Sukses


Hitung-hitungan Peraih Tiket ke Liga Champions dari Liga Italia di Pekan Terakhir: Juventus, AC Milan, atau Napoli yang ke Liga Malam Jumat?

Bola.com, Jakarta - Liga Italia musim 2020/2021 tetap seru walau gelar juara sudah pasti milik Inter Milan. Sebab, ada Atalanta, AC Milan, Napoli, dan Juventus bersaing untuk berebut zona Liga Champions.

Atalanta saat ini memimpin klasemen untuk perebutan zona Liga Champions. La Dea berada di posisi kedua dengan 78 poin. Atalanta unggul dua poin dari Napoli dan AC Milan yang berada di bawahnya.

Lalu, Juventus berada di posisi kelima dengan raihan 75 poin. Masing-masing tim masih punya satu laga sisa pada musim 2020/2021.

Giornata ke-38 atau terakhir bakal serentak digelar pada tanggal 24 Mei nanti. Semua tim akan bermain pada pukul 00.30 WIB. Artinya tidak ada waktu buat melihat hasil akhir rival. 

Lantas, siapa tim Liga Italia yang akan lolos ke Liga Champions mendampingi Inter Milan dan tampil di Liga Europa atau sering disebut Liga Malam Jumat pada musim depan? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui hitung-hitungannya. 

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 5 halaman

Duel Langsung Atalanta vs AC Milan

Pada pekan ke-38, alias pekan terakhir Liga Italia 2020/2021, Atalanta akan berjumpa Milan di Bergamo. Laga ini bakal sangat menentukan langkah kedua tim untuk berada di empat besar klasemen akhir.

Jika Atalanta menang, maka mereka otomotis berada di posisi kedua klasemen akhir dan tampil di fase grup Liga Champions.

Namun, jika Milan yang menang, maka Rossoneri akan lolos ke Liga Champions. Milan akan mendapat poin lebih banyak dari Atalanta. Milan akan mendapat satu poin lebih banyak dari Atalanta.

3 dari 5 halaman

Apa yang Dibutuhkan Juventus dan Napoli?

Napoli akan menjamu Hellas Verona pada pekan ke-38 di Stadion Diego Armando Maradona. Napoli wajib menang jika ingin lolos ke Liga Champions. Jika imbang, maka Napoli akan menunggu hasil yang didapat tim lain.

Lalu, bagaimana dengan peluang Juventus?

Juventus tidak bisa menentukan nasibnya sendiri. Pasukan Andrea Pirlo harus menang pada duel melawan Bologna di Renato dall'Ara. Namun, menang saja tidak cukup bagi Juventus untuk lolos ke Liga Champions.

Juventus harus berharap agar Atalanta, AC Milan, atau Napoli kalah sehingga mereka bisa masuk ke empat besar.

4 dari 5 halaman

Nah Apa yang Terjadi Jika Poin Sama?

Ada banyak kemungkinan yang terjadi pada pekan terakhir Serie A. Mungkin ada tim yang punya poin akhir sama antara empat tim yang bersaing di zona Liga Champions.

Misalnya, jika Atalanta kalah dan Juventus menang, maka kedua tim akan mendapat poin sama yakni 78. Lalu, jika hal itu yang terjadi, seperti apa hitungan yang dipakai untuk menentukan posisi klasemen?

Berdasar peraturan di Serie A, maka penentuan posisi klasemen jika poin sama adalah head-to-head.

Jika jumlah tim dengan poinnya sama lebih dari dua tim, maka akan diterapkan classifica avulsa atau klasemen mini antara tim-tim yang poinnya sama. Hasil yang dihitung adalah pertemuan tim-tim terkait.

5 dari 5 halaman

Scroll ke Bawah untuk Melihat Head to Head

Jika Atalanta menang atas Milan, lalu Napoli kalah dan Juventus imbang, maka ada tiga tim yang mendapat 76 poin. Berikut adalah head to head antara tiga tim tersebut:

AC Milan

  • Milan 1-3 Juventus
  • Juventus 0-3 Milan
  • Napoli 1-3 Milan
  • Milan 0-1 Napoli

Napoli

  • Napoli 1-3 Milan
  • Milan 0-1 Napoli
  • Napoli 1-0 Juventus
  • Juventus 2-1 Napoli

Juventus

  • Milan 1-3 Juventus
  • Juventus 0-3 Milan
  • Napoli 1-0 Juventus
  • Juventus 2-1 Napoli

 

Jadi, jika Milan, Napoli, dan Juventus punya poin yang sama, maka Milan akan berada di posisi ketiga klasemen. Juventus berada di posisi keempat dan Napoli berada di posisi kelima. Napoli tidak lolos ke Liga Champions. 

  1. AC Milan 6 poin (gol 7, kemasukan 5, selisih gol + 2)
  2. Juventus 6 poin (gol 5, kemasukan 6, selisih gol -1)
  3. Napoli 6 poin (gol 4, kemasukan 5, selisih gol -1)

Video Populer

Foto Populer