Sukses


BRI Liga 1: Keterbatasan Venue, VAR Mobile Jadi Solusi agar Madura United Tetap Bisa Berkandang di SGB

Bola.com, Jakarta - Madura United dipastikan bisa menggelar pertandingan fase Championship Series BRI Luga 1 2023/2024 di depan pendukungnya sendiri.

Sebelumnya, ada kekhawatiran mereka bakal jadi tim musafir selama empat besar. Maklum, Stadion Gelora Bangkalan (SGB) yang merupakan kandang mereka bukanlah stadion yang terbilang mewah.

Padahal, setiap venue harus terpasang Virtual Assistant Refferee (VAR). Untungnya, perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) punya solusi jitu.

Operator kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air telah menyiapkan VAR Mobile untuk stadion yang tak terlalu ramah.

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

VAR Mobile Solusi Ideal

Ketua Local Organizing Committee (LOC) Madura United, Moh. Alwi, yang turut mendampingi pengecekan kelayakan VAR, menyebut solusi tersebut merupakan yang paling ideal setelah melihat kondisi SGB.

"Karena terbatasnya tempat/ruangan akhirnya diputuskan menggunakan VAR Mobile. Tetapi untuk penempatan kamera masih bisa menggunakan tempat yang ada di SGB," ungkapnya.

"Langkah ini dibuat agar SGB tetap menjadi venue pertandingan championship series yang akan digelar pertengahan Mei nanti," sambung pria asal Pamekasan tersebut.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Fun Football Jadi Ajang Trial

Madura United jadi klub terakhir yang memastikan satu tempat di championship series. Laskar Sape Kerrap pun jadi satu-satunya tim yang belum mendapatkan sosialisasi penggunaan VAR.

PT LIB sendiri telah menjadwalkan agenda sosialisisasi dalam waktu dekat. Panitia pelaksana pun juga bakal menjajal penggunaan VAR beberap hari sebelum pertandingan.

"Kami nanti juga akan menggelar sosialisasi secara tatap muka tentang penggunakaan VAR ke semua unsur terkait pertandingan. Rencana H-2 bakal dilangsungkan simulasi berupa fun football di SGB menggunakan VAR," tutupnya.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Tantang Jawara Regular Series

Madura United menghadapi tantangan sulit di fase semi-final nanti. Mereka bakal menghadapi Borneo FC Samarinda yang merupakan jawara regular series.

Klub asal Pulau Garam itu bakal menjadi tuan rumah terlebih dahulu di Gelora Bangkalan, Madura (15/4/2024). Empat hari berselang, giliran mereka yang melawat ke Stadion Batakan, Balikpapan.

Sementara itu, pertandingan semi final lain mempertemukan Persib Bandung dan Bali United. Kedua kesebelasan merupakan penghuni posisi kedua dan ketiga di babak regular series.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer