Sukses


Ketatnya Aturan Main Soal Makanan dan Pola Istirahat di Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Manajer sekaligus pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mulai menerapkan kebijakan tangan besi. Ia ingin anak-asuhnya tak hanya disiplin dalam berperilaku tapi juga dalam urusan makanan.

Di sepanjang TC di Chiang Mai, para pemain Tim Garuda Muda tak boleh makan sembarangan. Mereka dilarang menyantap makanan goreng-gorengan.

Makanan berbau goreng-gorengan biasanya juga mengandung kalori yang tinggi. Ilustrasinyasatu gram lemak setara dengan 9 kalori. Jika para pemain timnas terbiasa makan gorengan, bukan tidak mungkin berat badan mereka akan bertambah.

Berat badan yang bertambah akan memengaruhi kebugaran para pemain. Ini tidak sejalan dengan niat sang pelatih untuk membenahi kondisi fisik pasukan Timnas Indonesia U-19.

Bek Timnas Indonesia U-19, Komang Tri Arta Wiguna, mengungkapkan pendekatan Tae Yong yang amat disiplin, terutama berkaitan dengan menu makanan.

"Beliau melarang kami untuk makan gorengan, karena menurutnya itu akan mengganggu kondisi fisik kami sebagai seorang pesepak bola," kata Komang Tri seperti dikutip dari situs Bali United.

Selama di Thailand, para pemain belia dibiasakan makan menu berbau rebusan. Sebenarnya kebijakan model ini bukan sesuatu yang baru di dunia sepak bola modern, tapi biasanya di Indonesia para pemain kerap melanggarnya karena merasa tak selera dengan menu makanan yang diwajibkan. 

Ambil contoh larangan mengkomsumsi nasi jelang pertandingan yang diganti mie tanpa bumbu. Banyak pesepak bola Indonesia kesulitan untuk menjalaninya.

Selain pola makan, Timnas Indonesia U-19 juga dituntut Shin Tae-yong menjaga keseimbangan waktu istirahat dan latihan. Ia tak memperbolehkan pemain kelayapan keluar penginapan sembarangan.

"Coach Shin Tae-Yong adalah pelatih yang disiplin. Beliau mengajarkan kepada kami untuk disiplin saat latihan, baik itu disiplin waktu maupun disiplin dalam pola makan dan istirahat," kata Komang Tri.

2 dari 3 halaman

Uji Coba Tanpa Target Wajib Menang

Selama di Thailand, Timnas Indonesia U-19 direncanakan menjalani laga uji coba menghadapi klub-klub sepak bola Korea Selatan kontestan K-League yang sedang menjalani pramusim di Negeri Gajah Putih.

"Kami akan beruji coba melawan Seongnam FC, Ulsan Hyundai, Gwangju FC dan Busan FC. Ada dua lawan lain sepertinya dari Thailand tapi namanya belum bisa disebut," kata Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto yang dikontak Bola.com pada Kamis (23/1/2020).

Shin Tae-yong tidak mematok target apa-apa saat anak-asuhnya bertanding. Ia fokus menata kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia U-19. Bisa dibilang laga uji coba hanya sarana mengukur seberapa siap timnas menjalani pertandingan dengan intensitas tinggi.

3 dari 3 halaman

Video

From Tokyo to New York, Cerita Dua Pegiat Lari Indonesia di Seri Maraton Dunia

Video Populer

Foto Populer