Sukses


5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Teks laporan hasil observasi (LHO) adalah jenis teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Teks laporan hasil observasi bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. Hal ini guna memberikan sebuah informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Selain itu, setiap informasi yang disajikan dalam teks laporan hasil observasi harus ditulis secara objektif dan sesuai fakta yang sebenarnya, serta dapat dibuktikan kebenarannya.

Objek yang dibahas dalam teks laporan hasil observasi bersifat umum. Biasanya mengangkat objek tentang keadaan alam, keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, sosial, sebuah peristiwa, kesenian, dan kebudayaan.

Ketika menyusun teks laporan hasil observasi harus ada tiga struktur, yakni pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami contoh teks laporan hasil observasi pada artikel ini.

Berikut ini lima contoh teks laporan hasil observasi yang bisa dipelajari, dikutip dari laman Mapel dan Materibindo, Rabu (26/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Cabai

  • Pernyataan Umum

Cabai merupakan satu di antara kerabat dekat dari tumbuhan lada-ladaan. Cabai bisa dikategorikan sebagai tumbuhan sayuran maupun masakan. Cabai dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki curah hujan sedang, seperti di Indonesia. Di Indonesia banyak orang menjumpai cabai dalam berbagai variasi bentuk dan warna.

  • Deskripsi Bagian

Batang tumbuhan cabai tidak tidak berkayu. Biasanya tumbuhan ini ditanam di pekarangan rumah, ladang maupun lahan pertanian. Tinggi tumbuhan cabai bisa mencapai kisaran kurang dari 40 cm dengan bentuk akar serabut.

Bentuk tumbuhan cabai menyerupai sirih yakni merambat, membelit dan melata. Tidak jarang tumbuhan ini juga dikategorikan sebagai tumbuhan sirih-sirihan. Di Indonesia ada begitu banyak variasi tumbuhan cabai, misalnya, cabai hijau, cabai rawit, cabai merah, cabai gendot, cabai jalapeno, paprika, dan cabai cayenne.

  • Deskripsi Manfaat

Cabai memiliki berbagai macam manfaat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Di samping dapat digunakan sebagai bumbu dan bahan masakan, tumbuhan cabai memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut di antaranya dapat meningkatkan imunitas, menurunkan berat tubuh hingga mengatasi diabetes.

Bagi orang yang mengalami permasalahan pencernaan, cabai bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Untuk itu, tumbuhan cabai disarankan untuk ditanam di sekitar rumah maupun pekarangan belakang hunian.

3 dari 6 halaman

Sapi

  • Pernyataan Umum

Sapi adalah satu di antara hewan ternak penghasil daging dan susu yang memiliki tanduk, berbulu tipis, berkuku genap, berkaki empat, bertubuh besar, dan satu di antara hewan herbivora dan hewan mamalia yang mempunyai kalenjar susu. Berdasarkan ada atau tidaknya kelenjar susu, sapi dibagi menjadi dua jenis, yaitu sapi perah dan sapi potong/pedaging.

  • Deskripsi Bagian

Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk menghasilkan susu. Sapi perah yang bisa dipelihara adalah sapi peranakan. Sapi peranakan dapat memproduksi hingga 25 liter/hari, tetapi normalnya antara 12-20 liter/hari. Sapi peranakan memiliki bulu berwarna putih dan belang hitam serta terdapat segitiga putih pada kepala sapi peranakan.

Sapi pedaging atau sapi potong adalah sapi yang dipelihara sebagai penghasil daging. Ciri-cirinya, yaitu memiliki tubuh besar, badan berbentuk segi empat atau balok, kualitas daging maksimum, laju pertumbuhan cepat serta sapi yang sehat dan tidak terserang penyakit.

Sapi potong/pedaging meliputi sapi bali, sapi madura, sapi sumba ongole, dan masih banyak yang lainnya.

  • Deskripsi Manfaat

Sapi memiliki banyak manfaat, mulai susunya yang bisa dijual atau diolah menjadi minuman dan makanan yang lezat mengandung protein kalsium yang baik bagi tubuh manusia, dagingnya yang bermanfaat bagi tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

4 dari 6 halaman

Sampah

  • Pernyataan Umum

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia.

