Sukses


9 Manfaat Olahraga Bola Voli bagi Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Bola voli adalah jenis permainan bola besar yang cukup populer di Indonesia, selain basket maupun sepak bola.

Tidak sedikit orang bermain olahraga bola voli untuk menyalurkan hobi, sebatas bersenang-senang, atau menjadi atlet profesional.

Olahraga bola voli dimainkan oleh dua regu atau tim berlawanan. Masing-masing regu dalam pertandingan bola voli terdiri dari enam pemain di lapangan.

Di sisi lain, bola voli merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa menyimak pembahasan selengkapnya mengenai manfaat olahraga bola voli, di bawah ini.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga bola voli bagi kesehatan, yang bisa Anda peroleh dengan melakukannya secara rutin, dikutip dari laman Healthfitnessrevolution dan Sport-fitness-advisor, Selasa (9/8/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Bola Voli bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kekuatan

Bermain olahraga bola voli akan memperkuat tubuh bagian atas, lengan, dan bahu serta otot-otot tubuh bagian bawah. Bermain olahraga bola voli juga membantu meningkatkan sistem kardiovaskular dan pernapasan.

2. Membantu Membakar Kalori dan Lemak

Olahraga bola voli dapat membantu proses pembakaran lemak di tubuh. Pasalnya, tubuh akan melakukan banyak gerakan saat Anda bermain olahraga bola voli.

Harvard Medical School melaporkan bahwa seseorang dapat membakar 90 hingga 133 kalori selama setengah jam (30 menit) bermain bola voli nonkompetitif. Selain itu, olahraga voli dapat mencegah obesitas yang menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes.

3. Menyehatkan Jantung

Termasuk jenis olahraga kardio, olahraga bola voli dapat meningkatkan detak jantung. Bila dilakukan selama minimal 15-20 menit, denyut nadi akan meningkat sebanyak 60-80 persen dari biasanya.

Olahraga kardio memicu otot jantung agar terus bergerak sehingga makin kuat. Bila otot jantung kuat, pembuluh darah dapat menyalurkan darah lebih cepat dan lebih banyak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Bola Voli bagi Kesehatan Tubuh

4. Membangun Kekuatan Otot-Otot dan Persendian

Olahraga bola voli dapat membentuk dan menguatkan otot-otot dalam tubuh karena di dalamnya terdapat banyak gerakan, dari tangan hingga kaki.

Olahraga bola voli juga dapat memperkuat persendian karena terus dilatih untuk melakukan gerakan melompat, memukul, dan berlari. Bila persendian kuat, Anda akan terhindar dari berbagai risiko cedera saat melakukan aktivitas harian dan olahraga.

5. Meningkatkan Stamina

Olahraga bola voli membutuhkan energi dalam jumlah besar karena menuntut Anda bergerak cepat dan spontan. Pergerakan yang cukup intens tersebut akan menjadi latihan untuk membangun stamina tubuh.

Jika sering dilakukan, tubuh akan makin terbiasa dan semakin efektif mengatur pembakaran energi saat berolahraga. Alhasil, stamina tubuh pun akan meningkat.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Olahraga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak karena membantu meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot. Sesekali berolahraga bola voli selepas beraktivitas bisa membantu merilekskan tubuh di malam hari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Energy and Buildings (2016) menyebutkan kenaikan suhu tubuh yang terjadi saat Anda berolahraga juga ikut membantu Anda tidur nyenyak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Bola Voli bagi Kesehatan Tubuh

7. Membangun Ketangkasan, Kecepatan, dan Keseimbangan Tubuh

Olahraga bola voli dapat meningkatkan ketangkasan dan kecepatan tubuh. Sebab, dalam permainan bola voli terdapat perubahan kecepatan dan arah secara cepat.

8. Mengoptimalkan Metabolisme

Olahraga voli disebut bermanfaat dalam mengoptimalkan sistem metabolisme (pengolahan zat gizi jadi energi) di dalam tubuh. Soalnya, saat bermain voli, detak jantung Anda meningkat.

Peningkatan detak jantung memperlancar peredaran darah dan nutrisi ke seluruh tubuh. Berdasarkan Aerobic Mile Chart, jumlah energi yang dihabiskan ketika bermain voli selama 20 menit dalam tempo lambat setara dengan berlari sejauh 1,6 kilometer.

9. Mencegah Stres

Seperti olahraga pada umumnya, berolahraga bola voli dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini disebabkan tubuh melepaskan hormon endorfin selama main voli.

Endorfin adalah zat kimia alami yang diproduksi sistem saraf tubuh untuk mengatasi rasa sakit atau stres. Lantaran manfaatnya dalam memproduksi endorfin, banyak ahli kesehatan yang menganjurkan olahraga teratur sebagai terapi mengobati depresi, serta gejala kecemasan ringan hingga sedang.

 

Sumber: Healthfitnessrevolution, Sport-fitness-advisor

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer