Sukses


Enggak Nyangka, Bek Berkepala Plontos Milik MU dan 4 Pemain Lain Pernah Terganjal Tes Doping

Bola.com, Jakarta - Sungguh malang nasib Paul Pogba. Belum 100 persen bugar pascacedera panjang, kini pemain Juventus itu tersandung kasus pelik, yakni masalah penggunaan zat terlarang.

Pogba positif mengkonsumsi testosteron dalam hasil tes doping beberapa waktu lalu. Uji terhadap pemain Prancis itu dilakukan tak lama setelah Juventus bentrok kontra Udinese, dalam laga pembuka Serie A 2023/2024, beberapa waktu lalu.

Ketika itu, Juventus unggul 3-0. Sesuai aturan, setelah pertandingan, tim dokter berhak melakukan tes terhadap para pemain dengan cara memilih acak.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Kena Hukuman

Testosteron memiliki fungsi meningkatkan kekuatan, massa otot, dan berat badan tanpa lemak. Bisa dikonsumsi via oral atau disuntikkan alias injeksi.

The Guardian merilis, Pogba terancam hukuman larang bermain hingga empat tahun. Pogba tak bisa menghindar, karena Pengadilan Anti-doping Nasional Italia (NADO) pada awal pekan ini resmi menyatakan mantan pemain Manchester United itu bersalah.

“Sebagai penerimaan terhadap kasus yang diajukan Jaksa Anti-doping Nasional, mereka menetapkan skorsing sementara terhadap atlet Paul Labile Pogba,” kata NADO, lewat pernyataan resminya.

Pogba bukan pemain top pertama yang terlilit kasus penggunaan obat terlarang. Sebelumnya, sejumlah seniman lapangan hijau juga mengalami kondisi yang sama:

 

3 dari 7 halaman

Edgar Davids

Terkenal dengan determinasinya di awal tahun 2000-an, karier Davids menemui hambatan pada 2001. Saat itu, ia dinyatakan positif menggunakan nandrolone.

Ia menjadi pemain ketujuh di Serie A yang dinyatakan positif menggunakan zat tersebut pada musim itu. Setelah gagal dalam tes antidoping kedua beberapa bulan setelah insiden awal, pemain asal Belanda itu dinyatakan positif lagi.

Kali ini, Davids menggunakan steroid anabolik norandrosteron dan noretiocolanolone setelah pertandingan Juventus melawan Udinese. Larangan 16 bulan yang diberikan pada saat itu akan membuatnya absen di Piala Dunia 2002, jika Belanda lolos. Namun, Davids hanya absen empat bulan.

 

4 dari 7 halaman

Adrian Mutu

Mutu pernah mendapat masalah besar ketika baru saja mendarat di Chelsea. Banderol transfer 15,8 juta pounds menjadi beban tersendiri, dan itu tak terjadi sebelumnya ketika membela Parma.

Ia tak mendapat tempat reguler dan tim pelatih. Lebih memalukan lagi, dia menerima larangan bermain sepak bola selama tujuh bulan pada 2004.

Latarnya tak lain, Mutu positif menggunakan kokain. Tak ayal, vonis itu menjadi 'paku terakhir di peti mati' saat bergabung degan Chelsea.

 

5 dari 7 halaman

Jaap Stam

Ingat ketika Edgar Davids yang terjebak dalam kasus steroid Serie A tahun 2001? Stam juga ternyata terlibat dan dinyatakan positif menggunakan nandrolone pada saat bersamaan.

Dia mendapat hukuman larangan bermain lima bulan. Setelah mengajukan banding, lama hukuman berkurang menjadi hanya empat bulan. Saat itu, eks MU ini sempat membuat resah lini pertahanan Lazio.

 

6 dari 7 halaman

Frank de Boer

Pengguna nandrolone lainnya, De Boer dinyatakan positif menggunakan zat tersebut setelah pertandingan Barcelona di Piala UEFA, melawan Celta Vigo pada tahun 2001.

Ia langsung mendapat larangan bermain selama satu tahun. Namun, semua itu lebih cepat selesai, setelah sang pemain sanggup memberikan jaminan.

 

7 dari 7 halaman

Diego Maradona

Maradona membuat pengalaman epik terkait hubungannya dengan zat terlarang. Maradona dinyatakan positif menggunakan zat terlarang saat berada di Napoli pada 1991.

Pemain asal Argentina itu bangkit kembali. Namun, ia kembali terlibat masalah beberapa tahun kemudian, ketika dinyatakan positif menggunakan efedrin di Piala Dunia 1994.

Akibatnya, manajemen Timnas Argentina mengeluarkan Maradona. Hal itu seolah menjadi penanda, Maradona mengakhiri karir internasionalnya dengan cara yang memalukan dan menandai awal dari akhir karier bermain di level klub.

Sumber : Planetfootball

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Sepakbola

  • SportBites

  • Bola.com

Video Populer

Foto Populer