  • Deskripsi Bagian

Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan.

Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha.

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia.

Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas, dan lain-lain. Sampah cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah.

Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah.

  • Deskripsi Manfaat

Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan sampah dapat sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

5 dari 6 halaman

Helikopter

  • Pernyataan Umum

Helikopter merupakan satu di antara metode transportasi udara yang memiliki banyak kegunaan. Mesin terbang menakjubkan ini sering disebut sebagai hal yang paling dekat bagi manusia untuk mengalami bagaimana rasanya terbang dengan karpet ajaib. Helikopter juga merupakan satu di antara metode transportasi yang paling kompleks. Helikopter yang bisa berfungsi dengan baik baru ditemukan pada 1939.

  • Deskripsi Bagian

Helikopter dapat terbang berkat adanya baling-baling yang terpasang pada bagian atas badan helikopter. Baling-baling ini berputar dengan sangat kencang untuk mengubah tekanan dan arah pergerakan udara sehingga dapat mengangkat keseluruhan beban helikopter.

Selain baling-baling pada bagian atas, helikopter memiliki rotor pada bagian ekor. Rotor ini berfungsi untuk menghalau torsi yang dihasilkan oleh baling-baling agar helikopter menjadi lebih seimbang serta dapat dikendalikan.

  • Deskripsi Manfaat

Helikopter tidak hanya digunakan untuk mengangkut penumpang, tetapi juga bermanfaat untuk berbagai misi-misi yang sulit, seperti misi perang, memadamkan kebakaran hutan, menyelamatkan pelaut dari badai, hingga membawa pasien darurat menuju rumah sakit terdekat.

Hal ini dikarenakan helikopter tidak memerlukan mekanisme terbang yang sama seperti pesawat udara pada umumnya, di mana mereka membutuhkan landasan yang cukup panjang dan luas.

6 dari 6 halaman

Komodo

  • Pernyataan Umum

Komodo merupakan hewan sejenis reptil besar yang berkaki empat dan wujudnya menyerupai kadal-kadal-an. Bedanya, ukuran hewan ini besar. Komodo merupakan hewan langka yang sudah masuk kategori dilindungi. Komodo sudah dicanangkan menjadi satwa nasional bagi negeri ini.

  • Deskripsi Bagian

Jika dilihat dari jauh dan dilihat sekilas, komodo tampak seperti biawak biasa. Namun, ketika perhatikan dengan saksama, binatang ini ukurannya jauh lebih besar dari biawak. Panjang tubuhnya bisa mencapai tinggi rata-rata orang indonesia, atau sekitar 165 cm. Panjang ekornya setara panjang badannya sehingga membuat panjang total hewan ini menjadi sekitar tiga meter lebih. Komodo memiliki badan yang panjang, lebih besar dari kepalanya.

Kepalanya agak memanjang, mirip dengan reptil pada umumnya. Matanya kecil dan berwarna. Mulutnya agak memanjang. Giginya banyak, menyelimuti rahang di sekujur rahangnya. Gigi Komodo cukup panjang dan sangat tajam. Lidahnya yang berwarna kuning sering menjulur keluar dan bercabang pada tepiannya.

Kulitnya bersisik dan tampak keras, tetapi memiliki pola yang indah. Warna kulitnya cokelat kehitam-hitaman dengan sedikit bias kuning keemasan. Pada bagian leher terdapat lipatan-lipatan kulitnya yang bersisik. Lipatan tersebut ditemukan pula di bagian ketiak depan dan lipatan paha bagian belakang. Bagian punggung ekornya bersisik menyerupai gergaji dengan arah miring ke belakang.

Cakar komodo sangatlah tajam dan menukik. Bentuknya mirip cakar burung elang. Warnanya hitam legam dan biasa digunakan untuk bertarung melawan mangsanya.

  • Deskripsi Manfaat

Binatang ini boleh dibilang hewan yang menyeramkan, tetapi memiliki sisik yang indah dan bertubuh kekar dan gagah. Komodo merupakan satu di antara satwa nasional yang harus dipertahankan sebagai satu di antara bukti nyata kekayaan negeri ini.

 

Sumber: Mapel, Materibindo

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer