Sukses


Mengintip Kekuatan Lini Tengah yang Berubah Drastis dari Persib, Persija, Arema, PSIS dan Persik Kediri Jelang BRI Liga 1 2022 / 2023

Bola.com, Jakarta - Klub kontestan BRI Liga 1 2022/2023 terus aktif di bursa transfer untuk menghadapi musim baru. Banyak tim melakukan perombakan dengan melepas pemain yang dinilai tidak layak lagi untuk bermain di klub mereka.

Selain itu, para pemain baru pun terus berdatangan. Termasuk mereka yang belum pernah sekalipun bermain di Indonesia atau di ajang BRI Liga 1.

Arema FC menjadi satu di antara klub yang paling aktif di bursa transfer kali ini. Sejauh ini, tim Singo Edan punya sembilan pemain baru.

Semuanya adalah pemain lokal. Kondisi itu tentu bakal mengubah komposisi pemain inti Singo Edan di musim depan, terutama di posisi gelandang.

Di musim lalu, Arema kerap menggunakan skema 4-3-3. Hanif Sjahbandi, Sandi Sute, dan Renshi Yamaguchi biasa mengisi posisi itu. Namun, kini Sandi san Hanif tak lagi bersama Arema.

Posisi keduanya diprediksi akan digantikan oleh Evan Dimas dan Adam Alis. Trio Evan, Adam, dan Yamaguchi tampak sudah cukup meyakinkan untuk mengarungi musim depan.

2 dari 6 halaman

Wajah Baru Persik

Persik Kediri menjalani musim lalu layaknya yoyo. Mereka sempat lama ada di posisi zona degradasi. Namun, perlahan Macan Putih bisa bangkit.

Persik tentu tak mau hal itu terulang lagi. Untuk itu mereka melakukan perubahan besar pada skuad. Belasan pemain sudah dilepas oleh manajemen Persik.

Kondisi itu membuat lini tengah Persik praktis akan diisi pemain baru. Di musim lalu, Marwin Angeles, Ady Eko, Dionatan Machando, Faris Aditama, dan Antoni Putro Nugroho menjadi pilihan utama dalam formasi 4-2-3-1.

Namun, yang tersisa dari lima pemain itu hanyalah Ady Eko dan Faris. Keduanya diperkirakan akan sulit mendapatkan menit bermain di musim depan. Apalagi ketika melihat pemain anyar yang didatangkan Persik.

Gelandang bertahan Persik jelas bakal diisi oleh Taufiq dan Rohit Chand. Kemudian di posisi winger kanan ada Feri Pahabol, di kiri bakal diisi oleh Riyatno Abiyoso. Sementara gelandang nomor 10 diserahkan juga kepada pemain baru, Renan Silva.

3 dari 6 halaman

Trio Lokal Persib

Di musim lalu, Persib kerap menggunakan skema 4-3-3. Dalam skema itu, Marc Klok, Beckham Putra, dan Mohammed Rashid biasa mengisi pos di lini tengah.

Kini, Rashid sudah tak lagi ada di Persib. Sebagai gantinya, Maung Bandung mendatangkan dua gelandang lokal berkualitas, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Kambuaya dan Irianto tentu bakal disandingkan dengan Klok di lini tengah Persib nanti. Ketiganya kebetulan sudah teruji di SEA Games 2021 lalu.

Selain itu, pemain lain seperti Beckham Putra juga bakal tetap mendapatkan kesempatan. Sembari menanti apakah Persib bakal mendatangkan gelandang asing atau tidak di musim ini.

4 dari 6 halaman

Persija Andalkan Gelandang Bertahan Lokal

Lebih dari lima tahun terakhir, Persija Jakarta sangat identik dengan Rohit Chand. Gelandang bertahan asal Nepal itu selalu mengawal lini tengah Macan Kemayoran.

Namun, Chand sudah pindah ke Persik. Sebagai gantinya, Persija sudah punya sosok Hanif Sjahbandi yang didatangkan dari Arema FC.

Hanif tentu bakal menjadi pilihan utama di posisi gelandang bertahan. Mendampingi Hanif, ada sosok gelandang lokal lain, Syahrian Abimanyu.

Performa keduanya juga diharapkan bisa membantu kinerja Makan Konate yang bakal memegang peran penting sebagai playmaker.

5 dari 6 halaman

Menanti Ledakan PSIS

PSIS Semarang adalah klub dengan kebijakan transfer yang paling ditunggu. Mereka sejauh ini memang baru punya delapan pemain baru.

Namun, sebagian besar merupakan nama-nama pemain yang sangat disegani. Sebut saja Taisei Marukawa, Carlos Fortes, dan Alie Sesay. Jangan lupakan juga Wawan Febrianto.

Lini tengah PSIS juga diprediksi bakal menghadirkan bahaya yang luar biasa di lini depan. Eka Febri akan tetap berperan sebagai gelandang bertahan.

Ia bakal didampingi Jonathan Cantillana yang punya kebebasan lebih maju ke depan. Di posisi nomor 10 ada gelandang kreatif, Septian David Maulana.

Selain itu ada dua winger luar biasa yang siap meledak pula di PSIS. Mereka adalah Taisei Marukawa dan Wawan Febrianto.

6 dari 6 halaman

Tengok Persaingan Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer