Sukses


Prediksi Persebaya Vs Persik: Derby Jatim Pembuka Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya bakal mengawali kiprah di Shopee Liga 1 2020 dengan melakoni laga pembuka sebagai tuan rumah. Mereka akan menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (29/2/2020). 

Pertemuan ini penting karena kedua tim sama-sama mencatatkan prestasi pada musim lalu. Persebaya merupakan tim runner-up Liga 1 2019, sedangkan Persik adalah tim promosi yang berstatus sebagai kampiun Liga 2 2019. 

Sebelumnya, Persebaya dan Persik berjumpa dalam turnamen Piala Gubernur Jatim 2020. Tim Bajul Ijo mampu memetik kemenangan dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, 10 Februari 2020. Pada laga itu, Persebaya memercayakan pemain muda untuk mengalahkan Persik.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengindikasikan akan membuat sebuah kejutan, yakni strategi dan komposisi tim.

“Dalam pertandingan pramusim, saya sudah memberi kesempatan pada pemain muda. Di kompetisi tetap akan sama. Saya mempersiapkan pemain di kompetisi, seperti yang saya lakukan di Piala Gubernur,” kata Aji.

Tim asal Kota Pahlawan itu kemungkinan menurunkan komposisi terbaik. Seluruh pemain asing diberi kesempatan sejak menit pertama. David da Silva, Aryn Williams, Mahmoud Eid, dan Makan Konate tidak mengalami kendala dan dalam kondisi fit.

“Semua pemain harus siap. Lawan akan susah memprediksi, siapa yang akan saya pasang dan memakai taktik seperti apa. Saya akan mengubahnya, tidak pernah sama. Mungkin itu sedikit sulit diantisipasi lawan,” imbuh pelatih asli Malang itu. 

Persebaya berpeluang berpeluang meneruskan catatan impresif yang dibukukan selama pramusim. Mereka mampu membukukan 22 gol hanya dalam tujuh pertandingan sejak awal Januari silam.

2 dari 4 halaman

Persik Tak Keder

Persik Kediri juga selama ini lekat dengan kejutan. Dalam dua tahun terakhir, tim Macan Putih keluar sebagai juara Liga 3 2018 dan Liga 2 2019.

"Persik memang tim yang selalu tak diperhitungkan, namun bisa bikin kejutan. Contohnya prestasi dua tahun terakhir. Di Liga 1 ini, kami ingin terus jadi tim kejutan," kata pelatih Persik, Joko Susilo.

Pelatih asal Cepu, Jateng, ini yakin anak asuhnya punya motivasi tinggi saat menghadapi Persebaya.

"Prestasi kemarin bisa jadi motivasi. Tapi di Liga 1, prestasi itu saja tak cukup. Jika ingin terus bikin kejutan, kami harus kerja keras. Karena Liga 1 sangat keras. Langkah Persik musim ini tergantung hasil lawan Persebaya nanti," tuturnya.

Menurut mantan asisten Timnas Indonesia ini, Faris Aditama dkk. harus melakukan start bagus jika ingin bersaing dengan kontestan lainnya.

"Hasil bagus pada awal musim akan mempengaruhi kinerja tim hingga akhir kompetisi. Makanya, kami minimal harus bisa mencuri poin di Surabaya agar pemain punya kepercayaan diri di laga selanjutnya," ujarnya.

Joko mengaku tak silau dengan pasukan milik sahabatnya, Aji Santoso. Namun, dia menilai semua pemain Bajul Ijo sangat berbahaya.

"Persebaya tak hanya David da Silva dan Makan Konate. Kuncinya, bagaimana semua pemain Persik bisa menjalankan perannya sesuai taktik yang telah saya berikan di permainan," ucapnya.

Dani Saputra mewakili rekan setimnya juga tak keder tampil di hadapan puluhan ribu Bonekmania. "Saya dan beberapa pemain Persik yang kemarin main di Liga 1 pernah tampil di GBT. Saya kira teman lainnya juga tak akan demam panggung dengan tekanan Bonek. Kami siap mencuri poin Persebaya," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Abu Rizal, Hansamu Yama, Arif Satria, Alwi Slamat (belakang); Aryn Williams, Rachmat Irianto, Makan Konate (tengah); Mahmoud Eid, David da Silva, Irfan Jaya (depan). 

Pelatih: Aji Santoso

Persik (3-5-2): Dimas Galih (kiper), Jeferson Alvez, Ante Bakmaz, Andri Ibo (belakang), Vava Mario Zagallo, Ibrahim Sanjaya, Dani Saputra, Faris Aditama, Gaspar Vega (tengah), Sackie Teah Doe, Septian Satria Bagaskara (depan).

Pelatih: Joko Susilo

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer