Sukses


Beto Goncalves dan Deretan Pemain Bintang yang Aksinya Tidak Lagi Bisa Disaksikan Ketika Shopee Liga 1 2020 Berlanjut

Bola.com, Jakarta - Kelanjutan Shopee Liga 1 2020 yang bakal dimulai dalam hitungan hari lagi sudah sangat dinantikan oleh pecinta sepak bola di Indonesia. Namun, bisa dipastikan bakal banyak yang berbeda jika dibandingkan dengan tiga pekan pertama kompetisi yang sudah digelar pada akhir Februari hingga pertengahan Maret lalu.

Perjalanan panjang telah dilalui oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk bisa memastikan agar Shopee Liga 1 2020 tetap bergulir. Federasi Sepak Bola Indonesia memang akhirnya menginginkan kompetisi bisa bergulir kembali, satu di antara beberapa alasannya sebagai persiapan bagi para pemain muda untuk mendapatkan jam terbang demi memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021.

Tidak sampai di situ, setelah kompetisi terhenti selama beberapa bulan dan klub dipersilakan membayar gaji pemain, pelatih, dan ofisial hanya sebesar 25 persen dari kontrak awal, PSSI kemudian membuat kebijakan bahwa klub dipersilakan untuk melakukan renegosiasi kontrak dengan pemain, pelatih dan ofisial ketika Shopee Liga 1 2020 kembali bergulir.

PSSI mempersilakan renegosiasi kontrak dengan nilai berkisar di angka 50 persen dari kontrak awal. Kebijakan yang pada akhirnya cukup berpengaruh terhadap sejumlah kontrak kerja sama. Ada pemain dan pelatih yang akhirnya memutuskan untuk mundur dari klub karena tidak mencapai kata sepakat, terutama mereka yang berasal dari luar negeri.

Sementara itu, ada sejumlah klub yang sebenarnya tidak ingin kompetisi berlanjut karena pandemi COVID-19 masih mengancam. Meski regulasi protokol kesehatan telah dibuat untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, rasa cemas tetap tak bisa disingkirkan begitu saja karena menyangkut keselamatan, baik yang berkompetisi maupun keluarga di rumah.

Setelah semua klub sepakat untuk mengikuti kompetisi karena menghindari adanya sanksi dari PSSI jika bersikeras untuk mundur, ada beberapa pemain yang tetap dalam pendirian untuk tidak melanjutkan kompetisi karena menyangkut kesehatan.

Kali ini Bola.com membahas beberapa nama besar yang selalu mendapatkan sorotan di Shopee Liga 1, tapi memutuskan untuk tidak melanjutkan kiprah mereka di kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu.

2 dari 7 halaman

Arthur Cunha

Pemain asing asal Brasil ini sudah datang ke Indonesia sejak 2015. Arthur Cunha pertama kali datang ke Indonesia dan bergabung bersama Mitra Kukar, di mana ia membantu Naga Mekes menjuarai Piala Jenderal Sudirman 2015.

Setelah itu, Arthur Cunha bergabung bersama Arema FC pada 2016. Ia membela Singo Edan dan membantu klub kebanggaan Aremania itu untuk menjuarai Piala Presiden 2017 dan 2019. Namun, jelang musim 2020, Arema FC memutuskan untuk meminjamkannya ke Persipura Jayapura.

Sayangnya, Arthur Cunha tidak cukup waktu untuk meneruskan kiprahnya dengan baik bersama Persipura Jayapura setelah Shopee Liga 1 2020 harus terhenti pada pekan ketiga. Setelah kompetisi diputuskan bakal bergulir kembali, Arthur Cunha tidak mencapai kata sepakat terkait renegosiasi dan memutuskan untuk pergi.

Arthur Cunha memutuskan mengikuti jejak Sylvano Comvalius, rekan setimnya di Arema FC yang juga dipinjamkan ke Persipura, bergabung dengan klub Malta, Sliema Wanderers.

3 dari 7 halaman

Beto Goncalves

Runner-up top scorer Shopee Liga 1 2019 ini merupakan andalan lini depan Madura United pada musim lalu. Bahkan ia tetap bertahan bersama Laskar Sapeh Kerap pada Shopee Liga 1 2020.

Dalam tiga pertandingan yang sudah dimainkan pada musim ini, Beto sudah mencetak tiga gol. Striker naturalisasi tersebut mencetak dua gol dalam kemenangan 4-0 yang diraih Madura United saat menghadapi Barito Putera pada pekan pertama, dan satu gol ke gawang Bali United ketika Laskar Sapeh Kerap kalah 1-3 pada pekan ketiga.

