Sukses


Pastikan Timnas Indonesia Tak Lanjutkan TC di Bandung, Shin Tae-yong: Persiapan Piala Dunia U-20 di Sini

Bola.com, Bandung - Timnas Indonesia dipastikan tidak akan melanjutkan training camp di Kota Bandung setelah bertanding melawan Bangladesh dalam laga uji coba internasional FIFA Matchday di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam.

Kepastian tersebut disampaikan oleh pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers di Ibis Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/5/2022).

"Untuk training camp senior tidak akan lagi di Bandung. Memang kemarin kami sempat ke UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) dan itu memang dibicarakan dengan Menteri dan Ketua PSSI untuk menjadi training center," ujar Shin Tae-yong.

Namun, rencana pemusatan latihan di UPI menurut Shin Tae-yong lebih cocok ketika mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 yang akan menjalani sejumlah turnamen hingga akhirnya berlaga di Piala Dunia U-20 pada 2023, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

"Hanya untuk persiapan Piala Dunia U-20 dan akan digunakan untuk Timnas U-20," cetus pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan itu.

 

2 dari 5 halaman

Sempat Dampingi Menpora ke UPI

Menpora Republik Indonesia, Zainudin Amali, didampingi Shin Tae-yong serta Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, sempat meninjau lokasi lapangan sepak bola di sekitar UPI, beserta fasilitas lainnya, untuk dijadikan tempat training center Timnas Indonesia.

Wakil Ketua PSSI, Iwan Bule, menegaskan kebutuhan tempat untuk kegiatan pemusatan latihan Timnas Indonesia memang tidak bisa dibantahkan lagi. Itu memang permintaan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Untuk itu, dalam waktu dekat harus sudah bisa mendapatkan tempat pemusatan latihan sesuai yang dibutuhkan oleh tim kepelatihan Timnas Indonesia.

"Kami berterima kasih kepada Pak Menpora dan Pak Rektor UPI karena keinginan PSSI disambut dan mendapatkan kesempatan di sini untuk TC Timnas Indonesia," ujar Iwan Budianto di UPI, Senin (30/5/2022).

 

3 dari 5 halaman

Lokasi Sudah Cocok

Lokasi UPI Bandung yang tidak jauh dari Jakarta, kemudian memiliki beberapa fasilitas termasuk sport science yang sangat dibutuhkan, menurut Iwan Budianto, adalah faktor yang bagus untuk menjadikannya tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia.

"Sudah kami tinjau. Penginapan, tempat gym, dan lain-lainnya sudah sesuai dengan apa yang kami harapkan," tegas Iwan Budianto.

 

4 dari 5 halaman

Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Seperti diketahui Timnas Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan akan dibagi di beberapa wilayah, seperti Palembang, Bandung, Solo, Surabaya, Bali, dan Jakarta.

"Kami tidak tahu Indonesia ada di Grup mana. Satu di antaranya apabila ditunjuk di Bandung, minimal kami sudah punya homeground untuk melakoni babak penyisihan Piala Dunia tahun depan," ujar Iwan Budianto.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Uji Coba FIFA Matchday

1 Juni 2022

Kualifikasi Piala Asia 2023

4 Juni 2022

  • Kuwait vs Timnas Indonesia

11 Juni 2022

  • Timnas Indonesia vs Yordania

14 Juni 2022

  • Timnas Indonesia vs Nepal

Video Populer

Foto Populer