Sukses


Thomas Doll dan Luis Milla Sudah di BRI Liga 1, Pelatih Kelas Dunia Lain Siap Menyusul?

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 mulai menarik minat para pelatih kelas dunia. Pada awal musim ini sudah ada Thomas Doll yang menukangi Persija Jakarta.

Doll adalah pelatih berpengalaman di Eropa. Beberapa klub Bundesliga termasuk Borussia Dortmund pernah ditukangi sosok asal Jerman itu.

Pelatih berusia 56 tahun itu membawa perubahan di Persija. Permainan Tim Macan Kemayoran kini enak ditonton dan sangat disiplin. Selain itu, Thomas Doll juga mampu menarik minat para pemain Eropa untuk membela Persija.

Ada dua bintang Republik Ceska yang kini ada di Persija Jakarta, yakni Michael Krmencik dan Ondrej Kudela. Keduanya bahkan masih tercatat di skuad terbaik Republik Ceska.

Baru-baru ini ada nama pelatih kelas dunia lain yang mau merapat ke Indonesia. Persib Bandung berhasil mengamankan tanda tangan Luis Milla Aspas.

Milla adalah pelatih berpengalaman. Ia pernah melatih Timnas Spanyol U-21, Timnas Indonesia, dan juga beberapa klub La Liga. Dalam waktu dekat, Thomas Doll dan Luis Milla tak akan "sendirian".

Akan ada beberapa pelatih kelas dunia lain yang berpeluang berkarier di Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah ulasannya. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Benjamin Mora

Mora memang masih muda, usianya baru 43 tahun. Namun, reputasinya cukup menterang di Asia.

Mora berhasil mempersembahkan empat trofi untuk Johor Darul Ta'zim. Dengan rincian tiga gelar Liga Super Malaysia dan satu gelar Piala FA Malaysia.

Mora baru sebulan menganggur setelah pekerjaannya di JDT selesai. Pelatih asal Meksiko tersebut siap meneruskan kariernya.

Sebelum Persib Bandung mendapatkan tanda tangan Luis Milla, Tim Maung Bandung sempat dikaitkan dengan Benjamin Mora. Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar, mengaku pihaknya sempat memiliki beberapa kandidat pelatih lain.

Akan tetapi, Mora urung duduk di kursi pelatih Tim Pangeran Biru. Persib Bandung akhirnya menunjuk Luis Milla sebagai pengganti Robert Alberts.

 

3 dari 5 halaman

Mario Gomez

Reputasi pelatih asal Argentina itu tak diragukan lagi. Ia pernah membawa Johor Darul Ta'zim menjadi juara Piala AFC 2015. JDT menjadi satu-satunya tim asal Asia Tenggara yang bisa menjadi jawara Asia sampai saat ini.

Gomez pun tak asing dengan Indonesia. Ia pernah menukangi tiga klub Indonesia, mulai dari Persib Bandung, Borneo FC, dan Arema FC.

Gomez punya pengalaman mentereng di Eropa. Ia pernah menjadi pelatih Valencia dan Real Mallorca. Ia juga pernah menjadi asisten pelatih Inter Milan pada 2001.

Baru-baru ini Mario Gomez dikaitkan dengan Persis Solo. Klub yang baru saja ditinggal mundur sang pelatih kepala, Jacksen F. Tiago.

 

4 dari 5 halaman

Rodrigo Santana

Pelatih bernama lengkap Rodrigo Marques de Santana itu juga disebut-sebut menjadi pelatih Persib Bandung untuk menggantikan posisi Robert Alberts, sebelum mereka pada akhirnya mendapatkan tanda tangan Luis Milla.

Pelatih berusia 40 tahun itu memang memiliki segudang pengalaman sebagai pelatih di negaranya, Brasil. Ia sudah memulai karier kepelatihannya sejak 2010.

Beberapa klub besar Brasil pun pernah ia tukangi. Rodrigo pernah menjadi pelatih interim di Atletico Mineiro, klub yang sempat diperkuat Ronaldinho.

Terakhir, ia menangani tim Confianca, Brasil yakni pada 2021 setelah dipecat pada 26 Juli 2021 lantaran Confiana yang melakoni Serie B berada di posisi terakhir.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer