Liga Italia: Sadis! Banyak Tim Terdampak COVID-19, Operator Serie A Tidak Akan Tunda Pertandingan Malah Berikan Hukuman Kalah 0-3

oleh Hendry Wibowo diperbarui 06 Jan 2022, 18:00 WIB
Serie A - Ilustrasi Logo Serie A (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Operator Liga Italia, Lega Serie A membuat keputusan mengejutkan. Mereka baru saja menjalani rapat darurat pada Rabu (05/01/2021) malam waktu setempat.

Menanggapi tingginya kasus COVID-19 yang dialami Bologna, Salernitana, Torino, dan Udinese plus harus menjalani karantina, mereka memutuskan tidak akan menunda pertandingan giornata ke-20 yang berlangsung tengah pekan ini.

Advertisement

Keputusan operator Liga Italia, Lega Serie A terdengar sadis. Tapi tidak sepenuhnya mengejutkan, karena artinya mereka melanjutkan tindakan yang diambil sejak awal pandemi.

Mereka tetap berpegang pada protokol sepakbola, yang memaksa pertandingan tetap berjalan selama setidaknya ada 13 pemain yang tersedia termasuk satu penjaga gawang.

Namun, protokol itu turut menuliskan ASL (otoritas kesehatan setempat) memiliki hak untuk mengatur atau memerintahkan sebuah tim melakukan karantina.

Hal itulah tepatnya yang telah dilakukan ASL untuk Bologna, Salernitana, Torino dan Udinese, yang semuanya memiliki setidaknya tujuh kasus COVID-19 saat ini dalam skuad.

2 dari 3 halaman

Kalah 0-3

Serie A - Ilustrasi Piala Serie A (Bola.com/Adreanus Titus)

Operator Liga Italia, Lega Serie A pun menyebut dalam kasus pertandingan yang tidak bisa dihadiri tim karena COVID-19, maka tim lawan mendapatkan kemenangan 3-0 dan klub yang tidak bermain mendapat pengurangan satu poin.

Meskipun begitu, tim lawan harus tetap hadir ke stadion, menjalani pertandingan seakan-akan tidak terjadi apapun.

Setelah menunggu 45 menit dan lawan tidak muncul, pertandingan diputuskan gagal main dan tim yang hadir mendapatkan kemenangan 3-0.

3 dari 3 halaman

Yuk Intip Persaingan di Serie A

Berita Terkait