Sukses


Bongkar Mesin Persebaya Vs Persis pada Pekan ke-18 BRI Liga 1: Gawat, Tuan Rumah Keropos

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya menjamu Persis Solo dalam laga tunda pekan ke-18 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (13/12/2023) malam.

Tim tuan rumah sedang dalam periode buruk dengan melewati enam laga terakhir tanpa kemenangan. Rinciannya adalah tiga seri dan empat kalah.

Persis menelan kekalahan dalam dua laga terakhir saat melakoni partai tandang. Masing-masing melawan Borneo FC dan Arema FC. Dua tim lawan itu sebenarnya beda posisi, papan atas dan zona degradasi, tapi Laskar Sambernyawa tidak mengemas poin.

Dua tim itu memiliki catatan statistik yang sangat mirip. Dimulai dari posisi di klasemen, Persebaya dan di peringkat ke-13, sedangkan Persis hanya satu strip di bawahnya. Keduanya juga sama-sama mengoleksi 24 poin.

Mereka berada di peringkat teraman paling bawah. Sebab, peringkat ke-16, yang kini diisi oleh dengan nyaman oleh Arema FC selama berbulan-bulan terakhir, sudah masuk ke zona degradasi.

Baik Persebaya maupun Persis juga sama-sama baru melakoni 20 pertandingan dan mempunyai dua laga tunda. Soal hasil laga juga sama persis. Mereka kompak mengemas enam menang, enam seri, dan delapan kalah.

Menariknya, kedua tim sama-sama merekrut sejumlah pemain asing. Ada Yan Victor, Paulo Henrique, dan Robson Duarte di kubu Persebaya. Persis hanya punya satu pemain asing baru, yakni Sho Yamamoto yang berstatus eks winger Persebaya.

Ambisi untuk sama-sama ingin menang dengan misi serupa menghiasi pertemuan dua tim ini. Bola.com telah merangkum duel antarlini Persebaya Surabaya melawan Persis, simak ulasan berikut ini:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kiper

Sektor penjaga gawang jadi satu-satunya nilai lebih bagi Persebaya. Sebab, mereka memiliki Ernando Ari Sutaryadi, kiper andalan Timnas Indonesia, yang memiliki reflek apik dalam menghalau tembakan lawan.

Sayangnya, Ernando bukanlah kiper terbaik di Liga 1. Dalam 12 penampilan, dia sudah kebobolan 20 gol dan hanya membukukan dua clean sheet. Angka itu wajib jadi catatan agar Persis tidak mudah membobol gawang lawan.

Sedangkan Persis akan mengandalkan Muhammad Riyandi, kiper muda lain yang juga berlabel Timnas Indonesia. Dia sempat absen 11 pertandingan awal akibat cedera, namun begitu sembuh langsung jadi pilihan utama di bawah mistar.

Sejauh ini, Riyandi baru membukukan sekali clean sheet dan kebobolan 13 gol dalam sembilan penampilan.

3 dari 5 halaman

Belakang

Komposisi lini belakang Persebaya masih mengkhawatirkan karena belum tampil solid. Ditambah, mereka kini tak bisa memainkan Dusan Stevanovic yang bakal absen empat pekan akibat cedera engkel.

Duo bek sayap Catur Pamungkas dan Reva Adi Utama juga akan absen karena larangan bertanding akibat kartu merah.  Kwartet barisan pertahanan Bajul Ijo bakal dihuni oleh Kasim Botan, Yan Victor, Kadek Raditya, dan Mikael.

Persis biasanya mengandalkan empat bek untuk memperkuat lini pertahanan. Mereka adalah Gavin Kwan, Jaimerson Xavier, Diego Bardanca, dan Eky Taufik

 

4 dari 5 halaman

Tengah

Barisan pemain tengah Persebaya juga belum padu dalam melancarkan serangan. Mereka adalah Andre Oktaviansyah, Song Ui-young, dan Robson Duarte. Nama-nama ini perlu lebih banyak waktu bersama untuk mampu mengalirkan bola dengan baik.

Lini tengah Persis juga bakal diisi oleh trio gelandang andalan. Di antaranya adalah Alexis Messidoro, Sutanto Tan, dan Moussa Sidibe. Mereka sudah biasa tampil bersama, namun perlu lebih kuat mempertahankan bola di lini tengah.

 

5 dari 5 halaman

Depan

Trisula lini depan Persebaya kemungkinan bakal diisi oleh Bruno Moreira, Paulo Victor, dan Oktafianus Fernando. Dua nama terakhir tercatat sebagai pemain yang baru direkrut sehingga membutuhkan adaptasi.

Yang paling membahayakan tentu saja Bruno Moreira, winger kiri yang memiliki pergerakan mematikan. Dia telah mencetak sembilan gol dan dua assist dalam 19 penampilan musim ini.

Sedangkan trio penyerang Persis bakal diisi oleh Sho Yamamoto, Ramadhan Sananta, dan Roni Gomez. Dari tiga nama itu, Sho Yamamoto tentu paling mencuri perhatian karena selama 1,5 musim sebelumnya membela Persebaya.

Selama membela Persebaya, Sho Yamamoto tercatat telah membukukan 12 gol dan 10 assist dalam 50 penampilan di Liga 1.

Video Populer

Foto Populer