.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 1/9/2021)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer