Sukses


3 Asisten Shin Tae-yong Hengkang dari Timnas Indonesia, Bagaimana dengan Nova Arianto?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ditinggalkan tiga asistennya dari Korea Selatan, Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong. Ketiganya mengundurkan diri sebagai tangan kanan pria berusia 52 tahun itu.

Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong menjadi asisten kedua, ketiga, dan keempat yang hijrah dari Timnas Indonesia. Sebelumnya, Gong Oh-kyun telah lebih dulu pergi pada Desember 2020.

Posisi Gong Oh-kyun digantikan oleh Choi In-cheol pada Mei 2021.

Dalam staf kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Kim Hae-woon menjabat sebagai pelatih kiper, Kim Woo-jae menjadi pelatih teknik, dan Lee Jae-hong berstatus pelatih fisik.

Sekarang, tim kepelatihan Shin Tae-yong tinggal menyisakan Choi In-cheol sebagai asisten bawaannya dari Korea Selatan, Nova Arianto, Alex Aldha Yudi, dan Sahari Gultom dari Indonesia.

Shin Tae-yong juga masih dibantu oleh dua penerjemah asal Korea Selatan, Seo Jeong-seok dan Yoo Jae-hoon.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Nova Arianto Bertahan

Nova Arianto sebagai satu dari beberapa asisten Shin Tae-yong, memastikan tidak akan mengikuti jejak Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong untuk meninggalkan Timnas Indonesia.

"Saya minta maaf kalau mungkin selama bersama coach semua saya ada kesalahan dan kekurangan," kata Nova Arianto dalam akun Instagramnya, @novarianto30.

"Izinkan saya untuk terus melanjutkan tugas ini dengan kemampuan yang saya miliki untuk membantu Shin Tae-yong lebih maksimal lagi," terang asisten pelatih berusia 42 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Kerja Sama sejak 2019

Nova telah berpartner dengan Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong sejak Shin Tae-yong ditunjuk sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019.

Keempatnya bersama beberapa asisten lain menjadi pendamping Shin Tae-yong dalam memoles Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-19.

"Cuma bisa bilang terima kasih untuk semua coach, kalian orang yang baik, jujur, dan bekerja sangat profesional untuk kemajuan sepak bola Indonesia," kata Nova Arianto.

"Terima kasih juga selama ini untuk ilmu-ilmu baru yang mungkin tidak saya dapatkan selama ini. Dan itu yang akan saya pegang untuk karier saya ke depannya."

"Walaupun sedih dan berat, tapi apa pun keputusan yang diambil oleh coach semua, saya sangat mengerti dan berusaha untuk memahaminya karena pasti yang terbaik untuk coach semua."

"Sepak bola terus berjalan dan percayalah kalau Tuhan mengizinkan, kita pasti akan bertemu kembali coach. Sehat selalu coach dan sukses di mana pun coach berada. Terima kasih coach Lee Jae-hong, coach Kim Hae-woon, dan coach Kim Woo-jae," tulisnya mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer