Timnas Indonesia U-23 Vs Filipina, SEA Games 2021: Bikin Blunder Fatal, Beranikah Shin Tae-yong Cadangkan Marc Klok?

oleh Wahyu Pratama diperbarui 13 Mei 2022, 11:15 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-23, Marc Klok saat pertandingan melawan Timor Leste dalam laga kedua fase Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Jakarta - Pemain naturalisasi asal Belanda, Marc Klok tengah menjadi sorotan. Penampilan buruknya saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Timor Leste pada fase Grup SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022), nyaris menjadi petaka bagi Indonesia.

Bagaimana tidak, kesalahannya dalam menguasai bola membuat Mouzinho dengan mudah merengsek ke kotak penalti. Keputusannya melakukan tekel justru berbuah penalti pada menit ketiga.

Advertisement

Beruntung, Ernando Ari memiliki refleks yang luar biasa. Kompatriotnya di bawah mistar itu sanggup mengamankan tembakan penalti Mouzinho yang mengarah ke sudut gawang.Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, bukan tak menyadari hal tersebut.

Setelah 'menunggu' selama satu jam permainan, pria asal Korea Selatan itu akhirnya menarik Klok dan memasukkan Marselino Ferdinan.

Kini yang menjadi pertanyaan, apakah pemain berusia 29 tahun itu bakal terus dipertahankan di posisi starter Timnas Indonesia U-23? Atau justru STY telah mendapat ilham untuk mencadangkannya?

2 dari 5 halaman

Saatnya Duet Rachmat Irianto - Syahrian Abimanyu?

Pemain Timnas Indonesia U-23, Syahrian Abimanyu saat pertandingan melawan Timor Leste dalam laga kedua fase Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Sepanjang turnamen, Indonesia menggunakan dua pemain di posisi gelandang bertahan. Rachmat Irianto dan Syahrian Abimanyu merupakan dua nama yang bergantian menemani Klok.Dengan situasi yang terjadi, bukan tidak mungkin STY bakal mengistirahatkan Klok.

Duet Irianto dan Abimanyu bisa dicoba sekarang sebelum menghadapi Myanmar di laga pamungkas babak grup.Namun, jika kedua pemain gagal menjalankan fungsinya. Klok bisa bersiap turun dari bangku cadangan.

3 dari 5 halaman

Main Dengan Satu Pivot

SEA Games - Ilustrasi Shin Tae-yong, Egy, Witan, Ronaldo - Timnas Indonesia U-23 Vs Timor Leste (Bola.com/Adreanus Titus)

Beberapa tahun terakhir, Marc Klok bermain lebih ke depan di posisi No. 6. Padahal, namanya di sepak bola nasional bisa seperti sekarang karena perannya yang lebih bertahan saat masih berseragam PSM Makassar.

Ini mungkin bisa menjadi solusi STY jika ingin tetap memberikan ruang baginya di tempat utama. Bermain lebih ke belakang memungkinkannya menjadi pengatur permainan yang sebenarnya.

Dengan memberikan kesempatan Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan bermain bersama, ia bakal jadi pemain yang tepat untuk menemani mereka. Tetapi menghadapi lini tengah Filipina yang digawangi pemain senior macam Stephan Schrock, STY harus berpikir matang.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

SEA Games - Filipina Vs Timnas Indonesia U-23 - 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Jumat, 13 Mei 2022

Timnas Filipina Vs Timnas Indonesia U-23

  • Viet Tri Stadium
  • Kick-off: pukul 16.00 WIB
  • Siaran langsung: RCTI

Timnas Myanmar Vs Timnas Vietnam

  • Viet Tri Stadium
  • Kick-off: pukul 19.00 WIB
  • Siaran langsung: RCTI+

 

5 dari 5 halaman

Berita Terkait