BRI Liga 1: Patut Ditunggu! Thomas Doll Kemungkinan Akan Memperagakan Sepak Bola Menyerang di Persija

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 24 Apr 2022, 21:45 WIB
Para pemain Persija Jakarta tampak lesu usai ditahan imbang 1-1 Bhayangkara FC dalam laga pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (26/3/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Thomas Doll mendeskripsikan dirinya sebagai pelatih dengan filosofi sepak bola menyerang. Begitu penjelasan Persija Jakarta ketika menerima curriculum vitae (CV) pria asal Jerman itu.

Persija Jakarta baru saja mengumumkan Thomas Doll sebagai pelatih baru untuk BRI Liga 1 2022/2023. Arsitek berusia 56 tahun itu dikontrak selama tiga musim.

Advertisement

Selain menjadi pelatih, Thomas Doll juga mengemban jabatan sebagai manajer tim bagi kesebelasan berjuluk Macan Kemayoran itu.

"Dalam CV yang diterima Persija, Thomas Doll menggambarkan dirinya sebagai pelatih yang berorientasi pada permainan menyerang," tulis Persija dalam lamannya.

Orientasi menyerang Thomas Doll artinya Persija Jakarta akan menjadi tim yang agresif dalam mencari gol, bukan bermain menunggu.

Ketika masih dilatih Sudirman pasca-memecat Angelo Alessio pada pertengahan musim lalu, Persija Jakarta bermain cenderung monoton. Macan Kemayoran kerap melancarkan serangan balik ketimbang menekan lawan.

2 dari 3 halaman

Catatan Gol dari Klub yang Dilatih Thomas Doll

Pelatih baru Persija Jakarta, Thomas Doll.

Berdasarkan catatan Transfermarkt sejak pertama kali terjun ke dunia kepelatihan untuk menangani Hamburg SV II pada 2002, Thomas Doll telah memimpin dalam 504 pertandingan.

Mantan peracik strategi Borussia Dortmund itu membukukan 246 kemenangan, 120 imbang, dan 138 kalah.

Dari 504 partai itu, Thomas Doll membawa delapan klub yang pernah dipolesnya mencetak 817 gol dan kemasukan 560 gol.

Artinya, setiap tim yang dilatih Thomas Doll mengemas 1,6 gol per pertandingan. Pada musim lalu, Persija Jakarta hanya membuat 43 gol dari 43 laga yang direrata menjadi 1,2 gol setiap partai.

3 dari 3 halaman

Posisi Persija di Musim Lalu

Berita Terkait