Sukses


9 Hadis tentang Adab yang Bisa Menjadi Pedoman

Bola.com, Jakarta - Pernah mendengar pepatah Arab, "Adab itu kedudukannya lebih tinggi daripada ilmu?" Maksud pepatah tersebut adalah beradab itu lebih diutamakan ketimbang mempunyai banyak ilmu pengetahuan, meski keduanya sama-sama penting.

Hal itu karena, orang yang berilmu belum tentu beradab, tetapi orang yang beradab sudah pasti berilmu. Adab sangat diperlukan seorang muslim dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Alasannya, adab merupakan inti dari ajaran Islam. Selain itu, dengan adab seorang muslim mampu memahami dan mengimplementasikan hal positif serta menjadi pribadi yang lebih baik.

Pada hakikatnya, adab dianggap untuk mendapatkan kebahagiaan yang hakiki baik kebahagiaan dunia maupun akhirat.

Nabi Muhammad saw. memberikan sejumlah panduan adab dalam kehidupan sehari-hari lewat hadisnya.

Berikut sembilan hadis tentang adab yang bisa menjadi pedoman umat muslim, dikutip dari laman unsyiah.ac.id dan syekhnurjati.ac.id, Senin (4/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Adab

Hadis tentang Adab (1)

"Sesungguhnya perkara yang lebih berat di timbangan amal bagi seorang mukmin adalah akhlak yang baik. Dan Allah tidak menyukai orang yang berbicara keji dan kotor." (HR. At Tirmidzi)

Hadis tentang Adab (2)

"Jika kalian bertiga maka janganlah dua orang dari kalian berbisik tanpa menyertakan orang ketiga, sebab hal itu akan membuatnya sedih." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Adab (3)

"Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah adalah menghormati seorang muslim yang beruban (sudah tua), pembawa Al-Qur'an yang tidak berlebih-lebihan padanya (dengan melampaui batas) dan tidak menjauh (dari mengamalkan) Al-Qur'an tersebut, serta memuliakan penguasa yang adil." (HR. Abu Dawud)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Adab

Hadis tentang Adab (4)

"Allah merahmati orang yang memudahkan ketika menjual dan ketika membeli dan juga orang yang meminta haknya." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Adab (5)

"Janganlah kamu menganggap remeh sedikit pun terhadap kebaikan, walau kamu hanya bermanis muka kepada saudaramu (sesama muslim) ketika bertemu." (HR. Muslim)

Hadis tentang Adab (6)

"Hendaklah kalian menjauhi duduk-duduk di pinggir jalan. Para Sahabat berkata: 'Kami tidak dapat meninggalkannya, karena merupakan tempat kami untuk bercakap-cakap'. Rasulullah saw. berkata: 'Jika kalian enggan (meninggalkan bermajelis di jalan), maka berilah hak jalan'. Sahabat bertanya: 'Apakah hak jalan itu?' Beliau menjawab: 'Menundukkan pandangan, menghilangkan gangguan, menjawab salam, memerintahkan kebaikan dan mencegah kemungkaran'." (HR. Bukhari, Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Adab

Hadis tentang Adab (7)

"Kamu memberi makan, menebarkan salam baik terhadap orang yang kamu kenal maupun terhadap orang yang tidak kamu kenal." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Adab (8)

"Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik." (HR. Bukhari, Baihaqi, dan Hakim)

Hadis tentang Adab (9)

"Apabila salah seorang di antara kalian hendak makan maka ucapkanlah: 'Bismillaah', dan jika ia lupa untuk mengucapkan bismillaah di awal makan maka hendaklah ia mengucapkan: 'Bismillaah awwaalahu wa aakhirahu' (dengan menyebut Nama Allah di awal dan akhirnya)." (HR. Abu Dawud)

 

Sumber: unsyiah.ac.id, syekhnurjati.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer