Sukses


Macam-Macam Ciri Orang Socially Awkward beserta Penyebabnya

Bola.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang masih merasa canggung saat berinteraksi. Dia adalah orang dengan tipikal socially awkward.

Apa itu socially awkward? Socially awkward adalah kondisi seseorang yang mengalami kecanggungan sosial.

Pada dasarnya, kecanggungan sosial ini bukanlah kondisi kesehatan mental, tetapi tipe socially awkward ini merupakan akar dari gangguan kecemasan atau anxiety.

Ketika mengalami socially awkward, artinya kamu sulit memahami norma sosial di masyarakat. Terkadang, sulit untuk berkomunikasi secara jelas. Kondisi ini tentunya membuat semua orang merasa tidak nyaman.

Orang dengan socially awkward lebih menghindari lingkungan yang ramai. Meski hampir serupa dengan kondisi introvert, kedua hal ini sangat berbeda.

Agar kamu makin paham, berikut penjelasan lebih lanjut tentang socially awkward, disadur dari Klikdokter, Kamis (23/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Socially Awkward

Pernah Dipermalukan di Depan Umum

Pengalaman buruk bisa menjadi faktor utama kenapa seseorang bisa menjadi tipe socially awkward. Misalnya, dulu ia pernah dipermalukan di depan umum atau pernah tidak sengaja melakukan kesalahan kecil, tetapi direspons berlebihan oleh orang di sekitar.

Pernah Dikecewakan

Merasa super canggung di hadapan orang lain tentu bukan muncul tanpa sebab. Bisa saja ini terjadi karena kamu pernah melakukan hal besar, tetapi tidak pernah diberikan tanggapan oleh lingkungan sekitar.

Kondisi tersebut tentunya membuatmu merasa kecewa dan takut untuk mengalami hal serupa. Pada akhirnya, kamu menjadi orang yang cemas dan takut untuk berada di keramaian.

Kecemasan Ekstrem

Dalam beberapa kasus, kecanggungan sosial ini bisa berasal dari munculnya rasa cemas yang ekstrem.

Dikutip dari National Institute of Mental Health US, sekitar 12 persen orang dewasa di Amerika Serikat pernah mengalami gangguan kecemasan sosial di suatu saat dalam hidup mereka.

Takut Berbuat Salah

Alasan seseorang menjadi socially awkward biasanya mereka takut untuk berbuat salah. Mereka takut perilaku dan tingkah lakunya akan membuat malu.

Menurut mereka, kecanggungan bisa membawa malapetaka, untuk itu, lebih baik untuk tidak muncul di keramaian sama sekali.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Ciri Orang yang Socially Awkward

Mudah Cemas di Sekitar Orang Lain

Seseorang yang mengalami kecanggungan sosial sering kali merasa ketakutan. Munculnya rasa takut ini bisa berasal dari kecemasan dalam mengatakan sesuatu yang salah atau ketakutan gagal ketika berinteraksi dengan orang.

Sulit Membangun Komunikasi dengan Orang

Tanda-tanda seseorang yang socially awkward adalah sulit membangun komunikasi dengan orang lain. Terkadang, mereka berbicara terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Hal ini terjadi karena ia tidak tahu bagaimana harus merespons sehingga merasa bingung dan banyak berbicara atau sedikit berbicara.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Ciri Orang yang Socially Awkward

Sulit Menyadari Situasi Sosial

Orang socially awkward memiliki kekurangan keterampilan sosial yang membuatnya sulit untuk membaca ruangan. Misalnya, ketika berada di kedai kopi, ia mungkin akan langsung menuju kasir untuk memesan tanpa menyadari ada antrean yang menunggu.

Tak heran, sikapnya akan dianggap sangat kasar dan tidak mengerti keadaan orang lain.

Sering Membicarakan Topik yang Sensitif

Orang-orang yang canggung secara sosial sering kehilangan kesempatan untuk mengukur sensitivitas topik. Mereka merasa wajar untuk memulai topik yang sensitif, seperti seks, agama, atau politik.

Sering Dianggap Tidak Menyenangkan

Orang socially awkward sering dianggap tidak menyenangkan oleh orang lain. Soalnya, mereka terkadang terlalu jujur dan sulit untuk menyaring perkataan.

Mereka juga terkadang tidak mampu mencerminkan empati dan tidak memedulikan perasaan lawan bicaranya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 9/5/2023)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer