Sukses


Lupakan Saja Lionel Messi, Ronald Koeman Bisa Terapkan 3 Formasi Ini di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Fans Barcelona harus bersiap menyaksikan tim kesayangannya bertanding tanpa Lionel Messi. Sang megabintang sudah mengutarakan niatnya untuk angkat kaki dari Camp Nou.

Lionel Messi merupakan pemain penting di skuat Barcelona. Kapten timnas Argentina itu sudah mengantarkan klub meraih 33 trofi.

Namun, Messi sudah muak dengan kondisi di Barcelona saat ini. Karena itulah, La Pulga ingin mencari klub baru.

Messi sudah mengajukan permintaan transfer kepada Barcelona. Kepindahan pemain 33 tahun itu bisa saja terwujud dalam waktu dekat ini.

Jika Lionel Messi pindah, lantas formasi apa yang bisa diterapkan Ronald Koeman di Barcelona? Berikut ini perkiraannya.

 

Video

2 dari 5 halaman

4-3-3

Luis Suarez sudah tidak masuk dalam rencana Ronald Koeman di Barcelona. Karena itu, Antoine Griezmann akan mengisi pos penyerang tengah.

Pemain asal Prancis itu akan didampingi Ousmane Dembele sebagai winger kiri dan Ansu Fati sebagai pengganti Lionel Messi di sisi kanan. Dembele dan Fati sama-sama punya kecepatan yang luar biasa.

Di belakang trio penyerang Barcelona, ada Frenkie De Jong, Sergio Busquets dan Miralem Pjanic. Tiga pemain ini bisa memanjakan lini depan Barcelona dengan kualitas umpan-umpan mereka.

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Pjanic, Busquets, De Jong; Fati, Griezmann, Dembele

 

3 dari 5 halaman

4-2-3-1

Selama kariernya sebagai pelatih, Ronald Koeman sering menggunakan formasi 4-2-3-1. Pada formasi ini, Miralem Pjanic akan bergeser sedikit ke depan.

Posisi striker utama masih menjadi milik Antoine Griezmann. Dalam bertugas, Pjanic akan dibantu Ousmane dan Ansu Fati di akan menempati sektor sayap.

Sergio Busquets dan Frenkie De Jong akan mengisi peran double pivot. Kedua gelandang tersebut menawarkan keseimbangan pada lini tengah.

Barcelona (4-2-3-1): Ter Stegen; Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Busquets, De Jong; Fati, Pjanic, Dembele; Griezmann

 

4 dari 5 halaman

4-4-2

Di Southampton dan Everton, Ronald Koeman terkadang menggunakan formasi 4-4-2. Ousmane Dembele dan Sergi Roberto bisa bermain di sayap.

Koeman bisa memaksimalkan duet Antoine Griezmann dan Ansu Fati di lini depan. Kedua pemain tersebut punya insting gol tajam dan bisa saling melengkapi di lini depan.

Sementara itu, Miralem Pjanic dan Frenkie De Jong akan beroperasi di lini tengah. Keduanya harus memiliki porsi yang sama baik saat bertahan dan menyerang.

Barcelona (4-2-3-1): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Roberto, De Jong, Pjanic, Dembele; Fati, Griezmann

 

5 dari 5 halaman

3-5-2

Ronald Koeman juga tidak asing dengan formasi 3-5-2. Duet Antoine Griezmann dan Ansu Fati akan menjadi andalan di lini depan.

Jordi Alba akan bertindak sebagai wing back kiri. Sementara Sergio Roberto akan menempati posisi di sebelah kanan.

Pos gelandang akan diisi Miralem Pjanic, Sergio Busquets dan Frenkie De Jong. Sementara itu, Clement Lenglet, Gerard Pique dan Samuel Umtiti akan menempat posisi tiga bek sentral.

Barcelona (3-5-2): Ter Stegen; Umtiti, Pique, Lenglet; Roberto, Pjanic, Busquets, De Jong, Alba; Fati, Griezmann

 

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 26/8/2020)

Video Populer

Foto Populer