Berbeda dengan Arthur Cunha yang memilih meninggalkan Indonesia setelah tidak mencapai kata sepakat dalam renegosiasi kontrak, Beto memilih kembali ke klub lamanya, Sriwijaya FC. Beto yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) tentu bisa membela Laskar Wong Kito di Liga 2.

4 dari 7 halaman

Greg Nwokolo

Rekan setim Beto Goncalves di Madura United ini memutuskan tidak melanjutkan kompetisi dengan alasan yang paling berbeda dibanding mayoritas pemain lain. Greg Nwokolo memutuskan tidak melanjutkan tampil di Shopee Liga 1 2020 karena alasan kesehatan.

Dengan lanjutan kompetisi yang menyisakan 31 pertandingan dan digelar selama lima bulan dari awal Oktober 2020 hingga akhir Februari 2021, jadwal pertandingan sangat ketat. Belum lagi kompetisi diputuskan terpusat digelar di Pulau Jawa dan setiap tim bertandang lewat jalur darat menggunakan bus.

Satu hal yang menjadi pertimbangan utama Greg Nwokolo adalah keluarga. Pemain naturalisasi kelahiran Nigeria itu tidak ingin istri dan anaknya harus ikut menerima risiko terpapar virus corona karena dirinya berkompetisi di tengah pandemi COVID-19.

Pemain yang sudah bermain di Indonesia sejak 2004, dan sempat beberapa kali menjajal kompetisi di Singapura dan Thailand, memilih untuk beristirahat dulu pada sisa musim ini.

5 dari 7 halaman

Oh In-kyun

Pemain asing asal Korea Selatan ini juga mundur dari Arema FC karena mentok dalam proses renegosiasi kontrak jelang lanjutan Shopee Liga 1 2020. Berbeda dengan pemain kebanyakan, Oh In-kyun, dikabarkan bukan tidak setuju dengan nilai yang ditawarkan manajemen Singo Edan, tapi karena keinginannya tidak dipenuhi.

Oh In-kyun kabarnya meminta jaminan dari manajemen Arema FC untuk tetap bisa bersama klub kebanggaan Aremania itu hingga musim depan. Namun, manajemen Arema FC tidak bisa menyetujuinya karena keputusan merekrut pemain ada di tangan pelatih.

Hal tersebut membuat Oh In-kyun tak hanya mundur dari Arema, tapi juga memutuskan untuk gantung sepatu. Pemain berusia 35 tahun itu memutuskan pensiun setelah 10 tahun berkarier di Indonesia.

Oh In-kyun pertama kali datang pada 2010 dan bergabung bersama PS Bengkulu. Ia kemudian membela PSMS Medan, Persela Lamongan, Gresik United, Mitra Kukar, Persib Bandung, dan Persipura Jayapura sebelum akhirnya bergabung dengan Arema FC pada awal 2020.

6 dari 7 halaman

Pemain Besar yang Masih Ditunggu Kehadirannya

Sejumlah klub masih menunggu kedatangan para pemain asing andalannya yang masih berada di negaranya masing-masing. Namun, ada kemungkinan pemain-pemain tersebut tidak akan kembali berkompetisi di Shopee Liga 1 2020 karena masalah renegosiasi kontrak.

David da Silva adalah contoh pemain yang hingga saat ini masih ditunggu klubnya, Persebaya Surabaya. Pemain asing lain di klub berjulukan Bajul Ijo itu sudah kembali, seperti Aryn Williams dan Mahmoud Eid. Sementara Makan Konate sejak awal tidak meninggalkan Indonesia.

Kemudian ada dua pemain asing Persija Jakarta yang belum bergabung. Mereka adalah Marco Motta asal Italia dan Rohit Chand asal Nepal. Marco Motta juga punya kemungkinan tidak kembali karena masalah renegosiasi, sementara Rohit Chand yang dikenal sangat loyal bersama Persija diyakini akan segera kembali ketika pintu masuk Imigrasi Indonesia terbuka.

Gelandang asing PSIS Semarang, Flavio Beck Junior, kabarnya segera kembali ke Indonesia. Ia sempat terhalang untuk kembali ke Indonesia setelah tertahan di bandara Kroasia pada Jumat (18/9/2020). Ia diwajibkan untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk kembali ke Indonesia.

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer