Sukses


3 Faktor yang Membuat Gawang Singo Edan Banjir Gol di BRI Liga 1: Telat Datangkan Julian Schwarzer

Bola.com, Malang - Arema FC menjadi satu di antara tim BRI Liga 1 yang punya jumlah kemasukan tinggi, yakni 27 gol dalam 15 pertandingan.

Mereka jadi tim nomor dua yang gawangnya paling sering dibobol. Sedangkan nomor satu masih dipegang Bhayangkara FC yang kini sebagai juru kunci Liga 1.

Agak mengherankan. Sebab, dua musim sebelumnya, Arema masuk dalam daftar tim minim kebobolan. Hadirnya kiper asing, Adilson Maringa waktu itu membuat Singo Edan minimal ada di 4 besar jumlah tim dengan kemasukan paling sedikit.

Pada musim 2021/2022 Arema kemasukan 27 gol dan menadi terbaik kedua. Arema hanya silisih dua gol dari Persib yang jadi tim dengan kemasukan paling minim.

Sedangkan musim 2022/2023, gawang Arema 40 kali dijebol lawan. Agak banyak memang. Tapi mereka ada di urutan 4 dengan jumlah kemasukan paling minim. Lantas, apa yang terjadi musim ini? Padahal, saat ini Singo Edan juga punya kiper asal, yakni Julian Schwarzer dari Filipina.

Berikut tiga faktor yang membuat gawang Arema FC rentan kebobolan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bongkar Pasang Pemain di Belakang

 

Sejak awal musim Arema tak pernah tampil dengan komposisi terbaik di lini belakang. Selalu ada pemain yang absen karena cedera maupun akumulasi kartu. Kapten tim Ahmad Alfarizi yang biasa menempati bek kiri baru tampil dalam tiga pertandingan. Pemain 33 tahun itu lebih banyak berkutat dengan cedera telapak kaki.

Selain itu, bek asing Ichaka Diarra juga sempat mengalami cedera hamstring. Bek asal Mali itu baru bermain dalam 8 pertandingan. Beberapa kali Diarra duduk di bangku cadangan karena kondisinya belum fit.

Tak hanya itu, pemain pengganti seperti Mikael Tata, Syaeful Anwar dan lainnya tampil angin-anginan. Bahkan gelandang bertahan Charles Almeida kini lebih sering jadi stoper. Bek cadangan, Asyraq Gufron juga berkutat dengan cedera. Seringnya bongkar pasang pemain belakang ini membuat chemistry antar pemain sulit terbangun. Lawan bisa memanfaatkan celah ini.

3 dari 4 halaman

Terlambat Datangkan Kiper Filipina

 

Dari 27 gol yang bersarang ke gawang Arema, 44 persennya terjadi di empat laga awal musim. Waktu itu, Arema mempercayakan gawangnya kepada dua kiper asing. Teguh Amiruddin dan Adixi Lenzivio. Hasilnya, 12 gol berasarang hanya dalam 4 pertandingan saja.

Setelah itu, pelatih dan manajemen menyadari jika mereka butuh kiper yang lebih tangguh. Julian Schwarzer, kiper asal Filipina didatangkan. Sebenarnya, catatannya saat bermain di Malaysia kurang meyakinkan Karena dia bermain untuk tim papan bawah Kuching City.

Tapi, kini dia berhasil memberi bukti. Putra eks kiper Chelsea, Mark Schwarzer itu kemasukan 15 gol dalam 11 pertandingan. Kiper 23 tahun ini juga membuat tiga kali cleansheet. Sepertinya Julian menemukan performa terbaiknya justru di Indonesia.

Jika melihat awal karirnya, Julian dibentuk sebagai kiper di Inggris. Dia bermain bersama tim kelompok usia Fulham. Meski posturnya tak jangkung seperti ayahnya, tapi dia mewarisi reflek menepis bola yang bagus.

4 dari 4 halaman

Kehilangan Perusak Permainan Lawan

Selain dua faktor di atas, ada satu hal lain yang membuat pertahanan Arema mudah ditembus. Musim ini mereka kehilangan gelandang yang bertugas merusak permainan lawan. Musim lalu, peran ini dijalankan Renshi Yamaguchi.

Namun, pemain asal Jepang itu tidak dipertahankan. Justru kini dia bermain di Liga 2 bersama Gresik United. Renshi memang bukan pemain dengan skill luar biasa. Tapi dia bisa membuat permainan lawan kacau. Tidak sedikit gelandang serang lawan dibuat jatuh bangun dan akhirnya tak bisa mengeluarkan performa terbaik.

Karena Renshi melakukan segala cara untuk menghentikan serangan lawan dari lini tengah. Itu sebabnya, lini belakang Arema sangat terbantu. Lantaran bola sudah dihentikan Renshi dari lini tengah.

Sebenarnya, musim ini Arema masih punya Jayus Hariono dan Charles Raphael sebagai gelandang petarung. Tapi, dua pemain ini masih kalah agresif jika dibandingkan dengan Renshi. 

 

Video Populer

Foto Populer